Daun Kelor untuk Diabetes dan Cara Mengobatinya

Posted on

Daun Kelor untuk Diabetes – Ada begitu banyak kasus orang di sekitar kita yang terkena diabetes sehingga masalahnya sepele dan hanya dapat ditelusuri kembali ke gaya hidup yang tidak sehat. Ini termasuk kebiasaan makan yang kurang teratur dan lebih suka makanan yang rasanya manis.

Tetapi jika Anda sudah menderita diabetes, Anda harus tanggap untuk mengobatinya. Ada begitu banyak tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati diabetes, termasuk daun kemangi, salamis, teh hijau, daun sambiloto, dan daun sirsak.

Daun-Kelor
Daun Kelor

Salah satu obat yang telah terbukti efektif dalam pengobatan diabetes adalah ramuan daun kelor. Tumbuhan ini asli dari Indonesia dan sangat mudah ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Menemukan tanaman ini tidak sulit, biasanya tanaman ini tumbuh di kebun atau di pekarangan rumah. Penggunaan daun kelor sebagai obat diabetes adalah pilihan yang tepat.

Daun Kelor untuk Diabetes

Penggunaan daun kelor sebagai obat diabetes juga bisa dilakukan selain jadi lalapan juga bisa mencegah atau mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Dari daun kelor selalu dipercaya bahwa mereka menyembuhkan berbagai penyakit. Yang paling terkenal dari ini adalah pengobatan diabetes mellitus.

Anda harus tahu cara membuat ramuan dari daun kelor, karena sampai sekarang, ramuan dari ekstrak daun kelor jarang tersedia. Cara melakukannya mudah dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Cara Mengobati Diabetes dengan Daun Kelor.

  1. Siapkan 10-15 gram daun kelor atau Segenggam tangan.
  2. Cuci daun kelor secara menyeluruh, tetapi jangan diremas agar tetap segar
  3. Masak daun kelor, jika memungkinkan dengan alat gerabah.
  4. Tambahkan bersama 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas.
  5. Ulangi proses ini untuk sisa rebusan kedua lagi. Memasak diulangi sehingga senyawa yang terkandung dalam ramuan herbal benar-benar larut dalam air.
  6. Setelah matang, angkat dari api dan saring sampai hangat dan kemudian minum satu gelas secara teratur tiga kali sehari. Lakukan selama 2-4 minggu.

Berdasarkan pengalaman seorang penderita diabetes, tubuh biasanya terasa lebih bugar di minggu pertama setelah mengonsumsi Ramuan Daun Kelor. Lelah dan lemah menghilang, tubuh terasa lebih ringan. Rutin sebulan minum daun kelor yang dimasak air menyebabkan penurunan kadar gula darah. Pada bulan-bulan berikutnya, pasien dapat mengonsumsi 2 kapsul ekstrak daun kelor 3 kali sehari.

Selain itu, penderita diabetes disarankan untuk memeriksa kadar gula darahnya secara teratur setiap bulan. Ditemani dengan gaya hidup sehat, seperti tidak minum teh manis dengan gula biasa. Selalu gunakan gula khusus untuk penderita diabetes. Olahraga teratur juga harus dijalani agar tetap sehat.

Manfaat Daun Kelor Lainnya

Anti Kanker

Ekstrak daun kelor mengandung khasiat yang dapat mencegah perkembangan kanker. Daun kelor juga mengandung niazimicin, senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

Daun kelor juga memiliki beta-sitosterol, yang telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan pembesaran prostat dan dalam mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan usus besar.

Selain itu, beta-sitosterol memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyeimbangkan gula darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung pankreas, menyembuhkan luka dan mengurangi kram.

Meringankan Nyeri Haid

Biasa alami nyeri saat menstruasi? Cobalah jus daun kelor segar. Menurut sebuah studi Boldsky, daun kelor mengandung bahan-bahan alami yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan selama menstruasi.

Meningkatkan Stamina

Daun kelor memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Keduanya memainkan peran penting dalam proses menghasilkan energi dalam sel.

Oleh karena itu, sangat tepat untuk menggunakannya sebagai penambah energi ketika tubuh menjadi lelah karena sakit atau karena berbagai alasan lainnya.

Anti Stres

Berdasarkan hasil penelitianjоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics, disebutkan bahwa daun kelor merupakan adaptogen alami.

Artinya, daun kelor ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek toksik yang disebabkan oleh stres.

Menyehatkan Mata

Mungkin terdengar sedikit meragukan. Itu sebabnya banyak yang percaya bahwa kesehatan mata dapat dicapai melalui makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah seperti wortel, tomat atau pepaya.

Daun kelor mengandung khasiat yang dapat mengurangi tampilan penglihatan kabur karena tingginya kandungan antioksidan. Daun kelor dapat mencegah pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Mencegah Penyakit Kuning

Dengan rutin mengonsumsi daun kelor, penyakit kuning bisa dicegah. Mengkonsumsi daun ini membuat tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

Meningkatkan Sistem Imun

Sistem kekebalan memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya berbagai infeksi virus dan bakteri. Agar sistem kekebalan tubuh selalu dalam kondisi optimal, dibutuhkan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor.

Manfaat daun kelor adalah karena kadar vitamin A, vitamin C dan zat besi, yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan merah, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat dipertahankan secara langsung.

Menurunkan Gula Darah

Gula darah dapat menjadi masalah serius untuk kesehatan. Gula darah tinggidapat menyebabkan diabetes.

Lаlu, sеiring bеrjаlаnnyа wаktu, tingginyа gulа dаrаh dараt mеnyеbаbkаn реnyаkit lаin sереrti jаntung. Sаlаh sаtu cаrа mеnurunkаn kаdаr gulа dаrаh аdаlаh dеngаn mеmanfaatkan daun kelor.

Sebuah penelitian memakai daun kelor sebanyak 50 gram. Dikatakan bahwa daun ini dapat mengurangi kenaikan gula hanya dalam 21 minggu.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan antiseptik daun kelor secara efektif membunuh bakteri. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti alergi, gatal atau herpes, Anda bisa menggunakan masker atau kompres daun kelor untuk meredakan sensasi gatal dan sakitnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun kelor untuk diabetes semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya