11 Cara Menanam Kencur agar Cepat Panen

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tanaman dengan nama Latin Kaempferia galanga L ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan darah kotor, mengobati mual dan kembung dan mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Karena ada banyak manfaatnya, tidak ada salahnya jika tanaman Kencur selalu siap siaga di rumah. Jika Anda ingin menanam Kencur di rumah ternyata caranya cukup mudah dan tidak rumit.

Cara-Menanam-Kencur
Cara Menanam Kencur

Tanaman ini dapat ditanam di media apa pun, bahkan di lahan terbuka atau di ruang sempit seperti polybag dan pot. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi lengkap tentang penanaman Kencur di lahan dan polybag.

Cara Menanam Kencur

Syarat Tumbuh

  1. Jenis tanah yang baik untuk menanam Kencur adalah tanah dengan struktur remah dan kaya akan humus, selain tanah tersebut,tanah berpasir atau liat juga cukup bagus.
  2. Daerah di mana Kencur yang baik harus ditanam adalah daerah dengan ketinggian 50 hingga 1000 meter di atas permukaan laut dan curah hujan 2500 hingga 4000 mm / tahun.

Persiapan Waktu Tanam

Sebelum tanam, lebih baik menunggu sampai awal musim hujan. Tujuannya agar air hujan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menumbuhkan tunas Kencur. Selain itu, bibit kencur dapat ditempatkan di beberapa lokasi, misalnya di lahan dengan sinar matahari yang cukup atau dalam pot dan bukan pada tempat yang mudah basah atau tempat yang terbuka. Dalam hal ini rimpang akan tumbuh dalam waktu 1-2 minggu. Dalam pertumbuhan pertama, rimpang akan sangat membutuhkan tingkat kelembaban udara yang tinggi.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan digunakan harus dibersihkan dari hama atau rumput yang terletak di area yang akan digunakan. Tanah kemudian dicangkul sebanyak dua kali hingga kedalaman 30 cm.

Lalu berilah jarak sekitar 2-3 meter di antara petak sehingga panjangnya menyesuaikan dengan ukuran lahan tempat Anda ingin menanam. Bentuk bedengan di sekitar tanah sehingga air dapat dikontrol saat memberikan pupuk organik seperti kompos.

Proses Penanaman

Agar terlihat menarik, rapi dan teratur. Tanaman harus diberi jarak 80 x 40 cm jika ingin dipanen di usia tua. Dalam media tanam harus diisi dengan 2 benih rimpang kencur. Untuk penanaman, lubang tanam harus dibuat dalam 5-7 cm dan kemudian ditanami dengan tunas yang diarahkan ke matahari. Apabila terdapat kesalahan dalam menaruh kencur (terbalik, atau dsb) akan mengakibatkan pertumbuhan kencur tersebut terganggu.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pekerjaan pemeliharaan dan perawatan yang diperlukan meliputi: mulching, penyiangan, pemupukan dan penggemburan tanah.

Mulching

Mulching atau menutupi tanah dengan jerami atau menggunakan ampas tebu juga harus dilakukan.

Penyiangan

Penyiangan terjadi setelah tanaman memasuki minggu ke-2 hingga ke-4 setelah tanam atau tergantung pada kondisi lahan tanam.

Pemupukan

Pemupukan I terjadi ketika tanaman memiliki daun yang sempurna atau sekitar minggu ke-4 dengan 75 kg pupuk urea, 100 kg KCl dan 200 kg TSP. Pada usia sekitar 3 bulan, tanaman diberi pupuk urea dengan dengan dosis 75 kg.

Penggemburan Tanah

Lakukan penggemburan tanah bersamaan dengan pemupukan kedua yaitu pada saaat tanaman kencur berumur 3 bulan setelah tanam.

Hama dan Penyakit

Hama yang sering menginfeksi tanaman Kencur adalah ulat karana diocles dan udas pesfolus adalah ulat pemakan daun. Hama ini dapat diobati dengan insektisida. Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman kencur adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp, yaitu penyakit busuk umbi

Waktu Panen

Kencur dapat dipanen pada usia 6 hingga 12 bulan. Waktu panen biasanya ditandai dengan daun tanaman berwarna kekuningan yang sudah mulai rontok atau gugur. Pemanenan dilakukan dengan menggali atau membongkar rimpang dengan cangkul atau alat lain dan kemudian mematahkankan atau memotong rimpang. Sisa rimpang dapat dibiarkan untuk periode tanam berikutnya. tapi jika dibiarkan untuk musim tanam berikutnya kemungkinan yang terjadi rimpang akan membusuk dan akan menurun kadar patinya.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam kencur semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: