Manfaat Buah Coklat

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah dengan nama Latin theobroma cacao? Mungkin hanya beberapa orang yang tahu nama ilmiahnya. Bagaimana dengan buah coklat? Buah ini adalah bahan utama pembuatan coklat. Jika Anda seorang pecinta cokelat, ada baiknya jika anda mengetahui asal coklat, kandungan didalamnya dan apa manfaatnya.

Buahnya tumbuh langsung dari batangnya, berasal dari bunga putih kemerahan yang menghasilkan buah lonjong seperti bola ruby. Memiliki tekstur kulit mengkilap dan bergaris. Berbeda dengan nama cokelat, buah ini tidak seluruhnya berwarna cokelat. Namun, ini bervariasi tergantung pada fase pematangan.

Manfaat-Buah-Coklat
Manfaat Buah Coklat

Biasanya buah coklat yang siap panen adalah buah berwarna kuning. Isinya juga disebut biji kakao, yang tidak berwarna coklat tetapi putih lembut. Kemudian, setelah dikeringkan dan dijemur, warnanya berubah cokelat. Buah cokelat memiliki banyak manfaat untuk Anda.

Manfaat Buah Coklat

Menurunkan Kolesterol

Buah coklat mengandung senyawa flavonoid dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini mampu melawan lemak jahat yang menyebabkan kolesterol yaitu LDL. Ini bisa mengurangi kadar kolesterol kita. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya konsumsi cokelat dengan makanan sehat lainnya untuk hasil yang maksimal. Dan yang paling penting adalah memperhatikan asupan makanan, karena kolesterol memiliki dampak besar pada makanan yang kita konsumsi.

Memperbaiki Suasana Hati

Buah coklat mengandung kafein alami, methylxanthine, theobromine dan phenylethylalanine. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam hal meningkatkan kondisi pikiran dan sifat menenangkan untuk meningkatkan suasana hati. Kondisi suasana hati yang buruk dapat diatasi dengan mengonsumsi produk cokelat olahan, terutama produk dengan kandungan cokelat murni yang tinggi.

Anti Aging

Penuaan atau sering disebut dengan aging yang sering dialami oleh wanita. Inilah yang sering membingungkan wanita dan sangat banyak laporan bahwa mereka mencari terapi atau menggunakan bahan kimia untuk mengurangi penuaan. Padahal, penuaan bisa dicegah dengan mengonsumsi cokelat atau kakao. hal ini karena cokelat mengandung minyak esensial yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, Anda dapat mengonsumsi buah coklat untuk menguranginya. Cokelat memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh manusia. Selain itu, Anda harus terbiasa dengan gaya hidup sehat untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Dan sebisa mungkin tangani emosi dan hindari stress dengan baik.

Penangkal radikal bebas

Kandungan penting cokelat adalah flavonoid dan antioksidan. Kandungan kedua zat ini memiliki fungsi utama yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas yang tidak dapat dilawan dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit dan melemahkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh Anda. Karena itu, konsumsi cokelat sangat baik bagi anda yang ingin bebas dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penambah Stamina

Jika Anda merasa lelah setelah bekerja, disarankan untuk makan cokelat. Karena cokelat dipercaya memiliki khasiat mengembalikan stamina dengan cepat. Selain itu makan cokelat juga dapat menurunkan stress.

Menutrisi dan Mencerahkan Wajah

Buah coklat tidak hanya cocok untuk dikonsumsi, tetapi juga untuk facial. Anda bisa menggunakan masker cokelat untuk mendapatkan wajah yang lembab, bercahaya serta sehat. Anda juga bisa mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya seperti madu dan susu murni. Anda juga bisa menggunakan cokelat sebagai scrub pembersih untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Lakukan perawatan rutin sekitar 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Menurunkan Kolesterol Tubuh

Apakah Anda memiliki bakat kolesterol tinggi? Maka cokelat bisa menjadi salah satu menu alternatif Anda. Kandungan flavonoid dalam coklat dapat membantu tubuh Anda menurunkan kadar kolesterol jahat yang juga dikenal sebagai LDL dalam tubuh Anda. Dengan penurunan LDL juga dikenal sebagai kolesterol jahat Anda dapat menghindari kolesterol tinggi.

Obat Batuk

Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata kakao memiliki kandungan theobromine yang baik untuk penderita batuk. Cara kerjanya adalah memengaruhi saraf sensorik dan saraf vagus yang terhubung melalui saluran udara paru-paru. Karena itu baik untuk penderita batuk.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam cokelat terutama cokelat hitam, dikatakan oleh para ahli menjadi 100 kali lebih efektif daripada vitamin C dan 25 kali lebih efektif daripada vitamin E. Antioksidan ini melindungi tubuh dari risiko radikal bebas dan sinar UV yang merupakan berbahaya bagi kulit. Dengan cara ini, peremajaan kulit dipertahankan dan Anda terlindungi dari penuaan dini.

Mencegah Pembekuan Darah

Pada dasarnya, gumpalan darah atau pembekuan darah memainkan peran penting dalam sistem tubuh terutama ketika menghentikan luka. Namun, jika pembekuan darah terjadi di pembuluh darah atau arteri ada risiko aliran darah ke jantung akan tersumbat. Gumpalan darah terjadi ketika darah lebih tebal dan mengalir lebih lambat dari biasanya. Buah coklat efektif untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Ini bisa mengurangi risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung.

Mencegah Gangguan pada Organ Hati

Dengan adanya antioksidan dalam cokelat, kerja hati menjadi lebih mudah karena radikal bebas yang masuk ke tubuh berkurang, dengan kerja hati yang lebih mudah gangguan penyakit yang biasanya menyerang hati, seperti hepatitis, kanker dan liver dapat dicegah.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah coklat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: