10 Cara Menanam Wortel agar Tumbuh Besar

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Wortel (Daucus carota L.) adalah tanaman sayuran yang diambil dari umbinya. Umbi wortel berwarna oranye cerah, rasanya gurih, renyah, dan sedikit manis. Sayuran ini dikenal sebagai sumber vitamin A, dan wortel juga mengandung banyak vitamin B dan vitamin C.

Cara-Menanam-Wortel
Cara Menanam Wortel

Dilihat dari bentuknya ada tiga jenis wortel. Pertama, jenis imperator. Umbinya berbentuk bulat dan panjang, ujungnya lancip, umbinya memiliki akar serabut. Kedua, jenis chantenay. Umbinya berbentuk bulat dan panjang bersih dari akar serabut, ujung tumpul cenderung membulat. Ketiga, jenis Nantes. Jenis dan bentuknya merupakan campuran dari dua jenis yang disebutkan di atas.

Cara Menanam Wortel

Syarat Tumbuh

Budidaya wortel paling baik dilakukan di dataran tinggi pada ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Wortel masih bisa ditanam di tanah di atas 500 meter di atas permukaan laut. Tanaman wortel menyukai tanah yang mengandung banyak humus dan gembur dengan keasaman antara pH 5,5 dan 6,5.

Persiapan Bibit

Penggunaan benih berkualitas dapat memberikan hasil maksimal. Ada dua cara untuk mendapatkan benih berkualitas tinggi. Cara pertama adalah membelinya langsung dari toko pertanian dan yang kedua adalah membuatnya sendiri dari indukan yang berkualitas tinggi.

Jika Anda membelinya di toko pertanian pastikan benih yang Anda beli memiliki kualitas terbaik dan tahan terhadap hama dan penyakit. Hal ini dimaksudkan supaya wortel berkembang secara optimal.

Kalau Anda ingin membuat bibit sendiri supaya bisa memastikan langsung hasil yang akan Anda dapatkan maka Anda bisa memperhatikan tips dari kami berikut ini

Ciri tanaman wortel yang baik untuk bibit:

  1. Telah beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan
  2. Tahan penyakit
  3. Memiliki hasil produksi yang tinggi
  4. Berasal dari tanaman wortel yang berumur lebih dari 2 bulan.
  5. Umbi wortel berukuran besar panjang dan lurus serta memiliki warna terang.

Cara membuat bibit:

  1. Temukan dan pilih wortel dengan karakteristik di atas
  2. Potong 1/3 dari umbi wortel
  3. Potong daunnya dan sisakan hanya 10 cm
  4. Buat dan siapkan bedengan
  5. berikan pupuk Trichoderma, air dan ZPT organik ke permukaan wortel setiap 2 minggu.
  6. Sirami tanaman di sore hari.
  7. Bunga biasanya muncul dalam sebulan dan 2 minggu kemudian bunga-bunga mulai mekar.
  8. Bunga dengan warna kecoklatan adalah tanda siap panen.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan untuk menanam wortel harus dibajak atau digali sekitar 40 cm. Kedalaman ini sangat penting karena tanaman umbi dipanen umbi. Tanah yang gembur memberi umbi fleksibilitas untuk tumbuh sempurna.
Budidaya wortel pada struktur tanah keras menghambat pertumbuhan umbi. Bentuk umbi menjadi pendek dan cabang tumbuh di tubuh umbi.

Setelah menggemburkan tanah, buat bedengan dengan lebar satu meter dan panjang yang disesuaikan dengan bentuk lahan. Tinggi bedengan kira-kira. 20-30 cm. Campurkan kompos atau pupuk kandang sebagai pupuk dasar saat membentuk bedengan. Dosis pupuk 15-20 ton per hektar. Jumlah pastinya tergantung kesuburan tanah.

Buat larikan di permukaan bedengan untuk menabur benih. Jarak antara larikan adalah 20 cm pada kedalaman kira-kira. 5 cm.

Proses Penanaman

Menanam wortel tidak harus dilakukan persemaian terlebih dahulu. Dengan kata lain, penanaman bisa dilakukan secara langsung. Petani bisa mendapatkan biji wortel dalam bentuk biji.

Karena biji wortel memiliki serabut yang membuatnya menempel, mereka harus dipisahkan sebelum disebarkan. Jika sudah terpisah-pisah maka taburkanlah benih pada larikan yang sudah disiapkan.

Kemudian tutup kembali benih dengan tanah yang sama dengan media tanam. Lakukan perawatan intensif untuk memastikan keberhasilan menanam wortel.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penjarangan

Hal ini penting karena dengan mengurangi jumlah tanaman, lebih banyak ruang dapat dibuat untuk tanaman wortel. Hal ini memungkinkan tanaman wortel tumbuh lebih optimal. Pada langkah ini Anda bisa memilih tanaman wortel yang pertumbuhannya tidak optimal atau tidak baik sehingga tanaman lain tidak terganggu.

Penyiangan

Selanjutnya adalah proses penyiangan di mana Anda harus membersihkan tanah dari hama yang mengganggu baik tanaman liar dan hewan yang melakukannya. Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman wortel dapat dibersihkan dengan garpu. Anda harus melakukan ini secara rutin karena gulma dapat menyerap nutrisi dalam tanah. Gulma juga merupakan tanaman inang untuk berbagai hama dan penyakit.

Penyiraman

Tanaman wortel membutuhkan air yang cukup pada fase awal pertumbuhannya. Karena itu, selama fase awal penanaman wortel penyiraman harus dilakukan setiap hari. Intensitas penyiraman dapat dikurangi pada saat wortel bertambah besar.

Anda harus ingat bahwa Anda harus sangat teliti dalam langkah penyiraman ini, karena jika wortel mendapatkan terlalu banyak air, umbinya akan rusak. Kalau kekurangan air, tanah akan menjadi kering dan tanaman wortel akan rusak.

Pemberian Pupuk

Pupuk susulan dapat diberikan ketika wortel berumur 30HST. Dalam pupuk tambahan ini, urea dan kcl diberikan sebagai pupuk rasio yang digunakan adalah 2: 1 dan pengaturan di area sisi wortel pada jarak 5 cm.

Anda dapat menaburkan pupuk susulan pada larikan dan kemudian menutupinya dengan tanah lagi. Selama periode pemeliharaan ini, Anda juga dapat menyemprotkan pupuk organik cair setidaknya sekali seminggu.

Pemupukan dilakukan sedemikian rupa sehingga kebutuhan nutrisi wortel dapat dipenuhi setiap saat sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan memiliki daya tahan tinggi terhadap hama. Pertumbuhan wortel bisa lebih optimal dan menghasilkan wortel dengan umbi besar.

Pemanenan

Wortel dipanen dengan menarik umbinya yaitu wortel yang keluar dari tanah. Wortel dapat dipanen setelah penanaman sekitar 3 bulan. Cuci bersih setelah panen dan pisahkan wortel dengan kualitas dan ukuran. Penyimpanan sebelum diletakkan di pasar dapat dilakukan pada suhu ruangan, yang menjaga kesegaran wortel atau di dalam lemari es.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam wortel semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya