13 Cara Menanam Tomat di Pot agar Berbuah Lebat

Posted on

Cara Menanam Tomat di Pot – Budidaya tomat dalam polybag atau pot dengan biji cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan Anda sudah bisa memanen tomat yang Anda tanam. Seperti yang kita ketahui, tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal kaya akan kandungan gizi.

Selain itu, tomat dapat dibuat menjadi berbagai hidangan, mulai dari jus, saus, aditif asam, dan banyak lagi. Selain dibuat sebagai hidangan, ternyata tomat juga memiliki khasiat yang bagus untuk merawat kulit wajah Anda.

Cara-Menanam-Tomat-di-Pot
Tomat di Pot

Varietas tomat itu sendiri sangat beragam mulai dari tomat sayur, tomat buah, tomat ceri dan banyak lagi. masing-masing tomat ini memiliki ciri sendiri yang berbeda satu sama lain.

Cara Menanam Tomat di Pot

Berikut tahapan dalam menanam tomat pada pot :

Syarat Tumbuh

  1. Dalam menanam tomat diperlukan curah hujan 120 sampai 220 mm dengan daerah tumbuh sekitar 200 sampai 1200 meter di atas permukaan laut.
  2. Sinar matahari langsung sekitar 8 jam sehari.
  3. Suhu terbaik untuk pertumbuhan tanaman tomat sekitar 24 sampai 32 derajat celcius.
  4. Tanaman tomat membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya.
  5. Keasaman tanah yang baik adalah 6,5 sampai 7,5. Jika kurang dari itu maka lakukan pengapuran dengan dolomit.

Pemilihan Jenis Tanaman Tomat

Beberapa jenis tomat yang umum ada di indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Tomat buah, berbentuk bulat dengan alas mendatar
  2. Tomat gondol, bentuknya oval dan jenis tomat ini biasa digunakan bahan untuk pembuatan saus.
  3. Tomat sayur, Bertekstur keras dan rasanya asam.
  4. Tomat ceri, Jenis ini kecil dan memiliki campuran rasa asam dan manis.

Pilihlah jenis tanaman tomat yang sesuai dengan daerah di lingkungan anda agar tidak gagal dalam budidaya dan mendapat hasil panen yang maksimal. Agar tidak repot dalam pemilihan jenis dan bibitnya, apalagi jika untuk penanaman pemula. Sebaiknya membeli bibit ditoko pertanian dikota anda.

Menyiapkan Pot

Jika anda ingin menanam tomat dalam polybag, maka sebaiknya siapkan pot dari tanah karena cukup baik untuk tanaman tomat karena mampu menjaga penguapan air tanah. Pilihlah pot sesuai ukuran tanaman.

Menyiapkan Media Tanam

Dalam budidaya tomat dalam media pot, media tanam perlu dipersiapkan dengan baik. Media tanam dapat dibuat dengan campuran tanah, pupuk kompos dan juga arang sekam pada ukuran 2 : 1 : 1 . Untuk media tanam tomat dapat disiapkan tiga hari sebelum ditanami agar nutrisi dalam pupuk kompos dapat menyatu dengan tanah. Cobalah media tanam dengan pH 6,5 sampai 7,5 dan memiliki unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan optimal.

Penyemaian Benih

Bibit tomat terlebih dahulu harus melalui tahap penyemaian, bibit tomat harus disemaikan dalam bibit tanaman, Penyemaian diperlukan karena benih tomat memerlukan perlakuan khusus. Tempatkan juga media semai ditempat yang sejuk.

Metode penyemaian dapat dilakukan di polybag atau di bedengan. Untuk persemaian, buat larikan di bedengan dengan kedalaman 1,5 cm dan dengan jarak 6 cm di setiap baris, kemudian lakukan penanaman dengan jarak 2,5 per barisan. Setelah itu lakukan penyiraman

Untuk penyemaian dengan menggunakan polybag, lakukan pengisian polybag menggunakan media yang sudah disiapkan. Kemudian benamkan benih tomat di media polybag tersebut, untuk satu polybag diisi dengan 1 benih. Setelah itu disiram secukupnya

Setelah benih disemaikan, siram sehari sekali dengan penyiraman sistem gembor yang halus dan harus berhati-hati agar tidak merusak media tanam. Lakukan perawatan dengan rutin. Setelah 2 minggu maka benih sudah bisa dipindahkan dalam media pot.

Pemindahan Bibit Tomat

Siapkan media tanam dan pot, isi pot menggunakan campuran tanah, pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2: 1: 1. Terdapat 2 cara dalam melakukan penanaman dari persemaian ke media pot. Pertama pindahkan bibit dengan dicabut. Siramlah persemaian menggunakan air untuk memudahkan media semai dan tarik keluar tanaman dengan hati-hati agar perakaran tidak putus atau rusak. Lalu masuk ke tanaman tegak lurus dengan lubang tanam di polybag. Sesuaikan panjang akar agar muat jika ditempatkan pada media pot.

Kedua, lakukan pemindahan bibit dengan cara diputar, bagaimana tanaman tomat dibesarkan dengan media di sekelilingnya untuk bibit dari bedengan, potong tanaman hingga kedalaman 10 cm dengan sekop atau tangan, angkat ke atas dan pindahkan beserta dengan tanahnya, untuk benih dalam polybag, sobekatau tarik plastik polybag kemudian dipindahkan bersama dengan tanahnya ke dalam kantung polibag yang lebih besar, plastik polybag dapat digunakan beberapa kali.

Perawatan dan Pemeliharaan

Tomat yang ditanam dalam pot membutuhkan teknik perawatan yang lebih mudah daripada tanaman tomat yang ditanam di lapangan terbuka.

Penyiraman

Anda hanya perlu memastikan bahwa media tanam tidak terlalu kering. Siram dua kali sehari secara teratur tetapi jangan berlebihan karena ini akan menyebabkan akar tanaman membusuk.

Pemasangan Ajir

Anda juga perlu menyediakan ajir untuk mendukungnya agar tanaman tidak mudah bengkok dan patah. Ajir dapat diberikan dari bambu maupun dari kayu.

Pemupukan

Setelah menanam benih dalam pot selama seminggu, Anda dapat merawat tanaman dengan memberikan pupuk kompos untuk setiap pot. Jika ternyata tomat kurang subur, Anda bisa mengulangi pemberian pupuk.

Hama dan Penyakit

Jika tanaman tomat Anda terserang hama Anda harus membuang hama ini secara manual. Ambil daun yang terserang hama atau batang yang rusak dan membuangnya. Hindari penyemprotan insektisida pada tanaman karena zat ini tidak baik untuk kesehatan Anda, terutama jika Anda ingat tomat yang kemudian diolah untuk Anda gunakan sendiri.

Perempalan

Setelah ketinggian tanaman tomat mencapai 1 meter, lakukan perempalan fungsinya untuk menghilangkan daun tua dari tanaman agar tanaman tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, ada kemungkinan menanam tomat dalam pot untuk membawa banyak buah, pemangkasan cabang tomat yang dianggap tidak perlu, bertujuan untuk memastikan bahwa nutrisi tanaman selalu terpenuhi dan tidak didibagi kepada cabang yang tidak perlu, membuat tomat tumbuh lebat dan tumbuh sehat.

Masa Panen

Waktu panen untuk tomat cukup singkat karena Anda dapat memanen tomat yang Anda tanam dalam waktu kurang dari 100 hari. Karakteristik yang menunjukkan bahwa tomat siap panen adalah perubahan warna dari awalnya hijau menjadi agak kekuningan. Hanya saja panen tomat tidak bisa dilakukan bersamaan karena kemunculan buah tomat juga tidak bersamaan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam tomat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya