16 Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Peneduh

Posted on

Tanaman Hias Merambat – Mempercantik sebuah rumah mempunyai banyak cara, salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menanam tanaman hias, tanaman hias akan memberikan kesan yang indah.

Jika ingin suasana yang rimbun Salah satu cara mempercantik rumah adalah dengan adanya tanaman hias merambat, anda dapat menanam beberapa tumbuhan hias rambat untuk halaman depan rumah, jenis tanaman hias merambat dapat memberi kesan natural.

Terdapat dua jenis tanaman merambat yaitu tanaman merambat daun dan tanaman merambat bunga jika dekorasi anda menginginkan kesan simple maka pilihlah tanaman merambat daun, jika menginginkan kesan ramai dan berwarna maka pilihlah jenis tanaman merambat bunga.

Banyak dari para pecinta bunga hias yang masih bingung dalam memilih tanaman yang cocok ditanam pada halaman rumah, karena begitu banyak  jenis bunga hias merambat ini, maka itu kami akan bahas tentang tanaman hias merambat yang bagus untuk pekarangan rumah anda.

Berikut Jenis-jenis Tanaman Hias Merambat

1. Tanaman Merambat Daun Dollar

Tanaman-Merambat-Daun-Dollar
Tanaman Merambat Daun Dollar

Tanaman Merambat yang memiliki nama latin ficus pumila ini adalah tanaman merambat daun yang memiliki akar yang kuat sehingga mampu mencengkram dengan kuat pada permukaan yang kasar.

Tanaman daun dollar sering dijadikan sebagai tanaman rambat untuk dinding maupun pagar rumah, daun dollar yang memiliki warna hijau dapat memberikan kesan sejuk dan teduh.

2. Tanaman Merambat Morning Glory

Tanaman-Merambat-Morning-Glory
Tanaman Merambat Morning Glory

Tanaman Hias yang memiliki bunga berwarna cerah yang begitu cantik dan menyegarkan mata ini egitu populer sebagai tanaman hias merambat.

Selain itu tanaman morning glory ini juga begitu mudah dalam perawatan nya dan dapat ditanam disegala tempat seperti dinding rumah maupun pagar rumah, anda cukup memberikan tempat bagi tanaman ini untuk merambat.

3. Tanaman Merambat Melati Irian

Tanaman-Merambat-Melati-Irian
Tanaman Merambat Melati Irian

Tanaman hias ini biasa juga disebut flame irian, Bunga ini memang jenis tanaman merambat berbunga yang berasal dari papua.

Warna dari bunga nya yang merah cerah ini begitu cantik, biasanya tanaman ini ditempatkan pada kanopi, tanaman juga mudah beradaptasi pada iklim tropis.

4. Tanaman Merambat Alamanda

Tanaman-Merambat-Alamanda
Tanaman Merambat Alamanda

Tanaman Merambat alamanda ini mampu menghidupkan suasana tanam anda dengan warna bunga nya yang kuning terang, biasanya bunga ini ditempatkan pada kanopi atau taman.

Tanaman alamanda merupakan tanaman yang mudah dalam perawatannya dan juga dengan pertumbuhan yang cepat,.

5. Tanaman Merambat Sirih Merah

Tanaman-Merambat-Sirih-Merah
Tanaman Merambat Sirih Merah

Tanaman sirih merah merupakan salah satu tanaman hias merambat daun, selain itu tanaman ini juga disebut sebagai apotek hidup karena memiliki khasiat dalam medis.

Tanaman sirih merah juga banyak ditanam karena mudah dalam perawatan nya, sangat cocok menghiasai pekarangan taman anda karena sangat bermanfaat.

6. Tanaman Merambat Air Mata Pengantin

Tanaman-Merambat-Air-Mata-Pengantin
Tanaman Merambat Air Mata Pengantin

Tanaman air mata pengantin pada awalnya hanya dianggap sebagai tanaman gulma karena sangking gampang nya tanaman yang satu ini dalam pertumbuhannya, tanaman ini banyak ditemui pada pekarangan rumah tanpa ditanam.

Tanaman merambat ini begitu mudah dalam tumbuh dan perawatannya karena termasuk tanaman gulma, namun tanaman ini memiliki warna bunga yang cantik yaitu merah muda.

7. Tanaman Merambat Zebrina Pendula

Tanaman-Merambat-Zebrina-Pendula
Tanaman Merambat Zebrina Pendula

Tanaman zebrina pendula merupakan tanaman hias merambat daun yang unik dengan warna daun berpola hijau, ungu dan putih.

Tanaman merambat ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat diantaranya sebagai obat bisul. tanaman merambat ini juga biasanya digunakan sebagai tanaman hias gantung.

8. Tanaman Merambat Pothos Scandes

Tanaman-Merambat-Pothos-Scandes
Tanaman Merambat Pothos Scandes

Tanaman pothos scandes memiliki kemiripan dengan daun dollar, baik dari bantuk maupun sifat nya, yakni akarnya yang mampu mencekram kuat pada permukaan yang kasar.

Tanaman pothos scandes lebih cocok ditanam pada lahan yang luas karena tanama ini dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 6 meter.

9. Tanaman Merambat Mandevilla

Tanaman-Merambat-Mandevilla
Tanaman Merambat Mandevilla

Dengan warna bunga nya yang cantik dan terlihat feminin tanaman merambat ini begitu populer ditanam pada dinding atau pagar rumah.

Tanaman mandevilla ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk itu tanaman ini cocok menempati tanaman hias outdoor, rapikan tanaman mandevilla ini agar terlihat rapi dan tidak terkesan tanaman liar.

10. Tanaman Petrea Volubilis

Tanaman-Petrea-Volubilis
Tanaman Petrea Volubilis

Walaupun tanaman ini berasal dari amerika tengah namun tanaman petrea volubilis ini cocok ditanam diindonesia yang beriklim tropis, tanaman ini cocok ditanam didinding maupun pagar rumah.

Warnanya yang ungu mirip dengan bunga lavender dan juga terlihat cantik, tanaman ini berbunga disepanjang batang nya.

11. Tanaman Merambat Dipladenia

Tanaman-Merambat-Dipladenia
Tanaman Merambat Dipladenia

Tanaman dipladenia begitu populer sebagai tanaman hias merambat karena tanaman hias ini bisa berbunga sepanjang tahun.

Memiliki warna bunga yang merah terang terlihat cantik menghiasi dinding rumah maupun pagar, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak.

12. Tanaman Merambat Clematis

Tanaman-Merambat-Clematis
Tanaman Merambat Clematis

Tanaman clematis memiliki kelopak bunga yang cantik, dan memiliki warna yang cantik dan dapat membuat anda betah berada dirumah.

Daun clematis yang rimbun dapat memberi kesan sejuk dan teduh, tanaman clematis banyak menghiasi tanam para pecinta tanaman hias merambat.

13. Tanaman Merambat Bougenville

Tanaman-Merambat-Bougenville
Tanaman Merambat Bougenville

Tanaman merambat bougenville ini begitu populer diindonesia sudah sejak lama, tanaman ini banyak ditanam karena pertumbuh nya yang hanya mencapai tinggi 1 meter saja.

Bougenville juga memiliki varian warna yang cantik seperti pink, kuning dan ungu, selain itu tanaman ini mudah dalam perawatannya.

14. Tanaman Merambat Soapwort

Tanaman-Merambat-Soapwort
Tanaman Merambat Soapwort

Tanaman soapwort ini banyak ditanam menghiasi taman sebagai penutup tanah, perawatan tanaman ini juga cukup mudah karena tidak perlu disiram setiap hari.

Selain tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman ini merupakan salah satu bahan pembuatan sabun.

15. Tanaman Merambat Arumdalu

Tanaman-Merambat-Arumdalu
Tanaman Merambat Arumdalu

Sesuai namanya arum yang berarti harum dan dalu yang berarti malam hari tanaman merambat ini memang memiliki aroma wangi terutama pada malah hari.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 5 meter, tanaman merambat ini adalah jenis tanaman hias yang mudah dalam perawatannya.

16. Tanaman Merambat Lipstick Plant

Lipstick-Plant
Lipstick Plant

Tanaman lipstik adalah tanaman yang selalu hijau yang juga termasuk tanaman asli indonesia. Di habitat aslinya, jenis tanaman ini adalah tanaman menempel atau merambat.

Daya tarik utama tanaman hias lipstik adalah bunga gelombang merah cerah yang muncul dari kelopak coklat gelap yang terlihat seperti lipstik dalam sebuah tabung.

Itulah pembahasan tentang tanaman hias merambat yang dapat bermanfaat untuk anda yang sedang bingung mencari tanaman hias merambat yang cocok menghiasi pekarangan taman anda, semoga menjadi referensi untuk anda.

Baca Artikel Lainnya :