10 Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tampaknya hampir semua pedagang rambutan hampir dijumpai dipinggir jalan. jika sudah begitu musim rambutan sudah tiba. Buah kecil dengan kulit merah ini adalah yang paling enak dimakan di siang hari karena memiliki efek menyegarkan.

Tidak ada larangan pasti bagi anda yang hamil untuk mengonsumsi rambutan selama jumlahnya normal. Karena rambutan itu sendiri kaya akan nutrisi seperti vitamin, karbohidrat dan mineral yang baik untuk wanita hamil. Meski demikian, karena buah yang satu ini mengandung kandungan alkohol yang juga bisa berbahaya bagi janin.

Manfaat-Buah-Rambutan-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Membantu Pembentukan Tulang Janin

Penggunaan rambutan selama kehamilan juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Mineral ini diperlukan bagi wanita hamil untuk menjaga tulang yang sehat sambil membantu tulang janin terbentuk.

Mampu Meredakan Mual dan Muntah saat Hamil

Buah rambutan memiliki rasa manis dan asam. Kedua perpaduan rasa ini dipercaya dapat meredakan muntah dan mual di pagi hari selama kehamilan. Namun tidak semua wanita hamil yang merasa sakit dapat diatasi dengan mengkonsumsi rambutan saja. Tergantung kondisi tubuh ibu hamil dan kondisi buah rambutan yang dikonsumsi.

Meningkatkan Energi

Pada titik tertentu, wanita hamil akan mengalami kehilangan energi dan mengalami kelelahan. Jika ini sering terjadi pada Anda, Anda bisa menggunakan rambutan sebagai camilan penambah energi dan perut kembung. Kandungan energi dan air rambutan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mencegah Anemia

Karena kemudahan asupan zat besi dari buah rambutan, wanita hamil diberi asupan zat besi yang cukup untuk menghindari anemia pada wanita hamil.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Kehamilan

Kandungan serat yang larut air dan tidak larut dalam rambutan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan wanita hamil. Selain itu, serat yang tidak larut dalam rambutan juga berguna untuk mempercepat proses ekskresi dari tubuh dan mencegah sembelit selama kehamilan.

Meredakan Sakit Kepala Selama Kehamilan

Selain muntah dan mual, tidak jarang wanita hamil mengalami sakit kepala dalam bentuk sakit kepala. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil dapat mengkonsumsi rambutan. Manfaat rambutan dapat diraih karena buah tropis ini mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Kasus penurunan kadar hemoglobin sebelum persalinan atau selama kehamilan adalah kasus kehamilan yang umum. Ibu hamil yang mengalami masalah ini biasanya disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, seperti rambutan dan kurma. Dengan kadar hemoglobin yang memadai, kesehatan ibu hamil lebih waspada dan terhindar dari sakit kepala.

Meningkatkan Imunitas

Selain zat besi, kandungan vitamin C dalam rambutan juga relatif tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan membantu menyerap zat besi dari makanan.

Cukup Serat

Rambutan juga mengandung serat yang cukup, bahkan sangat baik untuk diet sehat selama kehamilan. Serat ini tidak hanya membantu wanita hamil untuk mempertahankan atau meningkatkan berat badan mereka, tetapi juga meningkatkan sistem pencernaan. Rambutan dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan puding, salad atau es krim.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot Ibu Hamil

Buah rambutan mengandung banyak fosfor dan kalsium yang juga berfungsi menjaga kesehatan otot dan tulang pada wanita hamil. Kalsium disini berfungsi membentuk dan memperkuat tulang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah rambutan untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya