12 Manfaat Buah Kolang Kaling untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bentuk dan juga teksturnya yang terlihat unik sering menjadikan kolang-kaling ini sebagai pelengkap es atau kolak. Kolang-kaling semakin mudah ditemukan ketika memasuki bulan Ramadan.

Di balik rasa dan bentuknya ternyata buah yang diperoleh dari sawit memiliki kandungan nutrisi yang sangat positif untuk kesehatan. Mineral seperti protasium, zat besi dan kalsium dapat membuat tubuh begitu segar dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat-Buah-Kolang-Kaling
Manfaat Buah Kolang Kaling

Diketahui bahwa kandungan gelatin dan vitamin A, B dan C memiliki efek yang baik pada tubuh manusia. Kandungan air yang tinggi pada kolang-kaling cukup tinggi yaitu 94% dan memastikan efek menyegarkan. Penelitian Departemen Pertanian menjelaskan beberapa khasiat utama kolang-kaling untuk kesehatan fisik. Berikut adalah manfaat kolang-kaling untuk kesehatan.

Manfaat Buah Kolang Kaling

Baik untuk Diabetes

Khasiat kolang kaling dapat mendorong tubuh Anda untuk memproduksi insulin pada penderita diabetes. Hormon insulin sangat berguna untuk menjaga kadar gula Anda stabil.

Kaya Vitamin dan Nutrisi Lainnya

Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin dan nutrisi pada kolang kaling. Karena kolang kaling adalah paket lengkap untuk kebutuhan harian tubuh akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin K. Kolang kaling juga mengandung mineral, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan zat besi, yang semuanya sangat penting untuk tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling juga cocok untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Karena selain karbohidrat yang dapat diandalkan tubuh sebagai sumber energi, manfaat kolang kaling tampaknya mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga, bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat ketika menjalani program diet.

Menyehatkan jantung

Khasiat kolang kaling juga dapat menyehatkan jantung karena serat yang tinggi dapat membantu membersihkan pembuluh darah kolesterol yang memicu arterioklerosis. Ini karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam kolang kaling adalah kandungan hemoglobin yang berguna untuk memasok berbagai jaringan tubuh dengan oksigen melalui aliran darah. Ketika zat besi ditemukan dalam tubuh, tubuh dapat mencegah anemia.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat kesehatan dari kolang kaling dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena kandungan air dan kandungan seratnya yang tinggi serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengkonsumsi kolang kaling memang menyegarkan karena makanan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Menjaga Metabolisme Tubuh

Kolang kaling ini memiliki kandungan mineral seperti zat besi, zinc, kalium dan kalsium. Hal ini berguna untuk mendukung proses metabolisme dalam sel-sel tubuh. Sehingga tubuh memiliki banyak energi dan membuat tubuh sehat.

Meremajakan Kulit

Selain manfaat kesehatan dari kolang kaling telah terbukti bermanfaat untuk peremajaan kulit karena kolang kaling mengandung kolagen yang cukup. Sangat cocok bagi Anda yang ingin terlihat lebih muda.

Meremajakan kulit

Saat puasa di bulan Ramadhan, pencernaan seringkali tidak berfungsi dengan baik yang mengarah pada masalah pencernaan. Dalam keadaan seperti ini tubuh terasa tidak nyaman saat puasa. Untuk mengatasi masalah ini, kolang kaling jelas menjadi solusi. Karena itu, manfaat kolang kaling dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. hal ini karena kolang kaling mengandung serat yang cukup tinggi untuk mengatasi masalah kesulitan buang air besar.

Menyehatkan tulang

Selama ini Anda mungkin hanya tahu bahwa Anda hanya perlu minum susu setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Susu bukan satu-satunya manfaat bagi kesehatan tulang. Khasiat kolang kaling juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini karena kandungan kalsium yang tinggi di dalam Kolang kaling yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Khasiat kolang kaling juga dapat memperkuat tulang, karena kolang kaling merupakan sumber kalsium. Kalsium dapat memperkuat tulang, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

Sumber Energi

Buah ini juga diketahui mengandung karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh. Tak heran jika Anda makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup akan membuat kenyang. CCocok untuk siapa saja yang menerapkan pola diet sehat.

Obat Sakit Gatal

Getah dari kolang kaling yang belum diproses dapat digunakan dengan sangat efektif sebagai obat untuk gatal. Hal ini merupakan manfaat yang jarang diketahui.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kolang kaling semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya