10 Manfaat Buah Nanas untuk Diet dan Cara Mengolahnya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nanas adalah buah yang bernutrisi dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan sejumlah bahan lainnya. Buah ini mudah ditemukan di indonesia dengan segala musim. Jadi sangat nyaman untuk makan ketika cuaca panas atau dingin.

Tahukah Anda bahwa buah sehat ini tidak mengandung lemak sama sekali, sehingga sangat baik untuk anda yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Untuk mengetahui penjelasannya, mari simak manfaat nanas yang luar biasa untuk penurunan berat badan sebagai berikut:

Manfaat-Buah-Nanas-untuk-Diet
Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Kaya Kandungan Air

Nanas mengandung banyak air yang bisa membuat kandungan air dalam tubuh anda tetap terjaga. Kadar air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga berat badan ideal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus buah.

Tinggi Serat

Nanas mengandung serat larut yang larut dengan air dan membentuk gel yang memperlambat proses pencernaan. Pencernaan yang lambat sangat baik untuk menurunkan berat badan karena akan membuat kenyang untuk jangka waktu yang lama jadi anda menghindari makanan yang tidak sehat.

Menurunkan Kandungan Kalori

Selain sayuran, buah-buahan umumnya dianggap sebagai makanan paling sehat. Nanas adalah buah rendah kalori yang mengandung sekitar 60 kalori per 1 cangkir daging nanas. Kandungan kalori rendah tentu sangat aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis meski sering dikonsumsi.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Nanas mengandung banyak serat untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Nanas menghasilkan banyak air untuk membersihkan saluran usus dan mempercepat metabolisme. Jadi mengonsumsi jus nanas sebagai buah makanan membantu mencegah dan mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, sulit buang air besar dan diare. Metabolisme yang lancar dapat mengangkut lemak keluar dari tubuh dan membersihkan sirkulasi darah dari kolesterol.

Mengandung Enzim Bromelain

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang membantu metabolisme protein. Kandungan protein ini kemudian dapat memecah lemak dalam tubuh dan menekan nafsu makan.

Meningkatkan Kondisi Pencernaan

Kandungan bromelain dalam nanas juga memiliki fungsi antiinflamasi yang dapat mendukung sistem pencernaan tubuh. Pencernaan yang baik sangat penting untuk mempercepat penurunan berat badan.

Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Nanas mengandung proporsi tinggi serat tidak larut sehingga dipecah dalam waktu yang relatif lama. Saat makan nanas, pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses buah ini karena bentuknya yang padat dan akhirnya perut terasa kenyang lebih lama sehingga manfaat serat dalam nanas dapat sepenuhnya dicerna untuk mencegah jajan dan makan terlalu banyak.

Anti Peradangan

Kandungan bromelain dalam nanas juga memiliki fungsi antiinflamasi yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. Pencernaan yang lancar sangat penting untuk mempercepat penurunan berat badan.

Mengandung Karbohidrat

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu memperhatikan asupan karbohidrat dalam tubuh Anda. Nanas adalah buah yang tepat karena mengandung karbohidrat yang tepat.

Meningkatkan Oksidasi Lemak

Ada begitu banyak jenis vitamin dalam nanas yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi penurunan berat badan. Salah satu kandungan vitamin nanas yaitu vitamin C tidak hanya baik untuk menahan udara dingin, tetapi juga meningkatkan oksidasi lemak selama olahraga dan saat istirahat. Sementara tiamin yang ditemukan dalam jenis vitamin B berguna untuk menghasilkan energi sehingga semua vitamin dalam darah membakar lemak tubuh lebih cepat.

Cara Mengolah Nanas untuk Diet

Khasiat jus nanas untuk diet dapat dengan mudah dicapai setiap hari dengan menyiapkan bahan-bahan dan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan 1 nanas segar, yang kemudian dikupas sampai lubang hitam di daging juga dihilangkan. Jika Anda memakan bintik hitam pada nanas ini, Hal tersebut bisa memiliki efek alergi pada bibir Anda misalnya nyeri dan gatal. Kemudian potong buah nanas kecil hingga sedang.
  2. Siapkan sekitar 250 ml air dan es batu
  3. Siapkan blender dan tambahkan nanas dengan es batu dan campur 2-3 sendok makan madu.
  4. Campur dengan bahan alami lainnya seperti teh hijau, jahe, pepaya, kiwi, apel, jeruk, dll.
  5. Campur sampai semuanya tercampur rata dan jus nanas siap untuk diminum.

Konsumsi jus nanas 3 kali sehari yaitu di pagi hari sebagai diet efektif setelah sarapan dengan bubur atau sereal, di sore hari dikombinasikan dengan makanan bergizi dan lengkap dengan kandungan protein tinggi atau sebagai minuman pendamping dengan camilan Anda dan di malam sebelum tidur.


Konsumsi jus nanas secara teratur, disertai dengan diet sehat, menghindari makanan berlemak dan tinggi kalori, meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dan rajin berolahraga secara teratur setiap hari, bahkan jika hanya sedikit aktivitas fisik yang dilakukan. Jadi tentu saja dapat menghindari bahaya diet ekstrem yang saat ini dilakukan dan tentu saja tanpa efek samping.

Jus nanas telah terbukti efektif menurunkan hingga 20 kg hanya dalam 2 bulan. Namun, itu harus diimbangi dengan nutrisi sehat untuk diet dengan konsumsi protein tinggi untuk mendapatkan kembali energi yang hilang karena program diet.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah nanas untuk diet semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya