10 Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nangka adalah buah yang masih turunan durian, tetapi nangka memiliki rasa yang lebih unik dari durian. Nangka dapat digunakan sebagai berbagai makanan olahan serta bijinya juga dapat dikonsumsi. Nangka biasanya tumbuh diasia tenggara yang beriklim tropis. Hal ini karena nangka tidak dapat hidup pada daerah yang sangat kering atau terlalu dingin.

Rupanya kandungan dalam nangka sebenarnya lumayan banyak. Namun, ada isu bahwa wanita hamil tidak boleh mengonsumsi buah nangka karena bisa mengganggu kehamilan. Ternyata, wanita hamil dapat mengkonsumsi buah nangka karena mengandung banyak senyawa yang dapat berkontribusi pada perkembangan janin.

Manfaat-Buah-Nangka-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Sejauh ini, belum ditemukan penelitian yang menunjukkan risiko nangka untuk wanita hamil. Tetapi, jika Anda merasakan panas setelah makan nangka, itu karna nangka mengandung gas yang menyebabkan kembung saat dikonsumsi berlebihan.

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Membantu Pertumbuhan Janin

Nangka mengandung beberapa vitamin yang sangat penting untuk perkembangan bayi di dalam rahim antara lain nangka memiliki kandungan vitamin A. Si kecil membutuhkan cukup vitamin A selama berada di dalam kandungan, karena vitamin ini memiliki fungsi membangun sel-sel mata dan penglihatan, Konsumsi nangka dapat menutupi kebutuhan akan vitamin A untuk janin.

Meningkatkan Imunitas

Nangka mengandung vitamin A,1% untuk tingkat kecukupan gizi (RDA) serta vitamin C hingga 13,8 mg atau 17% RDA. Kandungan senyawa vitamin A itu sendiri sangat baik untuk perkembangan paru-paru, jantung, peredaran darah dan ginjal. Vitamin A dapat mengurangi risiko kecacatan pada bayi.

Sedangkan pada vitamin C, berguna untuk membangun kolagen di tulang dan membangun otot pada janin. Bermanfaat juga penting untuk perbaikan jaringan luka serta membantu menyerap zat besi pada sayuran. Selain kombinasi vitamin C dan A membuat sistem kekebalan pada wanita hamil bisa menguat sehingga bisa mengurangi terjadinya infeksi.

Memperkuat Tulang

Kandungan magnesium dalam nangka bermanfaat untuk kesehatan tulang. Anda dan bayi Anda akan merasakan manfaatnya: janin membutuhkan magnesium untuk memperkuat pembentukan tulang. Sementara Anda juga membutuhkan magnesium untuk mencegah osteoporosis.

Memperbaiki sistem pencernaan

Ibu hamil sering mengalami sembelit selama kehamilan. Masalah ini diselesaikan dengan mengkonsumsi nangka. Karena 100 gram nangka memiliki 1,5 gram serat. Kandungan pada serat ini dapat melancarkan pencernaan dan mencegah usus besar dari cedera.

Mencegah Sembelit

Kesulitan buang air besar merupakan salah satu hal yang sering terjadi selama kehamilan. Nangka dapat mencegahnya karena nangka tinggi serat dan karenanya memenuhi kebutuhan serat tubuh. Pencernaan Anda menjadi lebih lancar dan sembelit dapat diatasi.

Sumber Kalsium

Selama kehamilan, ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak kalsium dari biasanya. Karena bayi dalam rahim membutuhkan makanan untuk membuat proses pembentukan gigi dan tulang lebih optimal.

Nangka mengandung magnesium 29 mg dan kalsium 24 mg. Kandungannya sangat baik bagi mendukung penyerapan nutrisi ke tubuh ibu dan bayi sehingga perkembangan gig dan tulang bisa dioptimalkan.

Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium dalam nangka bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Mengkonsumsi nangka berarti Anda memenuhi kebutuhan potasium untuk menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah dapat dikendalikan, Anda juga terlindungi dari penyakit jantung.

Menambah Energi

Ketika ibu hamil, dia perlu menambah asupan energinya dengan mengkonsumsi buah yang manis. Kandungan gula pada nangka adalah 19,08 g, kandungan gula adalah sukrosa dan fruktosa yang bisa menjadi sumber energi sehingga ibu hamil bisa beraktivitas tanpa hambatan.

Mencegah Anemia

Nangka mengandung zat besi dan asam folat. Kedua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan anemia. Asupan zat besi dan anemia yang cukup dapat menormalkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga ibu hamil tidak mengalami anemia.

Mencegah Hipertensi Selama Hamil

Nangka memiliki kandungan kalium yang bisa mencegah tekanan darah tinggi selama kehamilan. Tekanan darah tinggi menimbulkan risiko serius bagi bayi jika tidak ditangani. Dengan mengonsumsi nangka dapat menjaga keseimbangan magnesium, garam dan kalium dalam tubuh sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Demikianlah pembahasan buah nangka untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya