12 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah pepaya adalah salah satu buah yang memiliki khasiat sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Sangat dianjurkan untuk makan pepaya untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Pepaya berukuran sedang mengandung 119 kalori dan 29,8 gram karbohidrat.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika makan makanan adalah mineral dan vitamin, karena dua nutrisi ini penting untuk kesehatan janin dan ibu. Adapun sejumlah manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yaitu :

Manfaat-Buah-Pepaya-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaa, yaitu enzim papain dan chymopapain. Kedua enzim ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan pencernaan tetapi juga menjaga gas yang terbentuk di perut sehingga perut tidak mudah kembung.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Pepaya tidak hanya memiliki enzim yang mendukung pencernaan tetapi juga banyak vitamin. Salah satu vitamin yang terkait dengan buah yang satu ini adalah vitamin A, C dan juga vitamin E. Vitamin ini dapat membantu menjaga kekebalan terhadap virus flu dan juga batuk.

Meningkatkan Produksi ASI

Selain pepaya matang, pepaya muda juga memiliki keunggulan untuk wanita hamil dan menyusui. Pepaya muda dapat membantu meningkatkan produksi ASI, sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika anak mereka kekurangan ASI. Untuk mengonsumsi makanan ini, ibu bisa mengolahnya menjadi sup pepaya muda.

Membersihkan Usus

Selama kehamilan, ibu hamil harus memastikan bahwa semua makanan dan minuman yang dikonsumsi aman dan sehat. Jika Anda tidak sengaja mengonsumsi makanan buruk pasti akan menyebabkan sakit perut. Pepaya muda mampu membersihkan usus dari zat-zat beracun dan kotoran di usus. Karena alasan ini, konsumsi pepaya muda sangat dianjurkan untuk wanita hamil.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Buah pepaya muda juga dapat melindungi sistem ekskresi tubuh dan juga melawan infeksi saluran kemih. Agar lebih lezat, Anda bisa menyiapkan jus untuk menyegarkannya. Minum jus pepaya muda secara teratur mencegah bakteri menumpuk di saluran kemih.

Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness memang sering terjadi pada ibu hamil. Konsumsilah beberapa potong pepaya saat sarapan untuk mengatasinya. Namun, pepaya diperlukan yang memiliki kematangan yang tepat dan tidak mengkonsumsi pepaya setengah matang, karena lateks atau kandungan getah dapat menyebabkan masalah selama kehamilan Anda.

Bagus untuk Perkembangan Janin

Pada buah pepaya matang, kandungan asam folat cukup tinggi untuk mendorong perkembangan janin di dalam rahim. Asam folat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tidak Kelebihan Protein

Selain bisa meningkatkan pencernaan, buah pepaya memiliki kandungan protein 5 gram per kilogram buah pepaya. hal ini berarti protein yang dikonsumsi ibu hamil tidak terlalu berlebihan.

Pembentukkan Organ Penglihatan Janin

Buah pepaya juga dapat berkontribusi pada pembentukan organ penglihatan janin karena mengandung vitamin A yang berguna untuk pembentukan organ penglihatan dan pemeliharaan kesehatan mata.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah mencegahnya dehidrasi. Terutama untuk wanita hamil yang perlu terhidrasi dengan baik. Jika tidak, dehidrasi akan menyebabkan pusing dan kelemahan. Kadar air dalam buah pepaya dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan dapat digunakan sebagai pengganti cairan elektrolit yang hilang selama aktivitas.

Menangkal Radikal Bebas

Buah pepaya mengandung antioksidan yang berguna untuk tubuh wanita hamil dan janin untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Menstabilkan Tekanan Darah

Anda harus waspada pada wanita hamil yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena ini dapat menyebabkan pre-eklampsia. Mengkonsumsi buah pepaya dapat mengontrol proses natrium dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pepaya untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya