10 Manfaat Buah Talok untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Apakah kamu pernah makan buah talok? Buah dengan julukan cerinya Indonesia mudah ditemukan di pinggir jalan atau di halaman kosong. Sebenarnya tanaman ini adalah pohon liar tetapi memiliki buah yang rasanya manis.

Buah yang memiliki nama lain seperti kersen ini juga kaya akan air, sehingga “pecah” di mulut saat dikonsumsi. Kulitnya renyah, juga bisa dimakan dengan biji halus. Tak heran, cukup banyak masyarakat yang menyukainya untuk dijadikan camilan ringan.

Manfaat-Buah-Talok
Manfaat Buah Talok

Dibalik rasa manis dan cair menyembunyikan banyak khasiat yang meningkatkan kesehatan dalam buah. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang manfaat buah talok dibawah ini.

Manfaat Buah Talok

Baik untuk pencernaan

Talok adalah buah berserat tinggi yang baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah ini dipercaya bisa mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit. Karena ukurannya yang kecil, Anda mungkin perlu makan buah talok dalam jumlah tertentu yang dianggap cukup. Anda juga bisa menyiapkan minuman bunga talok (bisa dimasak hingga dua kali) untuk meredakan perut dan gangguan pencernaan.

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi karena penyempitan pembuluh darah. Buah talok juga bisa menjadi solusi yang sangat baik dan alami untuk menghilangkan sakit kepala. hal ini karena buah talok dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir secara normal kembali dan distribusi oksigen menjadi merata.

Mengandung Antibakteri

Karena mengandung agen antibakteri, buah talok dapat digunakan untuk mengobati diare. Cara mencegah diare dengan buah talok itu mudah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, sedangkan daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam yang disebabkan oleh bakteri.

Memperkuat Imunitas

Talok juga merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat menjadi semacam sistem pertahanan sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit atau infeksi.

Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk produksi kolagen untuk kulit yang sehat dan muda. Ini juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Kehadiran vitamin A, beta-karoten, dan flavonoid dalam buah talok juga menjadikan buah ini sumber antioksidan yang luar biasa.

Meredakan Encok

Encok adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang disebabkan oleh akumulasi asam urat dalam sistem tubuh. Gejala-gejala ini sering muncul ketika mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dan minum terlalu sedikit air. Buah talok dikatakan digunakan secara tradisional untuk mengobati asam urat untuk waktu yang lama. Buah ini adalah pereda nyeri alami yang disebabkan oleh encok.

Mencegah Diabetes

Orang yang didiagnosis dengan diabetes tipe tertentu harus menghindari semua makanan bergula, termasuk buah-buahan tertentu. Namun dalam kasus ini, buah talok merupakan pengecualian. Mengapa demikian?

hal ini karena buah talok dapat membantu menurunkan gula darah. Buah talok bahkan digunakan secara teratur di negara-negara dengan tingkat diabetes yang tinggi sebagai cara alami untuk mencegah penyakit.

Sumber Antibiotik Alami

Salah satu hal yang sangat penting dalam dunia medis adalah perkembangan bakteri yang menjadi lebih kuat terhadap antibiotik. Berita baiknya adalah bahwa buah talok adalah sumber alami antibiotik. Para peneliti menemukan bahwa buah talok memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik yang umum di dunia medis. Bahkan beberapa peneliti menemukan bahwa buah talok mengandung senyawa antibakteri yang kuat.

Kaya akan Vitamin C

100 gram buah talok sesuai dengan 150 miligram vitamin C. Diketahui bahwa vitamin C dapat mencegah pilek dan demam, mengandung antioksidan tinggi dan bahkan menyembuhkan berbagai jenis penyakit jantung.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat umumnya terjadi ketika persendiannya sakit. Hal ini karena kebiasaan makan terlalu banyak tetapi minum terlalu sedikit. Sekarang ketika Anda mengalami ini, cara mudah untuk menyembuhkannya adalah dengan makan buah talok. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah talok yang rutin mengonsumsi 9 hingga 12 buah tiga kali sehari dapat menghilangkan asam urat.

Menurunkan Berat Badan

karena buah talok mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan lapar lebih lama. Cocok untuk anda jadikan sebagai camilan sehat yang setiap harinya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah talok semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya