15 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga sepatu sering ditemukan di depan rumah untuk memperindah halaman. Bahkan, bunga kembang sepatu berwarna-warni dibudidayakan di seluruh dunia untuk mencapai efek estetika. Kembang sepatu tidak hanya memperindah taman, tetapi juga digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bunga sepatu biasanya diproses sebagai teh herbal dan diminum secara teratur. Penelitian kecil menunjukkan bahwa teh kembang sepatu bermanfaat untuk beberapa manfaat tradisional terutama untuk menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kolesterol.

Manfaat-Bunga-Sepatu
Manfaat Bunga Sepatu

Bunga, buah dan kelopak bunga kembang sepatu semuanya digunakan untuk tujuan pengobatan, dengan kelopak yang paling banyak digunakan. Kelopak kembang sepatu paling sering dijadikan teh herbal dan dijual secara komersial.

Manfaat Bunga Sepatu

Obat Sakit Panas

Secara umum, anak-anak sering menderita penyakit panas akibat hujan, es krim atau jajan sembarangan. Dengan penyakit seperti itu, tidak perlu minum obat dokter, karena ini melemahkan sistem kekebalan anak. Cukup ambil akar tanaman kembang sepatu, cuci sampai bersih dan haluskan dengan halus. Rebus dalam air mendidih selama 30 menit, lalu saring. Segera minum airnya.

Menyembuhkan Batuk dan Sariawan

Tanaman kembang sepatu ini tidak hanya meredakan penyakit panas pada anak, tetapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk dan sariawan. Cara mengolah kelopak sepatu ini adalah dengan mengambil beberapa helai daun kembang sepatu atau secukupnya, lalu cuci sampai bersih lalu rebus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring air dan minum air rebusannya.

Obat Penyakit Gonorrhea

Gonorrhea sering disebut sebagai gonore. Hal ini adalah penyakit berbahaya yang perlu diobati dengan cepat. Cuci bunga kembang sepatu secara menyeluruh dan biarkan masak selama seperempat jam. Saring air dan diamkan semalam. Minumlah ramuan keesokan paginya.

Obat Sakit Kepala

Untuk menghilangkan sakit kepala, rebus daun kembang sepatu selama setengah jam dan gunakan air itu sebagai kompres. Bisa juga dilakukan dengan diminum.

Menyembuhkan Gondokan

Gondokan adalah penyakit yang disebabkan oleh tiroid yang membesar. Letaknya di leher bagian bawah jakun atau laring. Untuk mengatasinya, gunakan akar kembang sepatu yang direbus dalam air mendidih selama setengah jam. Kemudian gunakan sebagai obat kompres.

Mengatasi PMS

Premenstrual syndrome (PMS) terjadi pada wanita ketika menstruasi terjadi, ketika terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan suasana hati tidak teratur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi teh kembang sepatu agar perasaannya menjadi lebih rileks.

Meredakan Demam dan Pilek

Apakah anggota keluarga Anda mengalami demam diikuti oleh pilek? Tidak ada salahnya mencoba teh bunga sepatu. Bunga ini kandungan vitamin C yang membantu melawan virus yang menyebabkan masuk angin.

Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang langsing dan sehat. Namun, berton-ton lemak dan kalori dalam tubuh sering menyebabkan obesitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi teh kembang sepatu secara teratur.

Menambah Energi

Ternyata mengonsumsi teh kembang sepatu juga mampu mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas di siang hari. Revitalisasi energi sangat penting untuk menghindari stres dan ketegangan.

Mencegah Kerontokan Rambut

Lendir daun sepatu bisa digunakan sebagai bahan masker rambut. Oleskan lendir ke rambut Anda atau gunakan air sebagai sampo. Langkah ini bisa membantu mengobati kerontokan rambut.

Mengobati Diabetes

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Komunikasi Penelitian Biokimia dan Biofisika, senyawa kimia yang terkandung dalam kembang sepatu dapat mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Studi yang dipublikasikan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menemukan manfaat kembang sepatu pada infeksi saluran kemih. Sifat antijamur dan antimikroba dari kembang sepatu bekerja melawan Candica albicans, bakteri berbahaya yang menyerang saluran kemih.

Mengatasi Uban Dini

Penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Experimental Biological Sciences menyatakan bahwa kembang sepatu cukup efektif dalam menunda rambut beruban.

Mengeluarkan Racun

Bunga kembang sepatu kaya akan antioksidan yang berguna untuk membersihkan tubuh dari racun. Saat ini banyak dijual teh yang terbuat dari kelopak kembang sepatu dan kamu dapat mengonsumsinya.

Memperbaiki Suasana Hati

Selama menstruasi, wanita mengalami perubahan hormon yang kadang-kadang menyebabkan perubahan suasana hati. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi teh kembang sepatu yang menciptakan perasaan lebih menenangkan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga sepatu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: