13 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Satu lagi buah-buahan yang mungkin namanya masih cukup asing di telinga, padahal manfaatnya juga tak kalah banyak dan besar seperti buah-buahan lainnya yang lebih populer. Buah itu adalah cermai. Buah hijau ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga dapat memanfaatkan buah cermai untuk menjaga kesehatan dan mengatasi sejumlah penyakit. Lantas, apa saja khasiat buah cermai?

Buah cermai dengan nama latin Phyllanthus Acidos adalah buah yang termasuk dalam kelompok beri. Buah yang berbentuk bulat ini berwarna hijau muda dan memiliki rasa asam. Di masa lalu, cermai biasanya dibuat menjadi buah manisan, tetapi sekarang sulit untuk menemukan buah karena jarang dijual.

Manfaat-Buah-Cermai
Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai

Meningkatkan imunitas

Buah cermai memiliki buah hijau dengan rasa asam ketika dikonsumsi langsung. Rasanya yang asam sehingga buah cermai sering dijadikan manisan yang enak rasanya. Ternyata buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan sehingga tubuh tidak cepat terinfeksi. Nutrisi yang dikandungnya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Makanlah buah cermai secukupnya saja jangan terlalu banyak.

Mengatasi Sembelit

Di dalam buah Cermai ada banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin C-nya cukup tinggi dan kandungan seratnya, sehingga buah cermai dapat melancarkan alat pencernaan. Buah hijau bisa dengan mudah mengatasi buang air besar. Sembelit adalah gangguan pencernaan karena kurangnya makanan kaya serat yang dapat menyebabkan pencernaan yang tidak sehat. Mengkonsumsi buah cermai secukupnya untuk mencegah sembelit.

Membantu Mengatasi Asma

Buah cermai memiliki rasa asam dan kandungan nutrisi segar dalam buah cermai dapat menyehatkan tubuh. Buah yang satu ini memiliki biji yang berguna untuk mengatasi penderita asma. Dalam pengobatan herbal, biji buah cermai dapat digunakan untuk melancarkan pernapasan paru-paru, terutama pada penderita asma. Ambil 10 biji buah Cermai dan rebus dalam satu cangkir dengan 2 gelas air. Tambahkan gula aren secukupnya. Minumlah campuran ini di pagi dan sore hari sampai asma mereda.

Membantu Mencegah Kanker

Buah cermai sangat bermanfaat untuk mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Debu dan asap rokok, serta makanan tidak sehat yang terkandung dalam racun berbahaya. Ketika racun ini menumpuk akan menimbulkan kanker. Mengkonsumsi buah cermai dapat mencegah kanker karena kadar antioksidan dalam buah-buahan ini berguna untuk menghilangkan racun dari tubuh.

Dapat Mengatasi Infeksi

Buah ini sangat baik untuk penderita sariawan karena kandungan vitamin C cukup tinggi untuk buah cermai untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus dalam tubuh. Kekurangan vitamin C dalam tubuh akan cepat menyebabkan infeksi karena vitamin C sebagai sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit. Buah cermai juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman, mikroba dan jamur yang menyerang tubuh Anda. Mengkonsumsi buah cermai dapat dimakan langsung atau dibuat manisan, bagi yang mempunyai penyakit maag jangan makan terlalu banyak.

Memperlancar Air Seni

Ternyata buah cermai memiliki manfaat yang dapat melancarkan urin karena buah ini dapat bertindak sebagai elemen diuretik yang dapat mendorong tubuh untuk menyerap banyak cairan untuk menghasilkan lebih banyak seni. endapan di ginjal bisa menjadi lancar karena fungsi urin dan ginjal. Mengkonsumsi buah cermai ini untuk menghasilkan banyak urin harus dikonsumsi langsung jika buahnya terlalu asam. Anda bisa menggunakan sedikit gula.

Mencegah Serangan Jantung

Sungguh menakjubkan bahwa buah ternyata mampu mencegah serangan jantung juga karena tinggi protein sehingga dapat memperkuat otot-otot di jantung. Aliran darah ke jantung juga lancar. Kandungan kromium dan vitamin C yang tinggi dalam buah cermai sangat baik untuk menghancurkan lemak jahat. Perannya sangat baik dalam mencegah kolesterol muncul dalam darah, mencegah aterosklerosis dan masalah kesehatan jantung. Konsumsilah buah cermai secara langsung atau dengan memasak ditambah sedikit gula.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Buah cermai mengandung chromium yang berguna untuk gula darah dalam tubuh. Chromium berperan dalam penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Chromium adalah sejenis mineral yang dapat menyerap glukosa dalam darah. Buah Cermai adalah suplemen makanan untuk penderita diabetes yang sudah dikenal sebagai obat herbal di India. Makanlah buah cermai secara langsung dari buahnya bukan olahannya.

Membantu Mencerna Protein Dengan Baik

Ternyata buah cermai memiliki kinerja enzim yang cukup baik sehingga dapat meningkatkan kerja pencernaan, terutama dalam mendukung kerja protein. Protein yang telah diproses dengan baik dapat diserap oleh hati dan menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein dalam buah cermai juga sangat penting sebagai proses regenerasi sel yang baik untuk kinerja otak Dan dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Membantu Menyerap Kalsium

Manfaat lain dari buah cermai adalah memaksimalkan penyerapan kalsium tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi yang disertai dengan sejumlah enzim yang berperan dalam penyerapan kalsium. Ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat dalam cermai, buah ini diam-diam juga baik untuk kesehatan tulang.

Menjaga Berat Badan Tubuh

Buah cermai terkandung dalam buah dengan kandungan kalori rendah yaitu hanya sekitar 44 kalori per 100 gram. Selain itu, buah ini kaya serat, sehingga cocok untuk Anda yang saat ini sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Serat menghasilkan efek penuh yang lebih panjang. Dengan cara ini, Anda tidak akan mudah lapar sehingga berat badan Anda akan terjaga.

Tingkatkan kesuburan

Ternyata, buah cermai terutama bagi Anda sebagai pria, memiliki keuntungan untuk meningkatkan kesuburan Anda. Diprediksi bahwa kandungan nutrisi dan vitamin buah cermai akan meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma baik dari segi pergerakan sperma (motilitas) dan jumlah sperma yang sehat dan sebagainya. Jadi, bagi Anda yang kini berencana memiliki anak, rajin mengonsumsi buah cermai untuk mempercepat timbulnya kehamilan.

Menjaga Kesehatan Rambut

Orang India sudah lama percaya bahwa buah cermai adalah tonik rambut alami yang efektif menjaga kesehatan rambut. Buah cermai sering diolah menjadi minyak rambut dan digunakan untuk merawat rambut bahkan untuk mengatasi sejumlah masalah rambut seperti rambut rontok, dll. Kandungan buah Cermai dikatakan untuk meningkatkan sirkulasi darah di rambut sehingga penyerapan nutrisi dan oksigen untuk rambut selalu terjamin.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah cermai semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya