10 Manfaat Daun Curing untuk Kesehatan

Posted on

Daun Curing – Daun curing adalah salah satu tanaman tropis dari Amerika Tengah dan Amerika Latin, tetapi juga tumbuh di beberapa negara tropis seperti Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada awalnya, tanaman curing dibawa oleh orang Spanyol ke Asia Tenggara, yaitu Filipina, yang kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara lainnya.

Untuk Indonesia sendiri, daun curing lebih sering dicincang dan dicampur dengan sambal, dicincang dan tempoyak untuk dimakan bersama nasi. Daun ini tidak hanya enak dimakan, tetapi juga mengandung banyak nutrisi penting, lebih dari 20 jenis antioksidan.

Daun-Curing
Daun Curing

Selain antioksidan, daun ini juga mengandung flavonoid polifenol, minyak atsiri dan saponin, sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Manfaat Daun Curing

Melancarkan ASI

Selama menyusui, kelancaran ASI sangat penting karena merupakan minuman dan makanan pokok bagi bayi. Namun, tidak semua ibu bisa menghasilkan banyak ASI dan terkadang bahkan harus dipompa untuk keluar. Daun curing dapat digunakan untuk melancarkan ASI dengan meminum air rebusannya secara berkala sambil mengoleskan daun curing yang telah dihaluskan di sekitar payudara dan puting.

Mencegah Kanker

Daun curing mengandung berbagai senyawa seperti saponin dan flavonoid, yang sangat efektif sebagai solusi kanker yang mengikat tubuh. Untuk menghambat pertumbuhan kanker ini, Anda dapat secara teratur mengambil air rebusan daun curing dan juga menambahkan suplemen ekstrak daun curing untuk menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker seperti kanker hati, payudara dan lambung.

Menyembuhkan Sakit Maag

Sakit maag kronis secara signifikan mempengaruhi aktivitas karena rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Daun curing ini mengandung polifenol, tokoferol, dan juga hydroxsugenugenol yang kuat, yang digunakan sebagai sulusi maag karena kemampuan daun ini untuk menetralkan asam lambung terlalu tinggi. Zat alami ini juga efektif dalam mengobati sakit lambung, yang biasa terjadi pada orang yang menderita sakit maag. Daun curing bisa dimakan mentah sebagai lalapan atau ditumis sebagai hidangan nasi.

Meningkatkan Fungsi Jantung

Keuntungan lain dari daun curing untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kekuatan dan kinerja jantung yang lemah karena kandungan flavonoid dalam daun ini yang memainkan peran penting sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh termasuk organ jantung. Senyawa flavonoid dalam daun curing membawa aliran darah ke jantung, membuat otot jantung juga lebih kuat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika Anda menderita sakit tenggorokan atau flu, ini adalah tanda jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena itu, harus ditingkatkan dengan berbagai asupan nutrisi seperti daun curing. Dalam daun curing juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C dan juga E, yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan terhadap berbagai penyakit. Selain itu, daun ini juga mengandung protein nabati, yang membantu dalam pembentukan fagosit untuk meningkatkan daya tahan dan pada saat yang sama mempercepat proses metabolisme.

Detoksifikasi Tubuh

Semua makanan yang dikonsumsi sehari-hari sebagian nutrisi diserap dalam tubuh, tetapi sisa proses dan juga racunnya semakin mengendap dalam darah, sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Salah satu cara membersihkan darah adalah dengan memakan daun yang bisa membantu detoksifikasi. Kombinasi vitamin E dengan flavonoid dalam daun curing sangat efektif untuk membersihkan darah, sehingga cara adalah untuk menghilangkan pengendapan racun dalam darah adalah dengan meminum daun rebusannya.

Memperkuat Tulang

Daun curing juga mengandung beberapa mineral, seperti magnesium dan kalsium, yang bekerja sangat baik melawan kerapuhan tulang. Tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun sehat ini untuk mencapai ukuran tubuh terbaik dan tulang yang kuat. Konsumsilah daun curing secara teratur setidaknya dua kali seminggu sebagai nutrisi tulang alami yang lezat.

Menyembuhkan Gondok

Kandungan polifenol dalam daun curing juga dapat dikonsumsi untuk penyembuhan gondok karena tingginya antioksidan dalam daun ini. Tidak hanya menyembuhkan gondok, ia juga bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan kelenjar serviks. Untuk mengempiskankan gondok ini, Anda dapat secara berkala minum air rebusan daun curing dan mengompres area gondong dengan daun curing.

Menghilangkan Bau Mulut

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, Anda juga dapat menggunakan daun curing ini sebagai obat kumur alami karena memiliki efek antibakteri yang juga ditemukan dalam daun ini. Gunakan air daun rebusannya ini untuk berkumur secara teratur terutama di pagi dan sore hari.

Mencegah Penuaan Dini

Sumber antioksidan dalam daun curing juga dapat digunakan sebagai solusi kecantikan kulit yang jauh lebih efektif dan lebih aman daripada berbagai produk anti-penuaan. Jika Anda meminum daun obat ini tiga kali seminggu, Anda akan mendapatkan kulit yang indah tanpa penuaan dini. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan daun kenikir yang dicampur dengan madu untuk digunakan sebagai masker wajah atau tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang daun curing semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: