13 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Disebut ´superfood’, manfaat rambutan terletak tidak hanya pada daging buahnya, tetapi juga pada kulit, daun dan bahkan bijinya. Sejumlah zat bergizi dalam buah tropis ini yang merupakan khas Asia Tenggara dan dikonsumsi secara teratur, merupakan langkah tepat jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

Sementara buah ini memiliki rasa manis dan kandungan getah yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, namun hal tersebut tertutupi oleh melimpahnya khasiat rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini. Ini beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh:

Manfaat-Buah-Rambutan
Manfaat Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan

Perawatan Kulit

Ada sejumlah antioksidan, senyawa polifenol, dan vitamin penting dalam buah ini yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam sistem, termasuk yang merusak kulit. Mengkonsumsi buah rambutan secara teratur dapat meningkatkan peradangan, mengurangi munculnya keriput dan menghentikan stres oksidatif.

Meredakan demam dan Peradangan

Rambutan mengandung zat anekdotal yang kuat. Dalam pengobatan Tiongkok tradisional, zat anekdotal dalam rambutan sangat efektif dalam menghentikan demam dalam tubuh. Selain itu, rambutan juga meredakan berbagai bentuk peradangan seperti asam urat, sakit kepala dan sakit perut.

Mencegah Penyakit Jantung

Rambutan sangat berguna bagi Anda yang telah memasuki kepala tiga atau empat. Pada tahap ini, penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung bisa tiba-tiba muncul. Nah, rambutan mengandung vitamin C yang bisa memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak sehingga serangan jantung bisa dilawan.

Anti Sembelit

Apakah Anda memiliki masalah dengan sembelit? Nah, rambutan siap membantu menyembuhkannya. Meskipun tidak mengandung serat sebanyak buah-buahan lainnya, rambutan mengandung mineral yang dapat merangsang peristaltik dan meningkatkan pencernaan. Dengan demikian, buang air kecil terasa lebih lancar dari sebelumnya.

Pacu Metabolisme Tinggi

Selain vitamin C, rambutan juga mengandung banyak vitamin B. Nah, fungsi vitamin B dalam rambutan adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat bermanfaat bagi Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kandungan gula juga menjadi energi pengganti setiap hari.

Menyembuhkan Hipertensi

Orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat disarankan untuk mengurangi yodium. Sebagai gantinya, Anda sekarang dapat mengonsumsi lebih banyak rambutan karena Anda memiliki vitamin C yang siap untuk memangkas zat berbahaya dalam darah.

Merawat Ginjal

Sebagai pusat detoksifikasi, ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Jika rusak, racun menyebar dengan mudah di dalam tubuh dan mengganggu jaringan lain. Tugas Rambutan adalah merawat ginjal. Mineral fosfor dalam rambutan siap menetralkan racun dan membantu ginjal bekerja dengan sempurna.

Melawan Kanker

Keuntungan terakhir sangat penting bagi upaya global untuk memerangi kanker. Meskipun ukurannya kecil, rambutan sangat dianjurkan dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Mengapa? Rambutan memiliki obat kanker yang siap membantu tubuh Anda melawannya.

Penambah Energi

Apakah Anda merasa kurang energik akhir-akhir ini? Jika demikian, mengonsumsi suplemen dan buah-buahan adalah cara ideal untuk meningkatkan energi tubuh. Rambutan adalah pilihan buah yang cocok karena buahnya mengandung karbohidrat dan protein yang sebenarnya berfungsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Rambutan juga terbukti menurunkan berat badan. hal ini karena kandungan seratnya. Kandungan seratnya digunakan untuk membasmi lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi rambutan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, karena banyak air masuk ke tubuh Anda. Manfaat rambutan untuk diet ini tentu merupakan kabar baik bagi Anda yang saat ini mengalami kesulitan menurunkan berat badan, bukan?

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam rambut juga memastikan bahwa buah ini memiliki manfaat kesehatan yang baik. Manfaat rambutan untuk kulit yang terbuat dari kandungan vitamin C adalah untuk menjaga hidrasi kulit dan meningkatkan kolagen.

Mencegah Diabetes

Tidak hanya daging, tetapi juga kulit rambutan dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang baik, kali ini sehubungan dengan diabetes. Sebuah penelitian di Cina menunjukkan bahwa kandungan fenol kulit rambutan dapat menurunkan gula darah yang merupakan penyebab utama diabetes.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Ini dia manfaat rambutan untuk kesuburan yang bisa Anda rasakan pria. Vitamin C dalam rambutan juga dapat memengaruhi peningkatan jumlah dan kualitas sperma! Nah, Anda yang mengalami kesulitan memiliki bayi saat ini juga bisa mencoba mengonsumsi rambutan untuk mempercepat kehamilan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah rambutan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya