12 Manfaat Kulit Jeruk Purut Bagi Kesehatan

Posted on

Kulit Jeruk Purut – Jeruk adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Selain itu, kandungan serat dan gizi dalam bauh jeruk sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ada banyak jenis jeruk yang kita kenal, seperti Jeruk Sunkist, Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis. Dari berbagai jenis jeruk yang telah disebutkan, yang paling khas adalah Jeruk purut. Karena kulit jeruk purut memiliki tekstur kulit yang bergelombang.

Kulit-Jeruk-Purut
Kulit Jeruk Purut

Manfaat jeruk purut sangat banyak, selain dari buahnya, kulit buah dan daun. Daunnya sendiri sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan untuk menambah aroma yang harum.

Namun, untuk penggunaan kulit jeruk purut masih tergolong sedikit orang yang ingin menggunakannya, karena kulit jeruk purut memiliki rasa yang pahit.

Manfaat Kulit Jeruk Purut

Kaya Akan Kandungan Sitrat

Manfaat kulit jeruk purut tidak terlepas dari kandungannya. Salah satu bahan tersebut adalah sitrat, yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Metode ini biasanya lebih aman daripada penggunaan bahan kimia. Selain itu, Aroma jeruk purut juga cukup lezat jika dicampurkan dalam makanan olahan.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat lain dari kulit jeruk purut adalah dapat menghilangkan jerawat. Kandungan di dalamnya mampu membersihkan minyak dan kontaminan yang menyumbat pori-pori. Tidak hanya itu, antioksidan yang hadir dalam jenis kulit jeruk purut ini juga mampu mengobati radang yang timbul akibat jerawat.

Menambah Cirarasa Makanan

Jika Anda pecinta masakan pedas, Sambal jeruk tentu bukan hal asing lagi bagi anda. Sambal ini menggunakan kulit jeruk purut untuk menambah rasa. Tidak hanya itu, kandungannya juga dapat mencegah perut terasa panas ketika mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas.

Menenangkan Pikiran

Terkadang tuntutan pekerjaan membuat tubuh lelah dan pikiran menjadi kacau. Untuk menyegarkan tubuh, cobalah rileks sambil menikmati teh jeruk purut. Cukup campur irisan kulit jeruk purut ke dalam teh yang Anda konsumsi. Aroma yang dihasilkan dikombinasikan dengan efek menenangkan dari kafein, membuat pikiran lebih rileks sesudah meminumnya.

Menyembuhkan Influenza

Influenza, atau lebih dikenal dengan flu, memang sangat mengganggu. Untuk menghilangkan rasa sakit selama penyembuhan, Anda bisa menggunakan khasiat kulit jeruk purut. Caranya sangat sederhana, buah jeruk purut sekaligus kulitnya dibagi menjadi empat bagian. Lalu campur air hangat dengan madu, lalu tambahkan potongan buah. Tunggu beberapa menit dan kemudian minum untuk membuat tubuh bugar dan segar kembali. Sekarang Anda tidak perlu bingung ketika sedang flu.

Meredakan Batuk

Batuk bukanlah penyakit berbahaya. Namun, batuk dapat mengganggu aktivitas jika tidak segera diobati. Metode yang efektif untuk mengobati penyakit yang umumnya terkait dengan flu ini adalah penggunaan kulit jeruk purut. Cara menggunakannya kulit jeruk purut sama dengan mengolah untuk obat flu.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kulit jeruk purut dapat digunakan sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C. Sistem kekebalan tubuh perlu kuat agar dapat melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas padat dapat menghilangkan energi, sehingga perlu segera diatasi dengan banyak vitamin. Selain jeruk purut, manfaat kulit buah lainnya seperti lemon dan jeruk nipis dapat menawarkan manfaat yang sama.

Mencegah Ketombe

Kerontokan rambut tentu sangat menyebalkan. Untuk mencegah ketombe merusak penampilan Anda, Anda bisa menggosok kulit kepala dengan kulit jeruk purut. Lakukan secara teratur dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Mencegah Kerontokan Rambut

Efek ketombe biasanya membuat rambut kering dan rontok. Namun, ini bukan masalahnya jika Anda menggunakan kulit jeruk puurt. Mengoleskan kulit jeruk jenis ini pada kulit kepala tidak hanya mengurangi ketombe, tetapi juga melembabkan dan menguatkan akar rambut.

Mengatasi Kulit Kering

Bahkan, kulit kering terkadang membuat kita kurang percaya diri. Jenis masalah ini akan meningkat jika Anda tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Agar kulit tetap lembab dan bebas ketombe meski dalam cuaca panas, Anda bisa menggunakan kulit jeruk purut sebagai solusinya. Oleskan kulit jeruk purut secara teratur ke area kulit kering. Beberapa hari kemudian kulit menjadi lembab dan halus. Metode ini tidak hanya sederhana, tetapi juga sangat hemat biaya, tanpa harus menguras isi tas Anda.

Lulur Tubuh

Kulit jeruk purut tidak hanya cocok untuk kulit kering, tetapi juga bisa digunakan sebagai lulur. Caranya dicampur dengan daun kemuning dan temu giring. Kemudian semuanya dihaluskan dan dicampur dengan beras yang direndam air. Gunakan sebagai scrub tubuh untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Oleskan hanya sebulan sekali, jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk purut dapat digunakan sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh. Stamina yang lemah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah melakukan aktivitas siang hari yang bisa mengkonsumsi energi. Itu sebabnya kita perlu mengembalikan sistem kekebalan agar tetap segar.

Demikianlah pembahasan tentang kulit jeruk purut semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: