13 Manfaat Daun Salam Koja untuk Kesehatan

Posted on

Daun Salam Koja – Daun koja atau lebih dikenal dengan daun salam koja atau biasa digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Daun ini biasanya digunakan sebagai bumbu kari, sehingga daun salam koja sering disebut daun kari.

Daun salam koja umumnya digunakan untuk memasak di Sumatra, termasuk Daerah Istimewa Aceh. Ternyata bukan hanya untuk bahan masakan, rupanya banyak yang tidak tahu manfaat di balik campuran bumbu yang satu ini. Nah, berikut ini manfaat tersembunyi daun koja, yang jarang diketahui.

Daun-Salam-Koja
Daun Salam Koja

Manfaat Daun Salam Koja

Mengatasi Anemia

Selama ini kita mengenal anemia atau penyakit dengan kekurangan sel darah merah, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Selain itu, kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan anemia. Dengan mengkonsumsi daun salam koja, kita mendapatkan dua nutrisi ini sekaligus, yaitu zat besi dan asam folat, sehingga sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi anemia. Hanya dengan 2 lembar daun salam koja per hari kita dapat mencegah anemia.

Baik untuk Kesehatan Mata

Konsumsi daun Koja juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi mereka dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja. Manfaat ini adalah karena kandungan vitamin A dalam daun salam koja, yang telah lama dikenal sebagai vitamin mata.

Menjaga Kolesterol

Keuntungan lain yang bisa kita raih dengan mengonsumsi daun salam koja adalah kadar kolesterol yang lebih terkontrol. Hal ini dibantu oleh tingkat antioksidan dalam daun ini, yang dapat menghambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh, salah satunya adalah pada organ hati. Radikal bebas dapat mengganggu metabolisme di hati, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah.

Baik untuk Kesehatan Hati

Mengkonsumsi dengan rajin daun salam koja dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman botol seperti minuman bersoda dan suplemen energi yang tidak terlalu baik untuk kesehatan hati. Manfaat ini bisa dicapai dengan kandungan vitamin A, kaempferol dan vitamin C dalam daun salam koja.

Mengatasi Diare

Selain manfaat daun jambu biji dan manfaat oralit, kita juga bisa menggunakan daun salam koja untuk mengobati diare. Metode ini sangat sederhana, yaitu menyeduh 9 daun salam koja dan dicuci dan dipotong kecil-kecil dalam 1 gelas air mendidih. Saat ramuan hangat bisa diminum langsung untuk meredakan diare.

Sebagai Antibakteri dan Antiinflamasi

Selain manfaat jinten hitam dan manfaat kefir, kita dapat menggunakan daun salam koja sebagai perlindungan tubuh terhadap serangan bakteri dan peradangan. Keuntungan ini dapat dicapai dengan kandungan alkaloid karbohidrat dalam daun salam koja, yang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi.

Menyehatkan Rambut

Daun salam koja memiliki manfaat luas hingga ke rambut. Mengkonsumsi daun salam koja dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut beruban dan rambut yang mulai menipis. Selain penggunaan Koja, daun salam juga berguna untuk memperkuat batang rambut sehingga rambut kuat dan tidak mudah rusak.

Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan peningkatan gula darah yang melebihi batas normal. Dengan mengkonsumsi daun salam koja, kita dapat meminimalkan risiko penderita diabetes, karena kadar gula darah dapat diturunkan dan gula darah selalu dapat dipertahankan stabil.

Melancarkan Pencernaan

Jika kita biasanya mengonsumsi manfaat Yakult dan manfaat pencernaan teladak, daun salam koja kini bisa menjadi pilihan. Kandungan daun salam bermanfaat untuk menyerap lemak dengan baik, sehingga pencernaannya menjadi lebih lancar, yang juga sangat baik untuk keberhasilan program diet.

Meminimalkan Efek Samping Kemoterapi

Meskipun kanker sulit disembuhkan, ada langkah-langkah perawatan yang bisa diambil untuk mengatasinya. Salah satunya adalah kemoterapi. Sayangnya, perawatan ini menyebabkan efek samping seperti rambut rontok, kulit kering dan kehilangan nafsu makan. Untuk meminimalkan efek kemoterapi, kita dapat menggunakan daun salam koja untuk melindungi tubuh dari efek samping ini. Selain itu, tanaman ini juga dapat mencegah produksi radikal bebas, yang selanjutnya dapat memperburuk kondisi tubuh.

Mengatasi Infeksi Kulit

Dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari daun salam koja kita dapat mengatasi berbagai infeksi kulit akibat serangan bakteri dan jamur. Contohnya seperti masalah dengan kuku dan jerawat yang tumbuh di wajah.

Mendapatkan Keturunan

Bagi Anda yang sudah menikah tetapi belum dikaruniai anak daun salam koja bisa menjadi pilihan. Metode ini sangat sederhana yaitu dengan mengkonsumsi daun salamkoja segar segar setiap hari, sehingga kandungan nutrisi tetap terjaga. Sedangkan daun salam koja tua bisa dijadikan campuran gulai kari.

Baik untuk Wanita Hamil

Wanita hamil, terutama wanita hamil muda, yang cenderung mual dan kehilangan nafsu makan. Namun, pada saat ini, mereka membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin. Untuk alasan ini, wanita hamil dianjurkan untuk minum air rebusan dari daun salam koja kering untuk meredakan mual dan muntah serta mengembalikan nafsu makan.

Demikianlah pembahasan tentang daun salam koja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: