6 Manfaat Buah Pir untuk Diet dan Cara Mengolahnya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pir adalah buah segar dengan kadar air yang sangat tinggi dan cocok untuk mendukung program penurunan berat badan yang memiliki rasa manis dan lezat. Pada awalnya, pir termasuk buah import, namun sekarang sudah banyak dijual di berbagai supermarket bahkan pada pasar tradisional.

Selain lezat, ada banyak bahan bergizi dalam buah ini seperti magnesium, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin B9 atau asam folat, tembaga, serat, mangan, kalium dan juga berbagai bahan lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa buah pir bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, ada banyak manfaat buah pir untuk diet seperti yang akan kami ulas selengkapnya berikut ini.

Manfaat-Buah-Pir-untuk-Diet
Manfaat Buah Pir untuk Diet

Manfaat Buah Pir untuk Diet

Membantu Penyerapan Mineral

Pir adalah buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi sekitar 20% dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari. Serat ini tidak hanya berguna untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama, tetapi juga bisa digunakan sebagai camilan sehat di antara waktu makan untuk mengurangi keinginan makan yang berlebihan. Serat makanan dalam pir juga dapat meningkatkan asupan mineral dan vitamin penting dalam makanan yang Anda makan, sehingga sistem pencernaan juga lebih teratur.

Sumber Energi Alami

Buah pir juga mengandung fruktosa dan glukosa, sehingga tidak seperti beberapa jenis buah lainnya, buah pir bermanfaat sebagai sumber energi alami karena buah pir juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan indeks glikemik rendah, Hal ini membantu menyerap karbohidrat yang lebih lambat dalam aliran darah, sehingga tidak ada fluktuasi cepat atau penurunan kadar gula darah. Ini mengurangi keinginan untuk kelebihan makanan, yang juga baik untuk penderita diabetes.

Mengurangi Peradangan

Buah pir juga sangat baik dikonsumsi untuk meredakan peradangan. Harap dicatat bahwa proses penurunan berat badan karena rasa sakit yang disebabkan oleh artritis dan otot terhambat setidaknya dengan latihan ringan. Pir dikonsumsi karena jus ini mengandung zat anti-inflamasi, sehingga pasien dengan peradangan otot dan sendi dibantu oleh penghilang rasa sakit, sehingga mereka selalu dapat aktif untuk meningkatkan proses penurunan berat badan.

Tinggi Akan Serat

Buah pir juga merupakan buah berserat tinggi dan konsumsi buah pir secara teratur terbukti meningkatkan sistem pencernaan dan membuang racun tubuh yang tentunya membantu program diet. Selain itu, karena kandungan serat yang tinggi dalam buah ini, juga meningkatkan fungsi usus besar, menurunkan kadar gula dan meningkatkan kadar kolesterol.

Memperbaiki Metabolisme

Jika pir dikonsumsi bersama dengan kulitnya, kandungan fitonutrien fenolik dalam buah ini masih lengkap. Hal ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki gangguan metabolisme yang merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan. Selain itu, buah ini juga tidak mengandung lemak, natrium dan kolesterol, yang sekaligus mencegah penyakit kembung dan jantung.

Menangkal Radikal Bebas

Buah pir juga merupakan buah dengan manfaat antioksidan tinggi, yang berguna untuk menangkal efek radikal bebas dalam tubuh yang berasal dari limbah metabolisme. Radikal bebas adalah zat yang bertanggung jawab untuk mengubah sel-sel tubuh yang sehat menjadi sel-sel kanker, dan tentu saja mereka juga mempengaruhi kesulitan menurunkan berat badan karena begitu banyak zat yang tidak digunakan disimpan di dalam tubuh. Vitamin A, vitamin C dan senyawa flavonoid seperti lutein, beta-karoten dan zeaxanthin dalam buah ini nantinya membantu menghilangkan racun sehingga program diet Anda berjalan lebih optimal.

Cara Mengolah Buah Pir untuk Diet

Cara Pertama

Bahan yang digunakan:

  1. Pir hijau segar 1 buah
  2. Daun bayam cincang kasar 1 gelas
  3. 30 gram seledri
  4. 75 mililiter air

Langkah-langkah untuk membuat jus pir dan bayam:

  1. Potong buah pir dan tambahkan blender dengan bayam, seledri, dan air.
  2. Aduk semua bahan sampai halus, tuangkan jus ke dalam gelas dan sajikan.

Jus sayur bayam dan buah pir dikatakan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Silakan mengkonsumsi jus ini secara teratur untuk mencapai hasil maksimal yaitu tubuh ideal secara mudah dan alami.

Cara Kedua

Bahan-bahan:

  1. 1 1/2 gelas air
  2. Salada organik menyisakan 2 batang (cincang kasar)
  3. Bayam 1/2 bundel kecil
  4. 3 daun seledri
  5. Apple 1 buah (potong-potong)
  6. Pir 1 buah (cincang)
  7. Pisang 1 buah (potong-potong)
  8. 1/2 cangkir jus lemon

Bahan tambahan jika diinginkan:

  1. Ketumbar 1/3 daun
  2. Peterseli 1/3 ikat

Langkah Membuat The Glowing Green Smoothies :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam tabung blender dan aduk sampai rata.
  2. Jus siap disajikan.

Jus hijau memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Jus ini direkomendasikan sebagai alternatif dari diet. Karena minuman ini tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membantu membuang racun berbahaya dalam tubuh. Jadi itu seperti jus detoksifikasi dan dapat meningkatkan energi.

Cara Ketiga

Bahan-bahan:

  1. Sayuran sawi hijau 5 batang
  2. 1 mentimun segar
  3. Buah pir 1 buah
  4. Kacang mete 5 biji
  5. Jus lemon 3 sendok makan
  6. 1 sendok makan madu

Cara membuat campuran jus mentimun pir:

  1. Pertama potong 5 batang sawi hijau sampai menjadi bagian dan kemudian cuci sampai bersih.
  2. Potong mentimun dan pir menjadi beberapa bagian. kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya, tambahkan sayuran cincang, sawi hijau, pir dan 5 kacang mete ke blender. Proses sampai halus, lalu tambahkan 3 sendok makan air lemon dan madu proses lagi sampai semuanya tercampur rata.
  4. Tuang jus ke dalam gelas dan segera minum.

Kandungan antioksidan, vitamin, serat dan mineral dalam sawi hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi Anda tidak perlu banyak air untuk mencampurkan jus ini karena kandungan mineral dalam sawi cukup tinggi.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pir untuk Diet semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya