7 Cara Menanam Pohon Kelor yang Benar

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pohon Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) adalah jenis tanaman dari suku moringaceae. Tanaman ini memiliki tinggi batang 7-11 meter. Daun kelor berbentuk oval dengan ukuran senyawa kecil dalam satu batang, bisa dibuat sayur atau obat.

Bunganya berwarna putih kekuningan dan tudung pelepah bunga berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat di sayur.

Cara-Menanam-Pohon-Kelor
Cara Menanam Pohon Kelor

Cara menanam Pohon Kelor

pemilihan Lahan Tanam

Pastikan negara itu memiliki kondisi yang cocok untuk tanaman kelor untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman kelor

Tentu saja, langkah pertama adalah menyiapkan tanah, kondisi tanah yang dibutuhkan pohon kelor adalah tanah yang gembur dan juga tanah subur. Jika kondisi lahan kurang kita perhatikan bisa jadi pohon kelor tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Tanah yang cocok untuk pohon kelor adalah tanah yang terpapar sinar matahari langsung setidaknya selama 6-7 jam sehari, dekat dengan sumber air dan mengandung banyak nutrisi.

Persiapan Benih

Kriteria cabang yang cocok sebagai stek adalah cabang yang memiliki struktur kayu keras dan tidak berwarna hijau muda. Cara kedua adalah menggunakan stek. Stek adalah penggunaan cabang dari jenis tanaman ini.

Tanaman yang bisa diambil sebagai stek tentu tanaman sehat dan usia minimal 1 tahun. Kriteria cabang yang cocok sebagai stek adalah cabang yang memiliki struktur kayu keras dan tidak berwarna hijau muda.

Setelah menemukan cabang sesuai kriteria potong cabang sepanjang 45 cm dengan diameter 5-10 mm, setelah dipotong, keringkan stek selama 3-4 hari sebelum persemaian.

Kemudian siapkan polybag 10 cm kemudian isi dengan media tanam seperti tanah dan kompos dan masukkan stek ke dalam media tanam. Lakukan penyiraman stek secara teratur sehari sekali.

Waktu yang tepat untuk menanam pohon kelor dengan stek adalah selama musim kemarau hingga awal musim hujan untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman kelor. Ketika stek sudah mulai menumbuhkan daun dan batang segar, stek sudah bisa dipindahkan ke area yang lebih luas.

Penanaman Bibit

Langkah-langkah penanaman Benih tanaman kelor adalah:

  1. Pastikan tanah gembur dan mengandung banyak nutrisi
  2. Buat lubang dengan diameter 10-15 cm dengan jarak antara tanaman 15-20 cm
  3. Bersihkan lubang dari hama dengan insektisida, bakterisida atau fungisida. Lebih disukai menggunakan bahan alami agar tidak merusak lingkungan
  4. Sebelum menanam, lepaskan polybag terlebih dahulu agar tidak ikut tertanam
  5. Timbun kembali lubang menggunakan tanah di sekitar lubang
  6. Lakukan penyiraman begitu tanaman ditanam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Meski tergolong tanaman kuat tanaman kelor juga harus dirawat, Berikut adalah tahapan dalam merawat pohon kelor

Penyiraman

Lakukan penyiraman 5-7 hari sekali, lakukan secara teratur, jika musim hujan Anda bisa melakukannya setiap 10 hari. Selalu periksa kadar air di tanah, karena jika banjir, getah dan pangkal batang akan rusak, menyebabkan tanaman layu atau bahkan mati. Dan juga usahakan tanah selalu dalam keadaan yang lembab.

Pemupukan

Lakukan pemupukan tambahan dengan jangka waktu 1-3 bulan untuk menjaga nutrisi dan nutrisi di dalam tanah.

Pada fase tunas Anda dapat menggunakan pupuk urea, TSP dan KCL. Anda kemudian dapat memberi pupuk setelah 3 bulan dengan penambahan pupuk. Metode pemupukan untuk tanaman kelor adalah dengan mengubur pupuk di dekat tanaman pada kedalaman 50-80 cm dari akarnya.

Proses Panen

Daun kelor dapat dipanen pada usia 6 hingga 12 bulan. Panen dilakukan dengan memetik tangkai daun dari cabang.

Daun yang berada bagian tengah rasanya kurang pahit dan lebih lembut daripada daun di bagian akhir. Selain daunnya, bunga dan polong juga bisa dipanen dan memiliki banyak keunggulan.

Bunganya ketika dipetik segar dapat digunakan sebagai teh sedangkan polong muda dapat dibuat menjadi makanan ringan seperti kacang hijau. Dan polong tua dapat digunakan sebagai benih untuk penanaman lebih lanjut daun kelor.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam pohon kelor semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya