12 Cara Budidaya Durian Musang King dan Cara Merawatnya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Durian musang king atau Durio Zibethinus L merupakan varietas unggul terbaru yang berasal dari Malaysia, Di masa lalu, Indonesia dikenal sebagai durian kunyit, tetapi seiring waktu Malaysia telah berhasil mengembangkan dan membudidayakan durian ini dan akhirnya dikenal dengan nama durian musang king.

Buah durian musang king memiliki keistimewaan yaitu daging buah kering, kuning, rasanya lembut dan rasanya manis kombinasi pahit, tekstur lunak, aroma kuat dan biji kecil. Tidak heran jika durian musang king menduduki peringkat sebagai jenis buah kering terbaik di kelasnya.

Budidaya-Durian-Musang-King
Budidaya Durian Musang King

Cara Budidaya Musang King

Syarat Tumbuh

Tanaman durian musang king adalah tanaman tropis. Untuk alasan ini, pohon durian musang king membutuhkan banyak kehangatan tropis, banyak kelembaban dan sinar matahari untuk berkembang (kecuali pada tahun pertama ketika pohon masih muda dan membutuhkan kondisi penumbra). Suhu ideal untuk pertumbuhan rata-rata 23 ° C. Meskipun diketahui bahwa ia dapat tumbuh pada suhu 10 ° C, ia memiliki dampak dramatis pada jumlah daun yang dihasilkannya. Karena itu, kesuksesan di luar daerah tropis tidak mungkin meningkat.

Ketinggian di mana pohon durian musang king tumbuh seperti yang tumbuh baik di daerah sekitar Jawa, adalah 400-600 m di atas permukaan laut (di atas permukaan laut) dengan curah hujan tahunan rata-rata 2.000 mm. Di beberapa daerah, seperti Malang, Jawa Timur, musang king juga dapat tumbuh hingga ketinggian hampir 1000 m di atas permukaan laut.

Tanaman durian musang king yang ditanam di dataran tinggi memiliki warna daging yang lebih pucat dibandingkan dengan musang king yang tumbuh di dataran rendah. Masih sesuatu yang istimewa dari segi rasa. Dagingnya lengket, hangat, kombinasi manis dan pahit lebih seimbang. Sebagian besar bijinya juga kempis.

Meskipun warna daging lebih pucat namun rasanya lebih enak. Namun kerugiannya adalah bahwa Durian Musang king yang ditanam di dataran tinggi tumbuh lebih lambat. Tanaman ini hanya dapat berbuah setelah usia 10 tahun, bukan setelah tahun ke 5 hingga ke 6. Bunganya mekar hingga buah matang dan juga bertahan lebih lama. Itu sebabnya panen di musang king di dataran tinggi lebih lambat.

Pemilihan benih

Bibit harus berasal dari perbanyakan tunas. Bibit yang dihasilkan melalui perbanyakan biji dapat berbeda dari induknya dan pertumbuhannya berlangsung lebih lambat. Bibit durian harus berasal dari perbanyakan tunas untuk memastikan bahwa kualitas induk yang unggul pada benih diturunkan dan mereka tumbuh lebih cepat.

Perlu diperhatikan juga, saat bibit durian musangking masih muda jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung terus menerus. Karena bijinya tidak kuat pada saat itu dan daunnya bisa layu atau menjadi rusak. Berikan tempat yang teduh sebagian agar tidak rusak sambil mengoptimalkan pertumbuhan.

Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan lahan dari gulma atau tanaman liar lainnya yang tumbuh di daerah di mana benih Durian ditanam. Gulma dan tanaman lain mencuri nutrisi dan unsur hara yang perlu ditumbuhkan oleh bibit durian.

Juga singkirkan pohon atau tanaman yang dapat mencegah sinar matahari memasuki lahan tempat bibit ditanam. Tanaman durian musang king yang kita tanam perlu menyerap cukup sinar matahari. Kurangnya sinar matahari menyebabkan proses fotosintesis pada tanaman durian tidak berfungsi, membuatnya tidak dapat memproses nutrisi dan unsur hara yang diterima dari tanah. Akibatnya, pertumbuhannya lambat atau terganggu.

Pembuatan Lubang Tanam

Lubang tanam ideal untuk bibit durian musang king berukuran 50 x 50 x 50 cm untuk bibit dengan ketinggian hingga 1 m. Usahakan lubang yang akan ditanami terkena sinar matahari selama 2-3 hari. Perlakuan ini dirancang untuk membunuh bakteri yang mungkin ada di lubang sehingga bibit, ketika ditanam, bebas dari bakteri.

Pupuk dasar juga harus diterapkan di lubang tanam sebelum bibit durian ditanam nanti. Salah satu pupuk dasar terbaik untuk berkebun di durian musang king adalah pupuk kandang. Berikan pupuk kandang yang telah kering bila Anda memakainya. Biarkan sekitar 1-2 hari di lubang tanam sebelum menanam bibit.

Tahap Penanaman

Hal yang perlu diingat saat memulai penanaman adalah jarak antar tanaman. Jarak tanam yang ideal adalah 8 x 8 m atau 10 x 10 m. Ukuran jarak memberi peluang bagi tanaman durian musang king untuk tumbuh optimal. Jarak tanam yang tidak memadai dapat menyebabkan persaingan antar tanaman dalam hal asupan makanan sehingga pertumbuhannya terganggu.

Campurkan beberapa lubang tanam lalu buka selubung atau bungkus benih. Hati-hati jangan sampai tanah dalam pembungkus benih hancur atau pecah. Lalu taruh benih di lubang tanam, lalu kubur. Kedalaman pemendaman ditentukan oleh tanah yang dibawa oleh bibit di akar agar tidak membanjiri atau menguburnya di batang bibit Durian.

Pastikan bahwa batang bibit bersih dan tidak ada kotoran di pembibitan saat penanaman. Menyembuhkan tanah dalam lingkaran dan menutupi permukaan dengan jerami / jerami padi. Perawatan ini dilakukan untuk menghambat proses penguapan. Seperti yang disebutkan di atas, tanaman durian perlu menjaga kelembaban. Sirami setiap sore selama musim kemarau untuk menjaga kesegaran benih tanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiangan

Berbagai langkah harus diambil saat merawat tanaman durian musang king. Salah satunya adalah penyiangan agar tanaman durian tidak terganggu oleh gulma dan tanaman liar lainny, sehingga bisa tumbuh subur dan berbuah sehat.

Pemupukan

Proses pemupukan dilakukan setiap bulan dengan pupuk organik yaitu dengan menyemprotkan pupuk pada tanah bibit durian musang king. Lakukan sesuai dosis yang tertera pada kemasan pupuk. Ketika bibit 3 bulan setelah tanam atau telah tumbuh hingga 1 sampai 2 m, bibit tanaman buah musang king diberi pupuk dengan pupuk kandang untuk setiap tanaman. Kemudian lanjutkan jika tanaman berumur 1-2 tahun setelah penanaman atau jika tanaman tersebut menghasilkan buah.

Penjarangan

Penjarangan buah bertujuan untuk mencegah kematian Durian agar tidak menghabiskan energi untuk proses pembuahan. Penjarangan mempengaruhi kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran dan frekuensi pemupukan setiap tahun. Penjarangan terjadi bersamaan dengan proses pengguguran bunga. Setelah bunga gugur harus dilakukan penjarangan keesokan harinya (ini tidak harus ditunda).

Penyulaman

Lakukan penyulaman pada bibit tanaman yang mati atau tidak tumbuh dengan normal, penyulaman dapat dilakukan maksimal 2 minggu setelah tanam.

Penyiangan

Untuk menghindari persaingan antara tanaman di sekitarnya dan rumput selama pertumbuhan, diperlukan penyiangan gulma (diameter ± 1 m dari pohon durian).

Waktu Panen

Jika Anda menanam bibit musang king dengan baik dan benar, pohon durian akan tumbuh lebih besar lebih cepat dan juga mempercepat pertumbuhan akar. Dan jika semuanya berjalan dengan baik Anda dapat menikmati panen 4 hingga 5 tahun setelah tanam.

Bahkan pohon buah dari durian musang king ini dapat dikembangkan dengan ketinggian 3 hingga 4 meter atau kurang yang secara alami menghasilkan banyak buah, segar dan lezat. Dengan harga yang tepat ini adalah salah satu prospek yang bagus untuk peluang bisnis baru.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya durian musang king semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: