Klasifikasi Daun Pucuk Merah dan Morfologi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Posted on

Klasifikasi Daun Pucuk Merah – Tanaman pucuk merah merupakan tanaman hias, karena pucuk atau daun muda menjadi berwarna merah saat tumbuh dan ketika sudah tua menjadi berwarna hijau.

Tanaman yang memiliki nama latin syzygium oleana sering ditanam di sepanjang jalan, pekarangan atau di halaman rumah. Daun pucuk merah bisa diperbanyak dengan dua cara, menggunakan metode vegetatif dan generatif.

Tanaman pucuk merah memang cocok untuk ditanam di pinggir jalan karena memang dapat berperan untuk menyerap polusi. Dan juga tanaman ini cukup mudah tumbuh diindonesia yang beriklim tropis.

Klasifikasi-Pucuk-Merah
Klasifikasi Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah memiliki klasifikasi tergolong dalam keluarga myrtaceae yakni tumbuhan yang memiliki ukuran besar.

Klasifikasi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Klasifikasi Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Sub kingdom : Viridiplantae
Kingdom : Plantae
Infra kingdom : Streptophyta
Divisi : Tracheophyta
Super divisi : Embryophyta
Sub divisi : Spermatophytina
Super ordo : Rosanae
Kelas : Magnoliopsida
Ordo Famili : Myrtaceae
Ordo : Myrtales
Spesies : Syzygium oleana
Genus : Syzygium p. Br. Ex gaertn.

Morfologi Pucuk Merah

Morfologi pucuk merah terdiri dari biji dan buah, akar, daun, batang dan bunga . Deskripsi morfologi pucuk merah yaitu sebagai berikut.

Morfologi Akar Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah memiliki morfologi akar yang terdiri dari akar merambat dan akar tunggang dengan pertumbuhan yang terus membesar. Akarnya berbentuk bulat serta berwarna coklat. Pada akar tanaman ini dapat memberikan pengaruh yang besar sehingga dapat menopang pucuk merah.

Morfologi Batang Pucuk Merah

Pada batang pucung merah mempunyai bentuk bulat, berisi kambium didalamnya dan berkayu. Ketinggian batang tanaman pucuk merah bisa mencapai 6 meter kalau tumbuh di tempat yang subur serta kaya nutrisi.

Morfologi Daun Pucuk Merah

Bentuk daun tanaman pucuk merah memiliki bentuk oval dengan ujung di atas daun, karena struktur daun tanaman pucuk merah memiliki tulang daun sampai dengan pertumbuhan di setiap cabang. Warna pucuk merah cukup unik sebab ketika daun muda mereka berubah merah dan seiring waktu daun berubah hijau. Kedua warna bersama-sama membuat tanaman ini mempunyai warna yang bagus ketika pandang.

Morfologi Bunga pucuk merah

pada bunga dari tanaman pucuk merah disusun bunga yang berbeda di putik. Pada saat bunga telah mekar, bunga pada tanaman pucuk merah muncul sebagai putik putih dengan batang yang lebih pendek dibandingkan dengan benang sari bunga. Posisi putik sempurna di tengah, dan tangkai sari yang berwarna putih lebih panjang daripada putiknya dan mempunyai jumlah yang cukup banyak.

Morfologi Biji atau BuahPucuk Merah

Tanaman pucuk merah mempunyai buah bulat dan agak pipih. Pada belahan tengah puncak buah adalah cekungan. Ukuran buah tanaman pucuk merah berukuran sekitar 0,8 cm. Sebab warna buah ini hitam mengkilap di usia tua. Pucuk merah disebut sebagai tanaman hias, karena daun muda atau pucuk menjadi merah ketika tumbuh, sedangkan daun yang sudah tua berwarna hijau.

Demikianlah pembahasan tentang Klasifikasi Daun Pucuk Merah dan Morfologi Pucuk Merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: