9 Cara Menanam Kacang Tanah yang Benar

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) adalah komoditas strategis karena permintaan pasar yang tinggi untuk bahan pangan, pakan dan industri. Tanaman kacang tanah sangat cocok untuk daerah dataran rendah dengan suhu tinggi.

Oleh karena itu, tanaman kacang lebih cocok untuk tumbuh di musim kemarau daripada di musim hujan. Tanaman kacang menyukai jenis tanah gembur. Media tanam untuk budidaya kacang tanah harus memiliki zat organik yang tinggi.

Cara-Menanam-Kacang-Tanah
Cara Menanam Kacang Tanah

Juga diperlukan, pupuk untuk kacang tanah membutuhkan pupuk organik yang mengandung unsur makro dan mikro secara lengkap dan harus mengandung bakteri yang berguna untuk mencapai pertumbuhan tanaman yang maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas kacang tanah, maka perlu mendapat perlakuan yang tepat dan benar.

Cara Menanam Kacang Tanah

Syarat Tumbuh

Tanah

Gunakan tanah yang gembur karena tanaman kacang tanah menyukainya. Karena itu, gunakan media tanam dengan kandungan tinggi bahan organik.

Suhu

Penanaman kacang tanah harus dilakukan di daerah bersuhu rendah. hal ini sangat penting untuk melindungi tanah dari air yang berlebihan yang sebenarnya akan merusak tanaman.

Curah Hujan

Kacang tanah tidak menyukai dengan musim hujan karena dapat menyebabkan kualitas kacang tanah lebih rendah dan bahkan mungkin gagal panen. Karena itu, lebih baik menanam kacang pada musim kemarau untuk meminimalkan kegagalan panen.

Persiapan Lahan Tanam

Sebenarnya, bibit kacang tanah bisa ditanam di pot atau di polybag. Hanya saja jika Anda ingin menanam kacang tanah berbagai jenis dan ukuran, persiapan tanah menjadi sangat penting.

Berbicara tentang lahan untuk menanam kacang, ada beberapa hal yang perlu diingat. Beberapa hal penting terkait lahan adalah sebagai berikut:

  1. Kacang tanah cocok untuk ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 50 hingga 500 meter di atas permukaan laut
  2. Lahan untuk menanam kacang membutuhkan sinar matahari penuh
  3. Lahan biasanya lebih baik ketika memiliki kelembaban rendah
  4. Ada unsur hara di tanah serta unsur tambahan seperti Ca, kapur dan N.

Pemilihan Benih

Ketika lahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memilih bibit kacang tanah. Pemilihan bibit kacang tanah menjadi sangat penting karena ini mempengaruhi perawatan tanaman ini di kemudian hari.

Dalam hal ini, bibit kacang tanah dapat diperoleh dari tanaman kacang yang berumur setidaknya 100 hari. Selain itu ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan mengenai bibit kacang tanah, termasuk ada selaput dara saat dibuka.

Ketika bibit kacang tanah sudah didapatkan, Agar buahnya besar benih harus melalui proses khusus. Proses yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Keringkan benih di bawah terik matahari selama maksimal 5 hari
  2. Kemudian simpan bibit selama 3 hingga 6 bulan. Pastikan cangkangnya tidak terbuka.
  3. Ketika saatnya tiba, buka cangkang kacang tanah dan bibit bisa ditanam.

Proses Penanaman

Ketika masalah tanah selesai dan bedengan sudah siap, langkah selanjutnya adalah menanam kacang tanah. Menanam kacang mudah karena Anda hanya perlu menanam kacang dalam media tanam yang sudah jadi.

Catatan penting untuk penanaman ini adalah jarak tanaman. Jarak adalah hal penting yang harus dilakukan. Untuk alasan keamanan dan kacang tanah dapat tumbuh secara optimal jarak tanamnya sekitar. 25 x 25 cm.

Penanaman yang baik dan benar juga sangat penting. Anda bisa menanam lebih dari satu kacang dalam lubang tanam. Hanya saja Anda tidak bisa menanam terlalu banyak bibitdalam satu lubang.

Perawatan dan Pemeliharaan

Metode perawatan adalah kunci keberhasilan pertumbuhan kacang tanah. Pada tahap ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Mulai perawatan setelah kacang berusia 4-7 hari.
  2. Berikan perhatian khusus pada bibit yang tidak berkembang secara normal. Segera cabut benih dan tanam dengan benih baru.
  3. Sirami pagi dan sore hari agar benih tumbuh merata.
  4. Selama musim hujan, Anda dapat mengurangi intensitas penyiraman dan lebih meningkatkan drainase untuk mencegah genangan air.

Proses Pemanenan

Jenis dan metode penanaman kacang tanah sangat mempengaruhi waktu panen. Biasanya untuk benih unggul dapat dipanen pada umur 3 bulan, untuk bibit normal biasanya dipan pada umur 5 bulan.
Ciri-ciri tanaman kacang tanah yang siap panen.

  1. Batangnya menjadi keras
  2. Polong berwarna hitam-cokelat
  3. Dauh mulai menguning dan mu;lai gugur
  4. Polongnya keras dan penuh saat dipegang

Jika Anda menemukan ciri-ciri ini di kacang tanah yang Anda tanam itu berarti Anda siap panen kacang. Dan akhirnya melakukan panen pada saat bersamaan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam kacang tanah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya