12 Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kebanyakan orang Indonesia yang melihat bunga matahari akan segera mengingat kuaci, makanan ringan yang sangat disukai orang meskipun mengupasnya cukup sulit. Namun, dibalik bentuknya yang kecil dan susahnya dimakan, biji bunga matahari alias Kuaci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Bunga matahari adalah tanaman herbal dari Amerika Tengah yang berkembang setahun sekali. Bahasa Latin adalah Helianthus Annuus yang termasuk keluarga Asteraceae. Sementara itu, ramuan bunga matahari sedang dikembangkan di hampir setiap negara di dunia.

Manfaat-Bunga-Matahari
Manfaat Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari

Melawan Osteoporosis dan Kram Otot

Kandungan magnesium yang tinggi dalam biji bunga matahari dapat menyeimbangkan kalsium dan kalium dalam tubuh. Kemudian kandungan magnesium dapat mencegah keropos tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram otot.

Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit lembut dan sehat. Selain itu kandungan lipid asam lemak penting dari biji bunga matahari menjaga kulit terhidrasi dan bebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Mencegah Diabetes

Nutrisi dalam biji bunga matahari dapat membantu untuk menghentikan peningkatan dan penurunan gula darah yang dialami oleh banyak orang karena gula terlalu tinggi, biji-bijian olahan, minuman manis dan makanan olahan. isalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Anti-inflamasi

Jerawat terjadi ketika ada di folikel di bawah kulit dan minyak berlebih terinfeksi oleh bakteri. Vitamin yang terkandung dalam minyak bunga matahari A, C, D, E dan asam lemak esensial membentuk lapisan pelindung yang mencegah bahwa kulit terserang dengan bakteri. Oleh karena itu, minyak bunga matahari juga bertindak sebagai obat yang efektif untuk mengobati jerawat dan penggunaan minyak ini dapat diterapkan secara langsung pada kulit.

Kaya Omega 6

Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega-6). Jenis lemak ini adalah bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mengambil keuntungan dari omega-6 untuk digunakan kita perlu 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.

Membantu Program Diet

Biji bunga matahari ini bisa dimakan sebagai makanan diet. Kandungan protein nabati dan serat dalam bunga matahari dapat mengontrol rasa lapar, sehingga Anda dapat dengan mudah kenyang dibandingkan dengan karbohidrat atau hidangan berlemak.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi disebabkan faktor utama dalam penyakit jantung dan stroke. Biji bunga matahari mengandung senyawa magnesium, kalsium dan kalium. Ketiga senyawa tersebut berfungsi untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Biji bunga matahari mengandung magnesium yang meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin memainkan peran penting dalam mengubah gula darah menjadi energi. Orang-orang yang berada pada diet dan mengkonsumsi biji bunga matahari juga bisa membantu mengurangi diabetes.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Kacang-kacangan adalah sumber tak jenuh tinggi lemak, Begitu juga pada biji bunga matahari. Mengandung asam lemak tak jenuh ganda di tingkat biji bunga matahari LDL (low-density lipoprotein) dapat mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seperti bagian lain dari tubuh, tulang juga membutuhkan asupan khusus untuk menjaga kekuatan mereka. Biji bunga matahari memiliki magnesium yang diperlukan tulang. Magnesium memiliki fungsi untuk mengatur penyerapan kalsium. Selain untuk kesehatan tulang untuk meningkatkan, biji bunga matahari juga bisa membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

Mencerahkan Kulit

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E. Vitamin E mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV). Vitamin E juga dapat menjaga kesehatan kulit yang terlihat lebih muda dan mencerahkan kulit.

Mencegah Kanker

Biji bunga matahari mengandung mineral yang disebut selenium. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat kecil. Meski jumlah yang dibutuhkan kecil, mineral ini memiliki manfaat penting dalam tubuh. Ketika selenium memenuhi vitamin E, ia dapat menghasilkan antioksidan yang memainkan peran penting dalam menghilangkan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel dan menyebabkan kanker.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga matahari semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya