Daun Cermai : Kandungan dan 15 Manfaat Daun Cermai

Posted on

Daun Cermai – Cermai (Phyllanthus Acidus) adalah jenis buah yang biasanya dikonsumsi langsung dengan garam atau kecap. Rasanya agak manis dicampur dengan keasaman, tetapi buah ini sangat diminati.

Tumbuhan ini adalah satu-satunya bahan pokok dalam keluarga Phyllanthaceae yang dapat dimakan. Tinggi tanaman ini biasanya 3-9 meter, daunnya lonjong, rapi dan tersusun bergantian di dahan-dahan kecil dan terlihat seperti daun majemuk, pucuk dan hijau muda kekuningan bercampur dengan sesuatu yang merah. Senyawa, memiliki jenis pria dan wanita dan merah muda.

DauDaun-Cermain-Cermai
Daun Cermai

Kandungan Daun Cermai

Kandungan yang terdapat dalam daun cermai meliputi air, saponin, karbohidrat, flavonida, polifenol, tanin, lemak, dan serat. Sedangkan buahnya mengandung serat, vitamin C dan mineral.

Manfaat daun Cermai

Mengobati Kanker

Daun ceremai dipotong sesuai kebutuhan. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih hingga 1 gelas tersisa. Setelah air dingin, disaring dan siap untuk diminum.

Minumlah air ini 3 kali sehari. Resep lain dapat ditambahkan dengan daun belimbing, daun Bidara dan daun gadung Cina dan gula aren. Rebus dan biarkan dingin seperti sebelumnya. Air kemudian didinginkan dan disaring sebelum diminum.

Kaya Serat

Cermin kaya akan serat, polifenol dan air. Akibatnya, cermin memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadikannya penangkal sakit perut. Mengkonsumsi satu sendok teh jus Cermai saat perut kosong dapat meredakan asam lambung.

Baik Untuk Diet

Daun ceremai juga bermanfaat bagi wanita untuk menurunkan berat badan. zat laksatif di daun Ceremai memudahkan buang air besar.

Cara membuat ramuan daun ceremai, daun Ceremai dipotong sesuai kebutuhan. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih hingga 1 gelas tersisa. Airnya disaring dan siap untuk diminum.

Minumlah tiga kali sehari. Ramuan ini bereaksi sangat kuat dalam jangka panjang. Karenanya minumlah ramuan tersebut sesekali.

Meningkatkan Vitalitas

Minum jus Cermai sekali sehari dapat meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga dapat meningkatkan motilitas (daya apung sperma), kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).

Mengobati Sembelit

Siapkan daun ceremai (sekitar 3-5 gram), cuci sampai bersih lalu giling. Dapat dikeringkan atau digunakan dalam bentuk gilingan basah. Seduh giling daunnya dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu (masih hangat) aduk hingga merata. Airnya diminum bersama ampasnya saat kita minum obat herbal. Berikan ramuan tersebut dua kali sehari.

Anti Kanker

Dengan sifat antioksidannya, Cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia karsinogenik. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya pada pengobatan kanker.

Mengatasi Mual

Pucuk daun Ceremai atau buah Cermai dapat dimakan langsung atau dibuat dalam bentuk minuman atau manisan. Rasa asam dapat digunakan untuk mengobati mual dan menetralkan rasa tidak enak di mulut.

Sumber Vitamin

Cermin juga memiliki kandunga dengan vitamin A, yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap awet muda dan elastis.

Ketika dikonsumsi pada waktu perut kosong, kandungan nutrisi dari dalam daun cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang kemudian dapat memperpanjang proses penuaan.

Mengobati Gigitan Serangga

Pucuk daun ceremai dapat mengeluarkan racun melalui gigitan serangga. Daun ceremai ditumbuk halus dan dilunakkan. Usap daun pada kulit gigitan serangga. Demikian juga, kulit bisa dihaluskan. Ramuan akar cermai juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

Diabetes

Cermin mengandung cukup tinggi polifenol yang melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah tinggi dan mencegah resistensi urin. Selain itu, Daun ini juga dapat membantu dengan asupan insulin, yang dapat menyebabkan penurunan gula darah pada penderita diabetes.

Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun cermai yang tidak kalah pentingnya adalah penting untuk pengobatan hipertensi. 3 pucuk daun Cermai direbus dalam air untuk 3 gelas air. Biarkan matang sampai air tersisa 1 gelas. Kemudian airnya didinginkan dan siap diminum untuk penderita tekanan darah tinggi. Air bisa disimpan di lemari es.

Menjaga Kadar Kolesterol

Cermin menjaga kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermin juga mencegah arteriosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Mengobati Asma

Siapkan 3 genggam pucuk daun Cermai dan rebus dalam air untuk 3 gelas air. Biarkan matang sampai air tersisa 1 gelas. Kemudian airnya didinginkan dan siap untuk diminum pada penderita asma dan sesak napas. Dapat dicampur dengan madu atau gula aren. Minumlah dalam air hangat. Ramuan akar cermai dapat digunakan untuk meredakan asma dan mengobati penyakit kulit.

Antioksidan

Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Cermin mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol, dan tanin.

Mengobati Sariawan

Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan rebus dalam 3 gelas air. Biarkan matang sampai air tersisa 1 gelas. Setelah Airnya dingin dan bisa digunakan untuk berkumur atau diminum untuk mengobati sariawan.

Demikianlah pembahasan tentang daun cermai semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: