15 Manfaat Buah Mengkudu untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Dengan rasa pahit dan bau yang tidak enak, buah mengkudu sering dihindari oleh banyak orang. Padahal, buah berwarna hijau dengan penampilan mirip kentang di balik aroma yang menyengat memiliki beragam manfaat kesehatan, lho.

Mengkudu kaya akan antioksidan, kalium dan vitamin C, yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan, telah digunakan sebagai obat tradisional di Polinesia selama 2000 tahun. Mereka biasa mengonsumsi mengkudu untuk menyembuhkan sembelit, infeksi, dan radang sendi.

Manfaat-Buah-Mengkudu-bagi-Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu

Mengobati Artritis

Keluhan utama penderita artritis adalah nyeri. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi pada arthritis karena sifat analgesiknya. Menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi.

Menurunkan risiko encok

Encok atau asam urat adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh akumulasi kristal asam urat di persendian. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat mengkudu dapat menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah dan dengan demikian mengurangi risiko asam urat.

Menambah Energi

Selama ribuan tahun, jus mengkudu telah digunakan untuk memerangi kelemahan fisik umum, meningkatkan energi, dan meningkatkan kinerja fisik keseluruhan tubuh.

Melembabkan Kulit

Jus mengkudu adalah penghasil antioksidan dan berfungsi sebagai pelembab yang hebat ketika dioleskan pada kulit. Mengkudu secara alami memperbaiki kulit Anda. Jadi lupakan kulit kering dan kulit belang dan sambutlah kulit yang sehat dan terhidrasi.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah mengkudu yang mengandung vitamin C dan selenium dapat membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah penuaan. Sangat penting untuk merawat kulit Anda dan menjaganya tetap sehat dan awet muda, kan?

Mengobati Iritasi Kulit Kepala

Dr Reema Arora, Dermatolog yang berbasis di Delhi, mengatakan: “Meskipun tidak banyak literatur medis tentang jus mengkudu, kita dapat mengatakan bahwa ini (jus mengkudu) memiliki beberapa manfaat luar biasa. Ia memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membantu mengatasi iritasi kulit kepala”.

Mencegah Kanker

Jus mengkudu mengandung senyawa yang dapat melawan kanker. Mengkudu diketahui memiliki khasiat yang merangsang kekebalan dan melawan tumor dan kangker.

Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan istem kekebalan tubuh adalah keunggulan buah mengkudu. Kandungan Dcopoletin dalam jus mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, fungisida dan histamin yang memperkuat mekanisme menjaga kekebalan tubuh.

Mengurangi Stres

Manfaat buah mengkudu dapat membantu mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif. Tetapi jika Anda hanya minum jus mengkudu Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Anda harus berlatih atau bermeditasi seperti yoga, disertai dengan minum jus mengkudu secara teratur.

Mengobati Demam

Studi menunjukkan bahwa manfaat buah mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu menghilangkan batuk, demam, dan rasa sakit. Penting untuk minum jus mengkudu setiap hari untuk memanfaatkannya. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Mengobati Peradangan Usus

Begitu banyak manfaaat buah mengkudu, bahkan untuk kesehatan usus, dimana dengan mengkonsumsinya dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami peradangan usus.

Menyehatkan Tulang

Masalah tulang bisa diatasi dengan manfaat buah mengkudu ini. Anda hanya harus meminumnya secara teratur untuk mencegah atau mengobati osteoporosis, karena buah ini mengandung bahan-bahan seperti Capril, Morindon, Methyl dan Acetyl.

Meredakan Rasa Sakit

Dengan zat yang memiliki sifat analgesik + morfin sulfat, manfaat buah mengkudu dapat menghilangkan rasa sakit, sebut saja sakit kepala, dan nyeri sendi juga dapat disembuhkan dengan buah ini.

Mengobati Disentri

Bakteri jahat dapat dengan mudah menginfeksi tubuh seseorang dengan penyakit seperti disentri yang disebabkan oleh bakteri sehingga penderita mengalami sakit perut. Namun, mengobati penyakit dapat membawa salah satu manfaat buah mengkudu dengan zat antibakteri yang bisa berakibat fatal bagi virus disentri.

Mengobati Borok

Siapa bilang borok tidak bisa disembuhkan? Anda harus tahu bahwa manfaat buah mengkudu dapat menyembuhkan penyakit ini yaitu hanya dengan menggosok buah mengkudu yang nantinya akan menempel pada borok.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mengkudu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya