10 Manfaat Daun Mindi untuk Kesehatan

Posted on

Daun Mindi – Tanaman Mindi adalah jenis tanaman yang memiliki efek positif pada kesehatan. Tanaman ini menyandang nama Latin Melia azedarach. Mindi dapat hidup di dataran tinggi dan rendah.

Tanaman Mindi dicirikan oleh banyak cabang, daunnya memiliki sirip ganda dengan tepi bergerigi dan kulit pohon memiliki warna coklat. Tanaman Mindi juga memiliki buah bulat kecil dengan warna coklat kekuningan.

Daun-Mindi
Daun Mindi

Tanaman Mindi atau pohon Mindi sering tumbuh di pemukiman atau di pinggir jalan sebagai pohon perindang. Tanaman Mindi sering digunakan dalam pengobatan tradisional karena salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh daun Mindi adalah gatal, kudis dan berbagai penyakit lainnya.

Daun mindi mengandung alkaloid, minyak astiri alkaloid, paraisina, tanin, flavonoid rutin, saponin, zat pahit, kaemferol dan steroid.

Manfaat Daun Mindi

Mencegah Hipertensi

Khasiat pertama daun Mindi adalah pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena daun ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk membuat olahan herbal daun Mindi, 7 lembar daun Mindi dapat direbus dengan tiga gelas air. Diamkan sampai matang dan sisakan setengah gelas. Minumlah air rebusan daun mindi ini dua kali sehari sampai tekanan darah kembali normal.

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun mindi juga bisa digunakan sebagai solusi perawatan kulit melawan penyakit kudis. Untuk menyembuhkan kudis, Anda bisa menghaluskan segenggam daun Mindi yang sudah dicuci. Oleskan daun Mindi yang ditumbuk halus ke kudis atau bagian tubuh yang terkena penyakit kulit. Lakukan ini dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan kudis.

Menyembuhkan Kulit Gatal

Kulit gatal atau scabies juga dapat diatasi dengan penggunaan daun Mindi karena manfaat antioksidan dan antiseptik yang dikandungnya. Rebus segenggam daun Mindi dengan satu liter air sampai airnya menguning. Tambahkan dua sendok makan garam meja, aduk dan tambahkan lagi dengan air dingin, lalu gunakan air untuk merendam kulit yang gatal.

Mengatasi Cacing Kremi

Daun Mindi juga mengandung bahan aktif yang disebut toosendanine, yang memiliki sifat anthelmintik yang bahkan lebih kuat daripada xanthones. Air rebusan daun mindi ini dapat digunakan untuk menghambat perkembangan cacing kremi sambil membunuh cacing kremi secara alami.

Memberantas Hama Tanaman

Daun Mindi tidak hanya dapat digunakan untuk kesehatan, tetapi juga untuk menghilangkan hama dan penyakit yang mempengaruhi tanaman. Pestisida organik dapat digunakan oleh petani, yang tentu saja jauh lebih baik daripada pestisida kimia. Untuk produksi pestisida biologis hingga 20 liter, sekitar delapan kilogram daun Mindi, enam kilogram lengkuas dan enam kilogram serai dapat digunakan.

Semua bahan ini dicampur dengan air dan dua sendok teh sabun cair karena hanya digunakan sebagai perekat. Pestisida ini terlihat sangat unik ketika disemprotkan pada hama wereng. Hama akan memiliki selera makan kemudian dan mati saat terkena pestisida cair.

Mengatasi Diabetes

Daun Mindi, yang biasa disebut dengan mindi cina juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Penggunaan daun Mindi sebagai obat diabetes juga sangat sederhana, yaitu dengan mengeringkan daun Mindi sebanyak satu genggam tangan dan dicampur dengan dua hingga tiga liter air.

Untuk memasak daun ini, pot tanah liat harus digunakan karena lebih berkhasiat daripada panci besi. Masak selama beberapa menit dan biarkan dingin. Minum air rebusan mindi secara teratur 2 hingga 3 gelas per hari. Rasanya sangat pahit, tetapi efektivitas daun Mindi pada diabetes telah terbukti. Tanaman Mindi adalah jenis tanaman yang memiliki efek positif pada kesehatan.

Menertalisir Racun Dalam Tubuh

Daun mindi sangat efektif untuk menetralisir racun dalam tubuh, cara kerjanya adalah dari proses metabolisme kemudian dibuang bersama feses atau urin

Menambah Nafsu Makan

Daun mindi sangat baik dalam menambah nafsu makan karena terdapat kandungan asam trichosanat dan asam momordicine yang merupakan 2 zat yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah penurunan nafsu makan.

Mengatasi Maag

Kandungan dalam daun mindi seperti senyawa sulfornylurea dan soudium sulfure yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam obat-obatan penyakit maag dan diabetes.

Mengatasi Sembelit

Daun mindi kaya akan kandungan seperti serat, zat besi,kerbonidrat dan protein, karena itu daun mindi sangat baik dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah penyakit terutama penyakit pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Demikianlah pembahasan tentang daun mindi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: