12 Manfaat Buah Lobak untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah lobak sebagai sumber makanan bergizi tampaknya tidak terlalu populer dibandingkan dengan kubis. Tahukah Anda bahwa sayuran putih seperti wortel ini membawa begitu banyak manfaat kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda?

Seperti sayuran Cruciferae lainnya, lobak mengandung banyak nutrisi dan sangat rendah kalori. Baik daging dan daunnya, sangat enak untuk dimakan. Banyak peneliti percaya bahwa kandungan nutrisi lobak menawarkan manfaat kesehatan yang banyak. Berikut ini adalah sejumlah manfaat kesehatan dari lobak.

Manfaat-Buah-Lobak
Manfaat Buah Lobak

Manfaat Buah Lobak

Melembabkan kulit

Lobak membantu melembabkan kulit Anda karena memiliki kandungan air yang tinggi. Lobak juga mencegah kulit kering dan bersisik dengan melembabkan tubuh Anda setiap saat. Anda dapat mengonsumsi jus lobak setiap hari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Mencegah Penyakit Kulit

Seperti yang telah disebutkan, lobak memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Mereka juga mengandung vitamin C yang membuatnya efektif dalam merawat sejumlah kondisi kulit seperti jerawat dan bekas jerawat. Menerapkan jus lobak yang baru diekstrak ke area yang terkena setiap hari pasti akan membantu.

Memberi Anda Kulit yang Bersih

Lobak memberi Anda kulit bersih. Bagaimana cara kerjanya? Kandungan seratnya yang tinggi membantu menghilangkan semua racun dari kulit dan tubuh Anda, memberi Anda kulit bersih. Siapa yang tidak ingin kulit bersih dan sempurna? Dan bagaimana Anda melakukannya? Cukup konsumsi segelas jus lobak secara teratur atau tambahkan ke makanan Anda.

Bekerja sebagai pembersih alami

Lobak memiliki sifat pembersihan alami – itu berarti Anda dapat menerapkan lobak mentah langsung ke kulit Anda. Meskipun Anda dapat mengkonsumsinya, minum jus lobak, atau menerapkannya sebagai masker wajah dengan bahan-bahan penting lainnya, lobak juga dapat diterapkan pada kulit Anda. Oleskan lobak parut pada kulit Anda untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Memberi Anda Kulit Bercahaya

Tentu saja! Anda hanya perlu membuat masker lobak di rumah dan mengombinasikannya dengan madu, yogurt segar, dan beberapa tetes minyak bergamot untuk mendapatkan kulit lembut dan bercahaya secara instan.

Mengobati bintik-bintik dan noda

Lobak juga dikenal untuk mengobati noda dan bintik-bintik diwajah. Anda cukup menerapkan jus lobak yang baru diekstraksi ke daerah yang terkena selama beberapa menit sehari dan melihat hasil yang luar biasa sendiri.

Menghentikan rambut rontok

Selain banyak manfaat kulit yang ditawarkan, lobak juga dikenal dapat mengobati sejumlah masalah rambut, salah satunya adalah kerontokan rambut. Rambut rontok adalah masalah umum yang diderita banyak orang karena berbagai alasan. Lobak dapat mengobati segalanya. Bahkan, Anda mungkin tidak mengetahui hal ini tetapi jus yang diekstrak dari lobak hitam merangsang pertumbuhan rambut saat dioleskan. Bagaimana cara kerjanya? Ini pada dasarnya bertindak pada akar rambut dengan memperkuat rambut dan dengan demikian meningkatkan pertumbuhan rambut.

Memberi Anda Rambut Berkilau dan Lembut

Penggunaan lobak secara konstan untuk rambut telah terbukti efektif, menghasilkan rambut yang berkilau dan lembut. Jus lobak seharusnya membuat rambut Anda bersinar. Selain itu, zat besi yang berlimpah dalam lobak membantu menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan kelembutan. Anda bisa mengoleskan jus lebak ke rambut Anda, biarkan selama satu jam atau lebih dan mencucinya dengan sampo ringan.

Menghilangkan Ketombe

Lobak membantu menghilangkan ketombe sepenuhnya. Anda dapat melakukan ini dengan mengoleskan jus lobak pada kulit kepala dan rambut Anda dan mencucinya setelah satu jam.

Memperkuat Akar dan Menyehatkan Kulit Kepala

Anda tahu bahwa lobak memiliki kandungan air yang tinggi, bukan? Itu membuat tubuh Anda terhidrasi, membantu memperkuat akar rambut Anda dan memberi nutrisi pada kulit kepala Anda. hal ini juga membantu meningkatkan tekstur dan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan. Makan lobak atau jus selalu memiliki efek positif pada semua masalah kesehatan, kulit, dan rambut Anda.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat lobak lainnya berasal dari kandungan antioksidan dalam lutein. Lobak mengandung banyak lutein yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Faktanya, lutein dikenal untuk mencegah degenerasi makula (suatu kondisi yang menyebabkan penglihatan kabur atau buta) dan katarak. Minumlah setidaknya 6 hingga 12 miligram lobak sehari untuk mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam British Journal of Clinical Pharmacology,makanan bergizi seperti lobak dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi pembuluh darah, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena trombosit dalam darah. Lobak juga mengandung kalium yang dapat melepaskan natrium dari tubuh yang menyebabkan pembuluh darah mengembang dan tekanan darah turun.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah lobak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: