13 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Delima adalah buah yang kaya antioksidan yang telah lama digunakan untuk pengobatan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah delima karena kemampuannya mengurangi risiko berbagai penyakit memiliki berbagai efek positif pada tubuh. Simak berbagai manfaat buah delima yang berguna bagi kesehatan selengkapnya di bawah ini.

Sebelum menjelaskan manfaat buah delima merah atau manfaat buah delima putih harap dicatat bahwa buah dengan nama Latin Punica granatum diklasifikasikan sebagai buah berry. Kandungan buah ini terdiri dari serat, protein, vitamin C, vitamin K, asam folat dan kalium. Berbagai kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat-Buah-Delima
Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Antiinflamasi

Buah delima atau pomegranate memiliki sifat antiinflamasi sehingga penyakit yang disebabkan oleh peradangan kronis seperti radang sendi, penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2 dan Alzheimer dapat dicegah.

Mencegah Radikal Bebas

Karena buah delima kaya akan antioksidan, mereka dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Tidak hanya mencegah radikal bebas, antioksidan dalam buah delima juga mampu mencapai kadar kolesterol rendah (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini membuatnya menjadi buah yang baik untuk dimakan selama diet.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Buah delima atau pomegranate dapat memenuhi 45% dari kebutuhan serat harian, jadi mengkonsumsi buah delima sangat membantu dalam memperlancar sistem pencernaan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya kaya akan antioksidan dan serat, buah delima juga kaya akan vitamin terutama vitamin C. Hal ini membuat manfaat buah delima sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehari-hari.

Menjaga Kulit Tetap Halus dan Lentur

Delima mengandung senyawa yang dapat mengurangi tingkat enzim yang menghambat kolagen dan juga mendorong pertumbuhan fibroplas, sel yang menghasilkan elastin dan serat, untuk menjaga kulit tetap halus dan lentur. Selain itu, delima juga dapat merangsang proliferasi keratinosit, sel-sel yang membentuk lapisan luar kulit.

Mengurangi Produksi Minyak dan Jerawat

Kandungan vitamin C dalam buah delima dapat mengontrol produksi sebum, zat berminyak yang dikeluarkan dari kulit dan merupakan penyebab utama jerawat. kalian dapat mencegah jerawat dan menghilangkan bekas luka dengan mengoleskan jus delima ke area di mana jerawat terjadi.

Mempercepat Penyembuhan Luka dan Bekas Jerawat

Konsumsi buah delima secara rutin dapat membantu meningkatkan proses regenerasi kulit untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi masalah penuaan dini.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Delima tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung vitamin E dan nutrisi lain yang dapat melindungi permukaan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Mencegah Kerontokan Rambut

Konsumsi jus delima secara teratur tidak hanya memperkuat kecantikan kulit, tetapi juga folikel rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok dan terlihat lebih sehat.

Melawan Sel Kanker Payudara

Selain kanker prostat, manfaat buah delima juga bermanfaat untuk mengatasi kanker payudara. Ekstrak delima dapat menghambat reproduksi sel kanker payudara dan bahkan membunuh beberapa di antaranya. Namun, klaim dalam hal ini sangat terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat buah delima yang jarang dikenali adalah kemampuan meningkatkan daya ingat. Satu studi menemukan ekstrak delima mencegah masalah memori setelah operasi. Studi lain mengatakan bahwa mengonsumsi 237 ml jus delima per hari secara signifikan meningkatkan penanda memori verbal dan visual.

Meningkatkan Kesuburan

Konsentrasi antioksidan yang tinggi dan kemampuan untuk mengurangi stres oksidatif membuat buah delima bermanfaat untuk mengatasi kesuburan. Stres oksidatif terbukti mengganggu fungsi sperma dan menurunkan kesuburan pada wanita.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah delima semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya