12 Manfaat Buah Bintaro untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah Bintaro memiliki bentuk bulat dan berkilau. Bentuknya memang cantik dan menarik, tetapi buah ini bisa beracun jika tertelan. Racun serberin dalam buah Bintaro dapat menghambat ion kalsium di otot jantung.

Hal ini dapat menyebabkan detak jantung yang terganggu dan bahkan risiko kematian. Disamping sifat racun dari buah ini ternyata anda juga bisa mendapatkan manfaat dari buah bintaro sebagai berikut:

Manfaat-Buah-Bintaro
Manfaat Buah Bintaro

Manfaat Buah Bintaro

Mengusir Tikus dari Rumah

Kehadiran tikus di rumah bisa menjadi masalah besar. Tikus dapat merusak kabel penting dan membuat kebisingan bahkan di malam hari. Tikus juga menjadi pencuri kecil nakal. tikus bisa menggigit sayuran, tanaman, dan berbagai barang di rumah, sehingga anda harus mengusir tikus keluar rumah segera untuk mencegah efek besar. Anda dapat menggunakan buah Bintaro untuk mengusir tikus keluar rumah.

Racun Tikus

Kehadiran tikus bisa menjadi bahaya kesehatan. Hewan ini juga sangat mengganggu di rumah. Anda bisa lho meracuni tikus dengan cara alami dengan memanfaatkan buah bintaro. Anda bahkan tidak perlu repot melakukan banyak hal. Anda hanya perlu menempatkan buah Bintaro di sarang tikus atau di daerah yang sering dilewati tikus. Racun serberin dalam buah bintaro merusak sel-sel saraf di otak tikus.

Bahan Bakar Alternatif

Ternyata buah Bintaro digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Buah ini mengandung minyak yang sangat tinggi. Kandungan minyak dalam buah-bintaro adalah 30 hingga 50 persen. Kandungan minyaknya bahkan lebih tinggi dari minyak yang terkandung dalam buah jarak dan minyak sawit. Kandungan minyak tersebut yang menjadi bahan bakar alternatif.

Menjaga Pertanian Bawang Merah

Bawang merah menjadi salah satu rempah di Indonesia. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bumbu yang satu ini. budidaya bawang ternyata tidak mudah. Petani seringkali harus khawatir tentang kedatangan hama. Ulat bawang juga dikenal sebagai spodoptera adalah salah satu hama yang sering meresahkan petani. Menurut sebuah penyelidikan, buah bintaro tampaknya dapat digunakan untuk mengatasi ulat bawang ini.

Racun Ulat Grayak

Buah bintaro dapat digunakan untuk meracuni ulat grayak. Sebuah penelitian tentang buah bintaro 2008 yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Pertanian menemukan bahwa buah bintaro dapat mengatasi ulat grayak. Penelitian ini dilakukan dengan memberi makan ulat grayak dalam larutan buah Bintaro. Dalam waktu 24 jam sebanyak 30% populasi ulat grayak mati. Tingkat kematian meningkat antara 90% dan 95% setelah 60 hingga 72 jam perawatan.

Biopestisida

Buah Bintaro kemudian dapat digunakan sebagai biopestisida. Pestisida kimia tentu memiliki beberapa efek negatif. Pestisida alami adalah salah satu solusi untuk menghindari efek negatif dari pestisida kimia. Biopestisida dari buah bintaro sangat mudah diproduksi, hanya dengan mengekstraksi air dan etanol. 1 kg daun Bintaro direndam dalam larutan etanol selama dua hari dan kemudian disaring. Larutan ini kemudian dicampur dengan air dan dapat digunakan sebagai biopestisida.

Racun Anak Panah

Buah bintaro memiliki kandungan racun yang tinggi. Kandungan ini digunakan oleh banyak suku di seluruh dunia sebagai racun panah. Suku Dayak dan Banjar dikenal menggunakan racun buah bintaro untuk berburu. Mereka menggunakan racun untuk membunuh mangsa. Sangat mudah digunakan dengan hanya mengoleskan atau merendam panah dengan cairan buah bintaro.

Bahan Baku Lilin

Lilin menjadi benda yang tidak asing bukan. Kita biasanya menggunakan lilin ulang tahun, untuk menyalakan cahaya ketika lampu padam, beberapa lilin bahkan dilengkapi dengan aromaterapi. Biji buah Bintaro diketahui mengandung banyak minyak. Tingginya produksi minyak dalam buah ini menghasilkan buah Bintaro yang digunakan dalam pembuatan lilin.

Bahan Deodoran

Anda pasti sudah akrab dengan deodoran. Benda kecil ini dapat membantu kita menghindari bau badan, terutama pada bagian ketiak. Bahan deodoran menghalangi saluran keringat di ketiak. Ternyata buah bintaro bisa menjadi salah satu bahan dalam deodoran. Buah bintaro dapat mengurangi bau ketiak dan menjaga bau badan tetap terjaga.

Obat Luka

Buah bintaro mengandung racun cerbera. Tetapi, ternyata buah ini digunakan untuk mengobati luka. Suku Muna di Sulawesi Tenggara sering menggunakan buah bintaro. Mereka menggunakan Cerbera Odollam dalam buah bintaro. Racun cerbera ini digunakan untuk obat-obatan yang dapat menyembuhkan berbagai jenis luka. Anda sebaiknya tidak mencoba buah ini untuk mengatasi luka sebelum bertanya pada ahlinya.

Bahan Papan Partikel

Buah ini bisa digunakan dalam bidang industri. Buah bintaro mengandung serat cukup tinggi. Serat buah digunakan sebagai bahan baku lignoselulosa non-kayu. Serat buah bintaro mengandung 28,30% lignin, ekstrak 7,55%, 65,47% holoselulosa dan 56,76% α-selulosa. Kandungan lignoselulosa dalam serat buah bintaro dapat digunakan sebagai bahan pembuatan papan partikel

Bahan Tekstil

Buah bintaro memiliki keunggulan lain. Buah ini dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan tekstil. Beberapa bahan dalam buah ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tekstil. Senyawa buah bintaro dapat memberikan warna dan kualitas yang baik. Buah ini sering digunakan oleh perusahaan tekstil dan produsen tekstil untuk menghasilkan tekstil yang baik.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah bintaro semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya