14 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Posted on

Daun Suji – Bagi Anda yang sering memasak, daun ini tentu sudah anda kenal. Daun suji biasa digunakan sebagai pewarna makanan alami yang disebut daun suji. Jika diperhatikan, bentuk daun suji sangat mirip dengan daun pandan, tetapi tentu saja, kedua daun ini memiliki perbedaan.

Daun pandan biasanya digunakan untuk mendapatkan warna dan juga aromanya. Sedangkan untuk daun suji, hanya digunakan warnanya karena tidak memiliki aroma yang kuat seperti daun pandan.

Daun-Suji
Daun Suji

Selain digunakan sebagai pewarna, daun suji memiliki manfaat lainnya. Apakah Anda ingin tahu tentang manfaat daun suji? Segera simak penjelasan di bawah ini!

Manfaat Daun Suji

Obat Disentri

Daun suji mengandung saponin yang sangat berguna untuk pengobatan disentri. Dengan meraciknya menjadi ramuan, pnyakit disentri dapat disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi daun suji.

Obat Beri-beri

Kandungan saponin dalam daun suji juga sangat berguna untuk pengobatan beri-beri. Cara meracik atau meramunyanya sama dengan meramu untuk obat disentri.

Obat Kencing Nanah

Salah satu kelebihan daun Suji adalah kandungan saponin. Zat saponin ini juga sangat efektif sebagai antiseptik, seperti juga ditemukan pada daun pandan dan lengkuas.

Karena itu, daun Suji juga bisa mengatasi kencing bernanah. Tentunya kencing bernanah ini adalah penyakit yang sangat menyakitkan. Karena setiap kali buang air kecil, urin yang keluar akan diikuti nanah. Nah, sifat antiseptik daun suji dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab kencing bernanah.

Obat Batuk Berdarah

Daun suji mengandung zat alkaloid yang berguna untuk meredakan infeksi tenggorokan. Infeksi yang terjadi di tenggorokan dapat menyebabkan batuk darah pada seseorang.

Sebagai Penangkal Racun

Kemanjuran dari kandungan alkaloid dalam daun Suji juga bertindak sangat banyak sebagai antiseptik. Jika seseorang keracunan oleh makanan atau minuman biasanya akan mengalami muntah-muntah. Hal ni karena orang yang keracunan, di dalam tubuh mereka ada banyak bakteri dan zat yang ditolak oleh tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang banyak diderita masyarakat di Indonesia. Karena itu, sayangi diri kita dengan selalu tetap sehat. Salah satunya adalah pengaturan pola makan dan gaya hidup kita.

Tetapi jika Anda memiliki kolesterol, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang sangat sederhana dan alami. Yaitu dengan daun Suji. Zat saponin daun suji dapat mengikat kolesterol dalam darah, sehingga kolesterol secara bertahap menurun.

Mencegah Radikal Bebas

Daun suji juga berguna untuk mengusir radikal bebas. Seperti kita ketahui, radikal bebas dapat merangsang pertumbuhan kanker. Zat flavonoid yang terkandung dalam daun Suji dapat menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Melancarkan Pencernaan

Daun suji mengandung tanin, yang sangat berguna untuk memperlancar pergerakan makanan di usus. Jika pencernaan lancar, kita dapat menghindari sembelit.

Mengobati Sakit Perut

Zat flavonoid dan tanin dalam daun suji juga mengobati sakit perut. Ini karena zat ini bersifat antiseptik atau antibakteri, sehingga sakit perut akan hilang dan BAB menjadi lancar. Cara mengkonsumsinya pun sama, dengan meminum air rebusan daun suji.

Mengobati Sakit Gigi

Daun suji tidak hanya bisa mengobati sakit perut, tetapi juga sakit gigi dengan mengonsumsi air rebusan daun suji. Hal ini disebabkan oleh adanya tanin dan flavonoid, yang bertindak sebagai antiseptik dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Mengobati Gusi Berdarah

Kita mungkin sering mengalami masalah gusi yang berdarah. Gusi berdarah disebabkan oleh infeksi bakteri di gusi. Untuk mengatasinya, cukup berkumur dengan air rebusan daun suji yang masih hangat.

Mencegah Kerusakan Sel

Kehadiran radikal bebas di lingkungan kita merusak sel-sel dalam tubuh. Tapi jangan khawatir, karena kerusakan sel ini bisa diatasi dengan manfaat daun suji. Kandungan polifenol dan flavonoid daun Suji dapat menangkis radikal bebas. Caranya sama, yaitu mengkonsumsi air rebusan daun suji secara teratur.

Baik untuk Kulit

Radikal bebas di lingkungan kita juga dapat merusak kulit, membuat kulit kusam dan rentan terhadap penuaan.

Kerusakan kulit bisa diatasi dengan mengonsumsi rebusan daun suji. Dengan kandungan polifenol dalam daun suji kerusakan kulit dapat dengan mudah dicegah dan diatasi.

Mencegah Kanker

Daun sugi juga dapat mencegah timbulnya kanker karena kandungan flavonoid dalam daun suji yang dapat menangkal radikal bebas, radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit berbahaya seperti kanker.

Demikianlah pembahasan tentang daun suji semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: