15 Manfaat Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Putri Malu – Putri Malu (Mimosa pudica) diklasifikasikan sebagai tanaman liar. Siapa sangka tanaman dengan duri dan daun kecil memiliki banyak keunggulan. Kandungan tannin, mimosine, dan asam pipecolic membuat semua bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat. Hampir semua bagian dari putri malu ini dapat digunakan sebagai obat.

Meskipun sering diasumsikan tanaman gulma yang tidak ada gunanya, ternyata tanaman ini, yang dikenal sebagai “putri malu” memiliki banyak sifat menakjubkan. Tanaman dengan nama latin Mimosa Pudica dikatakan sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit.

Daun-Putri-Malu
Daun Putri Malu

Manfaat Daun Putri Malu

Menyembuhkan Luka Diabetes

Tanaman putri malu dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes, berdasarkan penelitian dari sekolah kedokteran Universitas Brawijaya di Malang. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa akar putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform dapat digunakan untuk menyembuhkan luka penderita diabetes.

Menyembuhkan Batuk

Tanaman putri malu juga bisa dikonsumsi sebagai solusi batuk, terutama batuk disertai dahak. Untuk penyembuhan batuk, Anda bisa membawa 10 hingga 15 gram daun putri malu untuk direbus dengan air yang cukup dan minuman dingin. Tanaman ini tidak hanya menyembuhkan batuk, tetapi juga menyembuhkan penyakit pernapasan lainnya seperti pilek dan penyakit pernapasan bagian atas lainnya.

Mengobati Luka

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa akar tanaman putri malu bekerja sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini karena akar tanaman Putri malu mengandung fenol yang membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi kulit. Bahwa di situs luar negeri dikatakan bahwa tanaman ini juga berguna untuk luka bakar pertolongan pertama.

Mengobati Hepatitis

Keuntungan selanjutnya dari tanaman putri malu adalah dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan hepatitis. Mengkonsumsi air rebusan dari daun putri malu ini dapat meredakan hepatitis sambil meminimalkan gejala peradangan hati yang disebabkan oleh serangan virus hepatitis.

Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa keracunan dapat diatasi dengan manfaat daun putri malu karena ekstrak daun putri malu ini dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh, melindungi hati dari racun berbahaya.

Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang menderita gangguan susah tidut atau lebih dikenal sebagai insomnia, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Kandungan dalam daun putri malu juga dikatakan dapat mengatasi masalah tidur dengan memasak 50 gram daun putri malu untuk dicoba dan diminum pada malam hari sebelum tidur.

Menghentikan Pendarahan dan Infeksi

Ekstrak daun putri malu juga berguna untuk kesehatan kulit, karena mengandung senyawa tannin dan merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan, mengurangi risiko infeksi dan mendukung pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat.

Mengatasi Demam

Bagi Anda yang menderita demam dan sakit kepala, Anda juga dapat menggunakan daun putri malu karena memiliki sifat antipiretik dan menghilangkan gejala seperti sakit kepala, kedinginan, dan keringat dingin. Kandungan putri malu ini efektif dalam mengontrol suhu tubuh sehingga selalu normal sehingga demam dan panas dapat diturunkan dan terjadi kembali.

Memperkuat Imunitas

Pada sebuah penelitian juga dinyatakan bahwa daun putri malu mengandung zat gizi mikro yang sangat penting seperti tembaga, magnesium, seng, besi dan mangan, yang semuanya penting untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengencerkan Dahak

Bagian daun tanaman putri malu ini juga digunakan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Jika Anda mengambil air rebusan daun ini, dahak menjadi lebih encer sehingga dapat dengan mudah dihilangkan nantinya.

Melancarkan Saluran Kemih

Anda juga dapat menggunakan air rebusan tanaman putri malu sebagai pelancar saluran kemih karena kandungan daunnya memiliki sifat antibakteri, sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan bakteri dan kuman.

Pencegahan Disentri

Sebuah penelitian di salah satu universitas di Indonesia juga menunjukkan bahwa ekstrak tanaman putri malu memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri, bakteri Shigella dysentriae, yang menyebabkan disentri.

Mengatasi Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan, yaitu paru-paru. Daun putri malu juga berguna untuk mengembalikan fungsi paru-paru.

Herpes

Herpes atau cacar air adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan mimosine dan asam pipecolic pada daun putri malu dapat menghentikan penyebaran virus dan memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Rematik

Rematik, penyakit yang menyerang sendi, sering terjadi pada orang tua. Namun, tidak jarang bagi mereka yang masih muda untuk tertular penyakit ini saat ini. Akar putri malu dapat digunakan sebagai obat rematik.

Demikinlah pembahasan tentang manfaat daun putri malu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya