8 Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Metode hidroponik adalah salah satu media tanam yang paling direkomendasikan. Mengapa? Karena metode penanaman hidroponik ini tidak menggunakan media tanam unsur hara, tetapi air sebagai media utama.

Yang paling penting yang membuat metode hidroponik ini menjadi metode yang sangat direkomendasikan adalah bahwa media tanam tidak membutuhkan ruang yang luas karena lahan pertanian di Indonesia semakin menipis.

Cara-Menanam-Bawang-Merah-Hidroponik
Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Jenis-jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan metode ini sangat beragam. Salah satunya adalah bawang merah. Tanaman dengan aroma khas ini membutuhkan perawatan yang mudah dan sederhana.

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Alat dan Bahan

Sebelum menanam bawang merah hidroponik, siapkan bahan dan peralatan yang diperlukan. Untuk keperluan hobi, Alat dan bahan dapat menggunakan barang yang tidak terpakai atau bekas seperti botol bekas atau gelas yang tidak digunakan. Penggunaan barang bekas untuk hidroponik tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga berguna dalam pengolahan limbah anorganik yang tidak terurai. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk menumbuhkan bawang merah secara hidroponik;

  1. Pot (bisa menggunakan pot jadi atau barang bekas)
  2. Tandon nutrisi (bisa menggunakan botol bekas, toples bekas, dll.)
  3. gunting, Cutter
  4. Kain Flanel
  5. Media Tanam (cocopeat atau arang sekam)
  6. Bibit bawang merah
  7. Nutrisi hidroponik / nutrisi ab-mix
  8. Pengukur pH
  9. Alat pengukur TDS
  10. Air

Persiapan Pot dan Tandon Nutrisi

Pot dan tandon dapat menggunakan barang bekas di rumah Anda, seperti gelas yang tidak digunakan atau botol bekas. Di sini juga bisa menggunakan toples bekas sebagai wadah nutrisi dan pot jadi. Pot dapat diperoleh dengan membeli dari toko yang menjual alat berkebun. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyiapkan pot untuk menanam umbi hidroponik;

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan pot dan tandon nutrisi. Ukuran pot disesuaikan dengan ukuran toples.
  2. Buat lubang di tutup toples. Bentuk dan ukuran lubang akan disesuaikan dengan pot yang tersedia
  3. Buat lubang udara di sisi samping toples dengan diameter – / + 1 cm.
  4. Lubang udara terletak sedikit lebih rendah di bawah posisi dasar pot.
  5. Potong kain flanel dan letakkan di pot.
  6. Masukkan media tanam ke dalam pot
  7. Toples / tandon dicat agar larutan nutrisi tidak ditumbuhi lumut. Warna catnya bisa apa saja asalkan tidak tembus cahaya

Persiapan Media Tanam Hidroponik

Media tanam untuk menumbuhkan bawang merah hidroponik dapat menggunakan arang sekam atau cocopeat. Atau campuran arang sekam dan cocopeat dalam perbandingan 1: 1 (arang sekam 1 bagian dan cocopeat 1 bagian). Kemudian media tanam ditempatkan dalam pot. Sebelum memasukkan media tanam, pertama pasang sumbu (kain flanel).

Persiapan Bibit

Bibit bawang merah bisa menggunakan bawang yang ada di dapur. Pilih umbi yang benar-benar kering dan tua. Ciri mereka adalah warna umbi, yang mengkilap dan padat. Cobalah untuk menggunakan umbi bawang yang sudah memiliki akar. Kemudian potong bagian atas bawang sedikit saja, sekitar seperlima dari umbi yang digunakan sebagai bibit.

Proses Penanaman

Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, yaitu pot, tandon nutrisi, media tanam dan benih, saatnya menanam. Tanam bibit bawang merah yang sudah disiapkan dan benamkan setengah umbi dalam media tanam. Sebelum bibit ditanam, media tanam terlebih dahulu disiram dengan air jernih (air tanpa nutrisi). Taruh di tempat teduh selama 3-4 hari atau sampai tunas bawang merah keluar. Ketika tunas telah tumbuh sekitar 1 cm, isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix. Kemudian perkenalkan dengan sinar matahari secara penuh.

Kebutuhan PPM dan pH Hidroponik

Nutrisi AB Mix terdiri dari 2 bagian, yaitu Nutrisi A dan Nutrisi B. Jika Nutrisi AB mix yang digunakan masih dalam bentuk padat atau serbuk, pertama-tama larutkan dalam larutan induk.

Nutrisi A dan nutrisi B dilarutkan secara terpisah dalam 2 wadah. Inilah cara membuat larutan nutrisi hidroponik: Cara membuat larutan nutrisi hidroponik yang tepat. Semakin tua tanaman, semakin tinggi kebutuhan nutrisi ppm untuk bawang merah hidroponik pada setiap tahap pertumbuhan. Berikut ppm nutrisi untuk bawang merah hidroponik dari awal tanam hingga panen;

  1. PH ideal untuk tanaman bawang merah adalah 5.5 – 6.5
  2. Penanaman pertama (menghitung, karena bibit memiliki pucuk – / + 1 cm) = 400 ppm
  3. Minggu kedua = 800 ppm
  4. Minggu ketiga = 1000 ppm
  5. Minggu keempat = 1000 ppm
  6. Minggu kelima = 1000 ppm
  7. Minggu keenam dan seterusnya = 1200 ppm

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemeliharaan dan perawatan adalah kegiatan yang harus dilakukan agar tanaman bawang merah hidroponik yang kita tanam dapat tumbuh secara optimal dan sesuai harapan. Perawatan dan pemeliharaan tanaman bawang hidroponik sebenarnya tidak sulit.

Kegiatan yang diperlukan yang tidak boleh diabaikan ketika menumbuhkan bawang merah hidroponik adalah untuk memenuhi persyaratan gizi dan untuk mempertahankan pH air yang stabil. \

Periksa secara teratur larutan nutrisi pada tandon untuk mencegahnya bocor atau mengering. Gunakan nutrisi ppm yang sesuai dengan usia tanaman. Periksa juga pH air secara teratur dengan pH meter dan cobalah menjaga pH stabil.

Panen Bawang Merah Hidroponik

Bawang merah hidroponik dapat dipanen pada umur 60 hingga 65 hari setelah tanam, dengan ciri-ciri daun sudah rebah dan menguning.

Jumlah umbi yang diproduksi tergantung tidak hanya pada nutrisi yang diberikan, tetapi juga pada pot yang Anda gunakan. Jika pot yang digunakan terlalu kecil, bawang merah membentuk umbi yang sedikit karena ruangnya sempit.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bawang merah hidroponik semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya