12 Manfaat Daun Lidah Mertua untuk Kesehatan

Posted on

Daun Lidah Mertua – Lidah mertua atau Sansevieria adalah tanaman hias yang sangat populer untuk menghiasi interior rumah. Kemudahan merawat tanaman hias ini adalah salah satu alasannya. Lidah mertua dapat tumbuh dalam kondisi sinar matahari dan air minimal.

Selain perawatan yang mudah, lidah mertua juga memiliki kharakteristik estetika. Daunnya yang keras, berair, tegak dan ujungnya yang meruncing membuat tanaman hias ini sangat cocok untuk diletakkan di sudut ruangan.

Daun-Lidah-Mertua
Daun LIdah Mertua

Masih banyak lagi manfaat yang bisa dibanggakan tanaman hias ini. Jika Anda menyimpannya di rumah atau di kantor, lidah mertua Anda dapat menyerap zat beracun yang tidak baik untuk tubuh manusia, seperti karbon dioksida, benzena, formaldehida, dan trichloroethylene.

Manfaat Daun Lidah Mertua

Anti Kanker

Satu studi menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun Sansevieria roxburgiana hingga 125 μg / ml tidak menjadi toksin sel normal tetapi menjadi antikanker aktif dan agen anti-proliferasi terhadap sel kanker. Namun, penelitian ini perlu dibuktikan dengan lebih jelas.

Perawatan Sakit Telinga

Daun lidah buaya yang dipanaskan kemudian jusnya dijatuhkan di telinga. Hal ini bisa bermanfaat untuk meredakan sakit telinga.

Mengobati Sakit Gigi

Khasiat daun lidah mertua juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Siapkan beberapa tetes gel lidah untuk diteteskan pada bagian gigi yang sakit.

Membasmi Kutu Rambut

Jus yang dihasilkan dari akar atau rimpang dari daun lidah mertua dapat memainkan peran aktif dalam menghilangkan kutu pada kepala.

Mengurangi Penyakit Dalam

Tanaman lidah mertua mungkin berguna untuk mengobati hipertensi, diare, radang saluran pernapasan, radang usus dan gastritis. Caranya, keringkan 27 gram lidah mertua kering. Kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai hanya satu gelas tersisa. Saring air rebusan tersebut, lalu minum setengah gelas dua kali sehari.

Untuk Mengatasi Influenza dan Batuk

Cuci 25 daun lidah mertua dan kemudian rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa gelas. Jika rebusan dingin, minumlah setengah gelas dua kali sehari.

Mengurangi Risiko Diabetes

Daun lidah buaya juga efektif dalam pengobatan penyakit degeneratif yang parah seperti diabetes yang menyebabkan pantangan konsumsi makanan manis, karena kadar gula darah sudah tinggi. Untuk menetralkan dengan minuman daun lidah buaya yang dimasak. Metode ini tidak berbeda secara signifikan dengan pengobatan influenza dan batuk.

Anti Inflamasi

Bagi Anda yang telah terluka oleh duri atau jatuh dari sepeda, Anda dapat menggunakan getah atau gel lidah mertua untuk menutupi luka dan mencegah peradangan. Selain itu, gigitan ular berbisa rendah dapat menggunakan gel ini sementara sebelum dirawat oleh tim medis.

Mengurangi Kusta dan Jerawat

Daun lidah buaya terutama spesies Sansevieria trifasciata, dapat membantu mengurangi penyebaran kusta dan pembengkakan jerawat di kulit Anda. Daun lidah mertua memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang meringankan masalah kulit.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Menggunakan daun lidah mertua yang dibakar bisa meredakan sakit kepala. Meskipun tergolong sebagai penyakit ringan, Namun hal ini dapat menjadi gangguan dalam latihan suatu kegiatan.

Mengobati Sakit Perut dan Wasir

Tanaman lidah mertua juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit perut dan wasir. Seperti kita ketahui, wasir adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kesulitan buang air besar. Untuk mempercepat proses pembuangan yakni dengan daun lidah mertua. Karena tanaman ini kaya serat yang membantu meningkatkan pencernaan.

Tonik Rambut

Seperti spesies tanaman lidah buaya lainnya, cairan gel daun lidah mertua dapat digunakan untuk melebatkan rambut dengan menggosokkan gel ke atas kepala dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum dibilas dengan sampo dan air jernih.

Demikianlah pembahasan tentang daun lidah mertua semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya