10 Manfaat Buah Delima Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal buah delima? Tentunya Anda tahu dengan buah yang satu ini, buah yang memiliki warna merah dan rasa manis pasti akan disukai oleh sebagian orang. Buah dengan nama latin Pica Granatum memiliki jenis dan warna yang lain yaitu putih dan ungu.

Namun pada kesempatan ini kita juga akan melihat manfaat buah yang satu ini. Apa kelebihannya? Mari kita manfaatkan buah delima merah secara detail.

Manfaat-Buah-Delima-Merah
Manfaat Buah Delima Merah

Manfaat Buah Delima Merah

Melindungi Kandungan Gula Darah

Buah delima merah memiliki kandungan fruktosa namun hal tersebut tidak meningkatkan kadar gula darah seperti buah-buahan lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa penderita diabetes yang minum jus delima merah setiap hari selama 2 minggu tidak memiliki tambahan yang signifikan terhadap kadar gula darah.

Memelihara tekanan darah

Buah delima merah juga dikenal bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah delima merah juga mampu mencegah peradangan pada pembuluh darah penderita penyakit jantung, serta melindungi darah dari sistem pembekuan darah dan membentuk gumpalan darah.

Mencegah Kanker

Manfaat buah delima merah dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan menghambat perkembangan sel kanker dan penyakit lainnya. Buah delima merah dapat menstimulasi sel darah putih untuk menetralisir racun dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh karena buah delima kaya akan antioksidan. Konsumsi buah delima merah setiap hari dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat.

Menangani Masalah Pencernaan

Khasiat lain dari buah delima merah adalah dapat menyembuhkan disentri dan diare. Buah delima merah memainkan peran penting dalam sekresi enzim yang sangat membantu pencernaan. Menggabungkan satu sendok teh madu ke dalam segelas jus delima merah dapat mengatasi masalah pencernaan.

Mencegah Anemia

Buah delima merah juga mengandung zat besi yang dapat membantu mengobati kekurangan sel darah merah dalam tubuh sehingga penyakit anemia dapat dihindari.

Menghambat Penuaan Dini

Buah delima merah juga dapat memperlambat sistem penuaan dengan mengubahnya menjadi jus. Hal ini berguna untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada wajah yang disebabkan oleh sinar UV. Buah delima merah juga memiliki keunggulan yang dapat membantu menjaga pergantian beberapa sel kulit dan munculnya bintik-bintik gelap.

Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi buah delima merah juga efektif dalam menekan tekanan darah tinggi. Jus delima merah dapat mengurangi tekanan darah tinggi hingga 5% bila dikonsumsi setiap hari. Hal ini juga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan pada saat yang bersamaan.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Konsumsi buah delima merah secara teratur dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Dan ketika dimakan oleh orang yang terkena penyakit ini, maka akan memperlambat perkembangannya. Hal ini juga akan meningkatkan otak orang yang bersangkutan dan membantu melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih tepat dan aktif.

Membantu Menyembuhkan Luka

Buah delima merah membantu regenerasi sel-sel kulit pada epidermis dan dermis. Konsumsi buah delima merah secara teratur dapat mempercepat penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima merah kaya akan nutrisi ramah kulit yang memperkuat dan meregenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terus- menerus.

Mencerahkan Warna Kulit

Buah delima merah juga bisa efektif untuk mencerahkan warna kulit secara alami. caranya, cukup mencampur 1 sendok teh m pepaya hijau, minyak biji anggur, dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan dioleskan ke wajah. Biarkan selama sekitar satu jam dan cuci dengan air hangat. Oleskan jus delima langsung ke wajah setelah dibersihkan dengan bola kapas.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah delima merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya