12 Manfaat Buah Pace untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pace adalah salah satu buah asli dari Asia Tenggara. Bentuk buahnya agak lonjong dan agak berbintik-bintik di permukaan tetapi banyak orang tidak suka aroma buah ini. Secara umum, buah pace digunakan oleh beberapa orang untuk makanan seperti sayur, rujak, dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah pace, lebih baik mengenal buah pace ini bersama dengan sejumlah manfaat buah pace yang sebelumnya tidak dikenal.

Ada 80 jenis buah pace di dunia ini, tetapi hanya 20 jenis yang bisa dimasuki atau dikonsumsi manusia. 60 spesies lainnya beracun dan membahayakan tubuh jika dikonsumsi. Buah pace bermanfaat untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap.

Manfaat-Buah-Pace
Manfaat Buah Pace

Manfaat Buah Pace

Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas dapat mempengaruhi kulit dan kesehatan. Ada banyak radikal bebas di sekitar kita hari ini. Untuk menangkal radikal bebas, buah pace harus dikonsumsi secara teratur. Cara mengkonsumsi ramuan dari jus pace atau mengkonsumsi buah pace secara langsung. Zat bioaktif dalam buah pace dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas.

Mengobati Penyakit Gondok

Gondokan disebabkan oleh kelenjar tiroid yang bengkak. Mengobati dengan pace sangat mudah yaitu dengan mengurangi konsumsi garam dan menggunakan kalung buah pace yang tebal. Selain itu mengkonsumsi buah mengkudu atau pace secara teratur bisa mengecilkan kelenjar tyorid yang ada di leher.

Mengobati Diabetes

Proxeronin adalah zat yang dapat bermanfaat untuk pengobatan diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati karena sangat berbahaya jika diabetes basah terluka. Luka dapat menginfeksi organ di sekitarnya. Jadi proses amputasi harus dilakukan.

Mengobati Asam Urat

Asam urat seharusnya tidak diremehkan. Asam urat dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan banyak penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram di malam hari, kaki terasa dingin dan banyak lagi. Zat Iridoid dalam buah pace dapat bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa 2-metoksi-1,3,6-trihydroxyanthraquinone hadir dalam buah pace yang membantu mencegah kerusakan DNA sel yang menyebabkan gejala kanker dan menjaga sel-sel sehat dalam tubuh. Pace atau mengkudu memiliki sifat antioksidan tinggi. Semua makanan dan obat-obatan herbal yang mengandung antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Antibakteri

Ada juga sifat antibakteri dalam buah pace yang terkandung dalam senyawa antrakuinon dan melindungi kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam buah noni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ditemukan dalam buah pace juga dapat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah dapat dengan mudah terserang penyakit ini.

Anti-inflamasi

Manfaat buah mengkudu dengan sifat antiinflamasi yang telah terbukti mencegah peradangan. Juga mengurangi risiko gejala penyakit jantung. untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah pace

Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah pace secara teratur juga dapat meningkatkan pencernaan. Penyakit seperti perut kembung, muntah, cedera usus kecil dan radang lambung dapat diobati dengan buah pace. Kandungan serat dalam buah pace bermanfaat untuk pencernaan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah pace sebelum mengambil porsi makan besar.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi ada baiknya menggunakan buah pace untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dikonsumsi langsung dengan mengupas kulitnya atau direbus. Tingkat xeronine dalam buah pace bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah. Scopoletin zat fitonutrien berguna untuk melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

Meredakan sakit kepala

Banyak orang menggunakan buah pace sebagai pereda nyeri (analgesik). Kandungan analgesik 75% mengalahkan morfin sulfat untuk menghilangkan rasa sakit.

Menghilangkan Kusam

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, Anda tentu selalu berurusan dengan masalah kulit wajah yang kusam. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menggunakan buah pace. Metode ini hampir sama dengan mengobati jerawat dengan buah pace. haluskan buah pace terlebih dahulu dan kemudian menjadikannya sebagai masker wajah. Biarkan masker buah pace bekerja selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air jernih. Lakukan ini secara teratur agar kulit tetap lembab agar kulit wajah Anda terhindar dari kusam.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pace semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya