13 Cara Menanam Apel agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Apakah kamu suka apel? Yak, apel adalah salah satu buah paling populer di dunia dengan rasa manis dan mengandung vitamin B dan vitamin C. Apel mengandung banyak air yang menyegarkan dalam buahnya. Dengan banyak kandungan dalam apel, Buah apel telah menjadi salah satu buah paling populer di dunia yang sangat diminati. Hal ini menyebabkan seluruh dunia mengembangkan apel unik mereka sendiri.

Biasanya warna merah adalah tanda bahwa apel siap dipanen, tetapi kadang-kadang warna hijau adalah tanda bahwa sudah waktunya untuk memanennya. Untuk jenis apel yang merupakan penggemar apel paling populer biasanya apel merah. Kenapa Karena warna merah mengajak kita untuk selalu makan dan mengkonsumsinya. Namun tidak semuanya, ada juga warna hijau yang manis. Baik merah dan hijau memiliki kedua keunggulan di setiap sisi.

Cara-Menanam-Apel
Cara Menanam Apel

Cara Menanam Apel

Syarat Tumbuh

Iklim

Curah hujan ideal adalah 1000-2600 mm / tahun dengan 110-150 hari / tahun hari hujan. Dalam setahun, jumlah bulan basah adalah 6-7 bulan dan 3-4 bulan dari bulan kering. Hujan deras selama berbunga menyebabkan bunga jatuh sehingga mereka tidak bisa mendapatkan buah.

  1. Tanaman apel ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup antara 50-60% setiap hari, terutama pada saat berbunga.
  2. Temperatur yang cocok berkisar sekitar 16-27 derajat C.
  3. Kelembaban tanaman apel sekitar. 75-85%.

Media Tanam

Tanaman apel ini tumbuh dengan baik di tanah yang sangat larut, memiliki lapisan organik yang tinggi dan struktur tanah yang gembur dan remah, aerasi yang baik, penyerapan air dan porositas, sehingga pergerakan nutrisi dan kapasitas penyimpanan air dapat dioptimalkan selama pertukaran oksigen.

  1. Tanah yang cocok adalah andasol, regosol dan latosol.
  2. Keasaman tanah (pH) yang cocok untuk tanaman apel adalah 6-7 dan kadar air tanah yang dibutuhkan adalah air yang tersedia.
  3. Pertumbuhan tanaman apel ini membutuhkan jumlah air tanah yang cukup.
  4. Tanjakan yang terlalu tajam sulit untuk pemeliharaan sistem. Jadi jika terasering masih bisa dibuat, tanah tersebut masih cocok untuk ditanam.
  5. Ketinggian Tanaman apel dapat tumbuh pada ketinggian kira-kira 700-1200 m di atas permukaan laut dengan ketinggian optimal kira-kira 1000-1200 m di atas permukaan laut dan menghasilkan buah yang baik.

Mempersiapkan Bibit Berkualitas

Cara pertama cara menanam apel adalah mencari biji apel berkualitas tinggi, karena bibit berkualitas adalah salah satu prasyarat bagi tanaman untuk tumbuh secara maksimal dan menghasilkan buah yang lebat. Tanaman apel itu sendiri dapat ditanam menggunakan biji atau teknik perbanyakan vegetatif seperti sambung pucuk, stek dan cangkok.

Namun, metode perbanyakan vegetatif paling sering digunakan untuk menanam apel ini. Karena kualitas benih perbanyakan vegetatif berbuah lebih cepat daripada yang ditanam dari biji.

Ciri-ciri Bibit berkualitas

  1. Tanaman berasal dari induk yang sehat
  2. Tidak cacat
  3. Warna daun hijau
  4. pertumbuhan yang segar dan baik
  5. tidak terserang hama dan penyakit

Pengolahan Lahan Tanam

Selanjutnya adalah Anda perlu menyiapkan lahan penanaman terlebih dahulu sebelum Anda bisa melanjutkan. Mengingat ukuran pohon apel, yang terus tumbuh membesar seiring pertumbuhannya, disarankan untuk menanamnya di lahan terbuka yang luas. Namun, harap dicatat bahwa anda berada di lokasi Anda di ketinggian kira-kira. 900-1200 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 1000-2600 mm / tahun.

Jika berada pada ketinggian kurang dari yang diatas, pertumbuhan apel tidak dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah yang tidak menguntungkan. Untuk menyiapkan lahan tanam Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan tanah tanam dari berbagai rumput dan gulma yang mengganggu.
  2. Kemudian gemburkan tanah di sekitar lubang tanaman apel.
  3. Buat lubang tanam dengan ukuran kira-kira. 50x50x50cm. Dengan jarak antar tanaman 3-3,5 x 3,5 meter.
  4. Masukkan 20 kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam.
  5. Biarkan selama kurang lebih 2 minggu, setelah itu bibit apel bisa ditanam.

Penanaman bibit apel

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, benih dan lahan tanam, langkah selanjutnya adalah menanam apel. Waktu yang tepat untuk menanam bibit apel adalah diawal musim hujan

Berikut adalah tahapan dalam penanaman bibit apel :

  1. Bibit harus merupakan tanaman yang berumur sekitar 6-7 bulan.
  2. Ketinggian bibit apel telah mencapai 80-100 cm.
  3. Perlahan keluarkan tanaman dengan merobek plastik pembungkus polybag.
  4. Kemudian masukkan benih ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan.
  5. Posisikan tanaman secara vertikal dan kemudian kembali ke lubang tanam sampai didistribusikan secara merata.
  6. Setelah itu, sirami sampai tanah basah tetapi jangan sampai air menggenang lahan.
  7. Lakukan perawatan intensif agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Perawatan dan pemeliharaan

Penyiangan

Penyiangan dilakukan ketika gulma dan tananam pengganggu sudah banyak di sekitar tanaman apel. Jika jarak tanam apel rapat maka gulma dan tanaman pengganggu akan jarang tumbuh.

Pembumbunan

Pembubunan dilakukan dengan meninggikan tanah di sekitar lahan tanam sehingga tidak tergenang air. pembumbunan biasanya dilakukan karena tanah longsor akibat penyiraman.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Pemberantasan hama dan penyakit dapat dilakukan pada tanaman yang terinfeksi hama dan penyakit dengan menyediakan pestisida yang sangat cocok dan sesuai dosis.

Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan agar tanaman apel dapat tumbuh optimal dengan memangkas ujung batang dan tunas rendah untuk mencegah penguapan.

Pemupukan

Pemupukan terjadi setelah memasuki usia 3 bulan bersama dengan penyiangan dan pemangkasan. Pemupukan bertujuan untuk memberi nutrisi tambahan pada tanaman didalam tanah.

Proses Panen

Secara umum, apel dapat dipanen sekitar 4 hingga 5 bulan setelah berbunga. Tetapi hal tersebut tergantung varietas serta iklim.

Jenis apel rome beauty dapat dipetik dari bunga yang mekar setelah sekitar 120 hingga 141 hari, Jenis apel manalagi juga dapat dipetik setelah 114 hari setelah bunga mekar dan jenis buah apel anna setelah sekitar 100 hari. Namun, di musim hujan dan di tempat-tempat yang lebih tinggi, kehidupan buah lebih panjang.

Pemanenan adalah yang terbaik ketika tanaman telah mencapai kematangan fisiologis di mana buah bisa menjadi normal setelah panen.

Karakteristik fisiologis buah adalah ukuran buah terlihat maksimal, aromanya mulai terasa, warna buah terlihat cerah dan terasa renyah saat ditekan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam apel semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: