16 Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan

Posted on

Daun Waru – Daun waru tidak hanya menonjol sebagai tanaman yang bertindak sebagai peneduh yang biasanya berdiri di pinggir jalan. Namun, daun waru ini memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Dan sekarang banyak menggunakannya sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan tidak lain karena kandunga yang ada di daun Waru. Dari khasiat daun ini diketahui dapat menyembuhkan penyakit pernapasan seperti sesak napas, batuk dan TBC. Dan berikut adalah beberapa kandungan yang ada dalam daun waru ini.

Daun-Waru
Daun Waru

Manfaat Daun Waru

Mengobati TBC

Penyakit ini biasanya berhubungan dengan perdarahan pada batuk dan nyeri di daerah paru-paru. Kandungan dalam daun waru ini mencegah keluarnya darah secara terus menerus dan juga memperlancar sistem pernapasan.

Mengobati Sesak Napas

Selain penyakit seperti TBC bisa disembuhkan dengan air rebusan dari daun waru. Kemudian rasa sakit yang disebabkan oleh sesak napas atau rasa sakit di paru-paru dapat disembuhkan. Konsumsilah air rebusan daun waru setidaknya sekali sehari.

Mengobati Batuk

Mulai dengan batuk kering hingga batuk berdahak dapat disembuhkan air rebusan. Dan khasiatnya akan membantu mengeluarkan Dahak atau lendir di tenggorokan dan yang ada di paru-paru.

Mengobati Tonsilitis atau Radang Amandel

Dengan meminum air rebusan dari daun waru dapat mencegah peradangan yang terjadi di Amndel. Dan daun waru ini juga mengobati radang amandel karena kandungan daunnya sebenarnya membantu menyembuhkan penyakit.

Mengobati Demam

Kurangnya sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan peningkatan panas tubuh dan demam. Anda dapat mengurangi demam dengan hanya minum air rebusan dari daun waru. Setidaknya sekali sehari di malam hari atau menjelang tidur.

Menyembuhkan Radang Usus

Peradangan yang terjadi di usus dapat disebabkan oleh bakteri atau kebiasaan makan yang tidak sehat. Dan bisa juga karena asupan makanan dalam makanan sangat rendah. Anda bisa menggunakan daun atau kuncupnya untuk mengobati peradangan yang terjadi di usus. Satu-satunya pilihan adalah minum air rebusannya secara teratur.

Mengobati BAB yang Berdarah

Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan perdarahan saat buang air besar adalah infeksi usus. Jadi jika Anda telah merawat usus dengan air rebusan dari daun waru, Hal ini mengurangi pendarahan yang terjadi selama buang air besar.

Mengobati Muntah Darah

Keluarnya darah selama muntah disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kelainan pada paru-paru atau sakit dibagian paru-paru, dan mungkin juga karena infeksi pada lambung. Anda bisa mengatasinya dengan minum air rebusan dari daun waru secara teratur, setidaknya sekali sehari.

Mengobati Wasir

Tidak hanya di bagian usus saja yang bisa disembuhkan dengan air rebusan daun waru. Dengan daun wasir ini penyakit seperti wasir atau pembengkakan pencernaan bisa disembuhkan. Konsumsi secara teratur untuk mencegah pembengkakan.

Menghentikan Pendarahan

Tidak hanya menghentikan pendarahan dari tubuh, misalnya di paru-paru, lambung, usus. Namun khasiat daun waru juga menghentikan pendarahan pada luka luar, misalnya karena goresan atau tabrakan yang menyebabkan perdarahan.

Untuk mengobatinya, cukup hancurkan daun waru sampai lunak, lalu tempelkan pada luka yang berdarah. Anda dapat menggantinya sekali atau dua kali sehari dan kemudian ikat atau tutup dengan perban.

Mengobati Sakit Mata

Sakit pada mata yang bisa Anda sembuhkan dengan daun waru adalah pembengkakan atau radang diseputaran mata. Anda dapat mengkonsumsi daun rebusan atau menghancurkan daun waru sampai melunak, kemudian menempelkannya ke area mata bengkak Anda.

Melancarkan Menstruasi

Terkadang menstruasi terasa menyakitkan dan cairannya tidak lancar dan bisa disertai dengan nyeri pada payudara dan sakit perut. Anda dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi dan bahkan melancarkan menstruasi Anda tanpa rasa sakit. Cukup minum air rebusan untuk daun waru sebelum atau selama haid.

Mengobati Bisul

Tidak hanya mengobati luka baru yang berhubungan dengan perdarahan, tetapi manfaat daun waru juga dapat menyembuhkan luka lama seperti bisul atau borok. Untuk menggunakannya, cukup hancurkan daun Waru sampai lunak, lalu letakkan di bisul atau borok. Kemudian Anda menutupi diri Anda dengan perban.

Mengobati Rambut Rontok

Ada beberapa cara menggunakan daun waru untuk mencegah kerontokan rambut. Anda bisa minum air rebusannya dan menggunakan air rebusannya sebagai tonik, atau membuat masker rambut.

Saat menggunakannya sebagai masker, hancurkan daun untuk melembutkannya dan campur dengan sedikit air. Lalu gosok rambut dan kulit kepala. Dan pijatan lembut di kulit kepala. Lakukan ini setidaknya tiga kali seminggu, atau Anda bisa melakukannya sebelum keramas.

Menyuburkan Rambut

Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak kecil ekstrak daun waru dapat diberikan untuk menutrisi rambut. Anda dapat menggunakannya sebagai masker rambut yang sebelumnya telah dilembutkan dan dioleskan pada rambut dan kulit kepala Anda.

Anda juga bisa mengambil air rebusan dari daun waru dan membiarkannya dingin lalu menggunakannya sebagai lotion rambut yang bisa Anda gunakan kapan saja misalnya setelah keramas atau sebelum keramas.

Mengobati Tuberkolosis

Daun waru atau nama latin Hibiscus tilisceus Linn juga efektif dalam pengobatan tuberkulosis atau tuberkulosis paru-paru. Caranya adalah dengan mencuci daun waru dan kemudian memotong dan memasak dalam panci sampai air tetap berada di bagian panci. Minumlah air rebusan daun waru ini tiga kali sehari untuk mengobati tuberkulosis atau tuberkolosis paru-paru.

Demikianlah pembahasan tentang daun waru semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: