16 Manfaat Daun Sirih Cina Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Sirih Cina – Banyak nama untuk tanaman herbal ini, termasuk Sirih Cina, Sirih Mini / Daun Sirih Mini, tumpangan air, tumpang air. Nama Latin untuk sirih Cina adalah Peperomia pellucida. Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma oleh Pak Tani dan Bu Tani, karena sering tumbuh di antara tanaman budidaya.

Beberapa menyebutnya daun sirih Cina, yang lain menyebutnya daun ketumpang air. Tanaman ini juga tumbuh di sekitar rumah, di halaman terutama di tempat-tempat lembab. Selain itu, banyak juga ditemukan di sisi sawah dan parit.

Daun-Sirih-Cina
Daun Sirih Cina

Banyak orang tidak tertarik dengan tanaman ini, karena itu banyak yang mencabutnya dan membuangnya. Padahal jika Anda tahu, tanaman ini memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Cina

Mengatasi Bengkak

Jika Anda menderita pembengkakan, Anda bisa menguranginya dengan daun Sirih Cina.

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan beberapa daun sirih Cina dan kemudian menempelkannya pada luka yang bengkak dan membungkusnya dengan perban. Dalam beberapa hari bengkak akan hilang.

Mengobati Sakit Kepala

Manfaat lain dari daun sirih Cina adalah membantu mengobati sakit kepala. Sakit kepala adalah salah satu bentuk masalah kesehatan yang paling umum dan terjadi di masyarakat karena berbagai sebab.

Tentu saja, untuk mengambil keuntungan dari daun sirih Cina, tidak dikonsumsi, tetapi meletakannya pada pelipis mata kanan dan kiri dan daun yang sudah ditumbuk halus.

Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, tenang, daun sirih Cina bisa menjadi solusi. Kandungan zat di dalamnya bisa menghilangkan kotoran dan minyak yang menyebabkan jerawat.

Anda dapat melakukan ini dengan membuat masker dari daun sirih Cina. lalu usap seluruh wajah Anda. Setelah satu jam, basuh wajah Anda dengan air bersih.

Mengobati Sakit Kepala

Selain sakit kepala, manfaat lain menggunakan daun sirih Cina sebagai salah satu tanaman yang sebenarnya tidak terlalu memperhatikan dan lebih bersifat parasit adalah pengobatan sakit perut.

Untuk mencapai manfaat ini, daun sirih Cina, yang telah dibersihkan dan diperas untuk membuat jus daun sirih Cina, dicincang halus. Manfaat rebusan daun sirih dapat digunakan untuk mengobati masalah perut.

Mengobati Rematik

Anda dapat mengobati rematik dengan mengonsumsi jus daun sirih Cina. Cara: Siapkan daun sirih Cina dengan beberapa genggam tangan orang dewasa dan kemudian rebus dengan 2 (dua) gelas air. Biarkan sirih Cina masak selama 15-20 menit. Kemudian minumlah saat tidak panas.

Mengobati Bisul

Bisul adalah bentuk masalah kesehatan yang terjadi pada permukaan kulit. bisul dapat menyebabkan peradangan di daerah di mana masalah kesehatan ini terjadi. Untuk mengatasi kondisi bisul, tumbuk halus daun sirih Cina, lalu rebus hingga air rebusan setengahnya, dan kemudian konsumsi dua kali sehari dengan jumlah yang sama.

Mengobati Luka Bakar

Jika Anda memiliki masalah luka bakar, jangan khawatir akan didingankan dengan duan Sirih Cina. Senyawa antiseptik Daun sirih cina dapat menyembuhkan dan mempercepat regenerasi kulit kita.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah bentuk penyakit yang dapat terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh yang melebihi kadar asam urat normal.

Daun sirih Cina dapat membantu menjaga kadar asam urat agar tidak menjadi terlalu tinggi dengan mengkonsumsi ramuan daun sirih cina.

Sebagai obat alami untuk penyakit dengan kadar asam urat tinggi, daun sirih Cina lebih aman dan bebas dari efek samping dibandingkan dengan obat lain.

Anti Bakteri

Manfaat lain dari daun sirih Cina adalah sebagai antibakteri. Ekstrak metanol Mentan dalam daun sirih Cina memiliki spektrum luas sifat antimikroba, sehingga infeksi beberapa jenis bakteri dapat dicegah.

Spesies bakteri yang dapat dicegah oleh daun sirih Cina termasuk Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus.

Anti Jamur

Daun sirih Cina tidak hanya memiliki efek antibakteri, tetapi juga memiliki efek penghambatan jamur karena kandungan kloroformnya. Efeknya didapat dari ekstrak kering daun sirih Cina.

Selain sifat antibakteri dan antijamur, kandungan yang terkandung dalam daun sirih Cina juga memiliki keunggulan sebagai antiprotozoa.

Manfaat Lainnya

Selain beberapa manfaat positif yang disebutkan di atas, daun sirih Cina juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari daun sirih Cina untuk kesehatan, seperti mengatasi kondisi tubuh yang pegal, mengobati gangguan saluran kemih, mengatasi memar, menghilangkan rasa sakit spasmodik, mencegah penyakit ginjal yang berbahaya, mengobati diare, dan masalah pencernaan lainnya. dan membantu mengatasi kondisi flu yang sering diderita orang.

Demikianlah pembahasan tentang daun sirih cina semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya