10 Manfaat Teh Bunga Rosella untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Alam telah menyediakan segala yang dibutuhkan manusia. Kebutuhan akan tubuh yang sehat juga dapat dipenuhi melalui penggunaan bahan-bahan yang tersedia di alam.

Salah satu bahan alami yang sangat berguna bagi kesehatan, baik untuk pencegahan penyakit, pengobatan, maupun pemeliharaan kesehatan adalah bunga rosella, Dengan rutin minum teh rosella badan lebih sehat dalam waktu cepat.

Manfaat-Teh-Bunga-Rosella
Manfaat Teh Bunga Rosella

Manfaat Teh Bunga Rosella

Anti Depresan

Depresi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu banyak berpikir yang dapat menyebabkan perasaan sedih, marah hati, dan lain-lain. Flavonoid yang terkandung dalam teh Rosella bermanfaat untuk menenangkan hati dan pikiran membuat rileks dan bertindak sebagai antidepresan.

Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan stroke ke penyakit arteri koroner. Teh rosella mengandung senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan. Senyawa ini berguna untuk memulai kembali pembuluh darah yang telah menjadi plak di dalam arteri, membuat arteri menjadi tidak fleksibel dan sempit menghasilkan kondisi yang disebut kolesterol jahat (LDL).

Mencegah Tumor

Tumor dan kanker dianggap penyakit serius dan berbahaya yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Menurut sebuah studi tentang teh dari bunga rosella mengandung antioksidan yang empat kali lebih efektif daripada kumis kucing. Antioksidan sebenarnya berguna untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas yang menyerang tubuh dalam jumlah banyak dan tidak alami.

Menjaga Imunitas

Tubuh yang sehat secara alami mendukung aktivitas sehari-hari. Di pagi hari konsumsilah teh rosella untuk memperkuat kekebalan tubuh atau imunitas. Hal ini berkat vitamin C yang terkandung dalam teh Rosella. Vitamin C dalam teh Rosella juga bertindak sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antibiotik alami bagi tubuh.

Meremajakan Kulit

Sebagai negara tropis, orang Indonesia terpapar sinar matahari langsung. Karena itu, kulit juga harus dirawat agar menjaga kesehatan. Teh rosella mengandung asam amino, vitamin C dan protein esensial yang membantu meremajakan kulit.

Bagus untuk Program Diet

Seseorang yang melakukan diet yang tidak hanya terlihat langsing dan seksi juga sehat. Kandungan vitamin C dalam teh Rosella tidak hanya menyehatkan kulit, tetapi juga baik untuk mereka yang mengikuti diet. Ternyata kandungan vitamin C dalam teh Rosella tidak hanya menambah energi tetapi juga membantu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian, 65 orang dengan tekanan darah tinggi diminta minum teh rosella secara teratur. Hasilnya setelah 6 minggu terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Lemak Darah

Teh rosella tidak hanya menurunkan tekanan darah, tetapi juga menurunkan kadar lemak darah, yang berisiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini telah ditunjukkan pada 60 penderita diabetes yang secara rutin harus minum teh Rosella selama 1 bulan. Hasilnya adalah mereka meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa ekstrak bunga rosella ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan hati dengan meningkatkan enzim detoksifikasi obat dan mengurangi kerusakan hati.

Mencegah Kanker

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bunga rosella dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker plasma, oral, prostat, dan lambung.

Karena bunga Rosella kaya akan polifenol, senyawa dengan sifat anti kanker terkuat. Ekstrak bunga rosela juga terbukti menghambat sel kanker lambung hingga 52 persen.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat teh bunga rosella semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya