15 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tahukah Anda bahwa anggrek memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia? Anggrek dapat digunakan tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga sebagai obat herbal terhadap beberapa penyakit berbahaya. Banyak pecinta tanaman melambangkan anggrek sebagai bunga cinta, keindahan, dan kemewahan.

Karena iklim tropis, tanaman ini dapat tumbuh subur di Indonesia. Umumnya, tanaman ini lebih menyukai lokasi teduh, seperti di bawah pohon. Tanaman anggrek, atau dalam bahasa Latin Orchidaceae adalah tanaman hias yang memiliki banyak jenis.

Manfaat-Bunga-Anggrek
Manfaat Bunga Anggrek

Beberapa jenis anggrek yang terkenal dengan kecantikannya adalah anggrek bulan, anggrek Kolopaking, anggrek tebu dan anggrek hitam. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat tanaman hias ini, berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Bunga Anggrek

Menjaga Kepadatan Gigi dan Tulang

Khasiat bunga anggrek pertama dapat membantu Anda menjaga kepadatan gigi dan tulang. Tentu saja, bagi Anda yang menginginkan tulang dan gigi yang kuat, Anda dapat mengonsumsi bunga anggrek ini untuk mencegah tulang menjadi keropos atau osteoporosis.

Obat Diare

Diare adalah penyakit yang sangat berbahaya yang sebelumnya disebabkan oleh virus atau bakteri dalam tubuh. Tentu saja, karena efek buruknya, penyakit ini harus diatasi dan karena bisa berakibat fatal. Bagi Anda yang ingin mengobati diare kandungan bunga anggrek dapat membantu Anda mengobati diare.

Mengurangi Gejala Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang biasanya terjadi pada asam lambung. Hal ini harus diatasi karena sangat berbahaya bagi kesehatan dan pencernaan Anda di tubuh Anda. Untuk meredakan gejala maag kandungan bunga ini bisa membantu Anda dengan kelegaan.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah hal yang sangat berbahaya. Radikal bebas disebabkan oleh sinar matahari, asap rokok, polusi, dan lainnya. Membiarkan masalah ini sendiri dapat menyebabkan kanker. Bagi Anda yang ingin melawan radikal bebas kandungan bunga ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu Anda melawan radikal bebas nantinya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah harapan bagi semua orang. Dengan kulit yang sehat nantinya bisa membantu kita dalam mengatasi kulit yang kering bersisik dan mengelupas. Tentu saja ini bisa membantu kita mendapatkan kulit yang lembab nantinya. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, Anda bisa mengonsumsi bunga ini.

Mencegah Penuaan Dini

Bagi Anda yang menginginkan kulit sehat dan awet muda, kandungan bunga anggrek ini dapat membantu mencegah penuaan dini. Bagi Anda yang ingin awet muda, tentu saja Anda bisa mengonsumsi bunga ini karena kandungan antioksidannya bisa mengatasi kulit keriput dan garis-garis halus di wajah.

Mengatasi Stres

Stres adalah hal yang biasanya dialami seseorang yang lelah atau memiliki terlalu banyak aktivitas dan pekerjaan yang membuat mereka stres. Tentu saja, mengatasi ini sangat penting karena dapat membuat Anda depresi. Untuk mengatasinya, diyakini bahwa kandungan yang sudah ada di anggrek akan membantu Anda mengatasi stres. Tentu saja, Anda yang ingin mengatasi stres dapat memanfaatkan bunga anggrek yang akan membantu menenangkan pikiran

Mengatasi Sakit Mata

Jika saat ini Anda menderita gangguan mata seperti iritasi dan infeksi, diyakini bahwa kandungan anggrek ini akan membantu Anda mengatasi sakit mata. Tentu saja, Anda yang ingin mengatasi penyakit dapat mengkonsumsi bunga anggrek yang dapat membuat mata Anda lebih sehat.

Mendukung Pertumbuhan Anak

Kandungan yang sudah ada di anggrek juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. Bagi Anda yang ingin meningkatkan pertumbuhan anak Anda kandungan yang sudah ada di anggrek tentu saja bisa membantu.

Menyembuhkan Disentri

Disentri adalah penyakit yang mirip dengan konstipasi. Jika seseorang menderita disentri, hal-hal yang mereka alami selama buang air besar disertai dengan lendir dan akan mengeluarkan darah.

Bahan Kecantikan

Warna-warni dari bunga anggrek yang indah sebenarnya dapat digunakan sebagai bahan kecantikan. Terutama dari jenis anggrek merah muda. Anggrek merah muda mengandung fenol yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain anggrek ini, ada zat lain seperti anthocyanin, flavonoid dan polisakarida yang dapat mencerahkan kulit wajah seseorang, terutama wanita.

Mengurangi Polusi Udara

Pada dasarnya tanaman bisa bermanfaat untuk menangkal polusi udara yang tidak baik untuk kesehatan paru-paru. Begitu juga dengan bunga anggrek, menanam anggrek di lingkungan rumah tentu berguna agar udara di rumah tetap segar, sehat dan menyenangkan.

Bahan Makanan

Selain sebagai obat herbal, banyak orang mungkin tidak tahu bahwa anggrek digunakan sebagai makanan di beberapa negara. Misalnya, Thailand dan Singapura, yang mengolah anggrek menjadi camilan atau bumbu masakan, adapun salah satu jenis anggreknya adalah anggrek terestrial orchis mascula.

Obat Herbal

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa anggrek dapat digunakan untuk upaya penyembuhan alami. Salah satu jenis anggrek yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah anggrek merpati. Anggrek merpati sering digunakan sebagai tumor otak, batuk kering, dan rematik. Karena di dalam bunga anggrek ada kandungan zat-zat seperti cardinoline, polyphenol dan flavonoid.

Pengharum Ruangan

Bunga anggrek memiliki aroma yang harum, banyak produsen besar menggunakan anggrek sebagai penyegar udara. Catatan sejarah mengasumsikan bahwa aroma anggrek adalah aroma kaisar cina. Banyak produsen Cina atau besar mengolah anggrek menjadi wewangian dari ramuan cinta. Karena anggrek dilambangkan sebagai simbol cinta romantis yang tulus dan mendalam.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga anggrek semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: