13 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah manggis adalah salah satu buah tropis yang ditemukan di banyak negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Semua bagian manggis dari buah hingga kulit luar juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah manfaat manggis untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat-Buah-Manggis
Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis

Bernutrisi Tinggi

Manggis walaupun rendah kalori tetapi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam. Secangkir atau 196 gram manggis mengandung 35 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan vitamin C yang setara dengan 9% dari kebutuhan harian.

Mengurangi Pertumbuhan Kanker

Manggis mengandung senyawa anti kanker yang disebut xanthones. Beberapa tes laboratorium menunjukkan bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk jaringan payudara, lambung dan paru-paru.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manggis kaya akan serat, vitamin C, mineral dan santon, yang dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain kandungan senyawa dalam manggis, bakteri jahat juga dapat ditangkal dan daya tahannya dapat ditingkatkan. Manggis juga sangat baik dikonsumsi oleh bumil (wanita hamil), sehingga tidak mudah sakit.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah berwarna ungu ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Anda melakukan ini dengan mencampur daun dan kulit manggis dengan bahan obat lain dan kemudian menerapkannya pada luka.

Mengobati Diare

Kulit manggis dan daging buah nya dapat secara efektif meringankan gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Untuk itu konsumsilah buah manggis dengan teratur.

Mengontrol Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa xanthones dalam buah manggis dapat membantu mengontrol gula darah. hal ini menjadikan manggis sebagai salah satu solusi alami untuk diabetes.

Antioksidan Alami

Kandungan senyawa xanthone dalam manggis juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri penting untuk menangkal radikal bebas yang terkait dengan beberapa penyakit kronis.

Membuat Wajah Awet Muda

Antioksidan pada manggis tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Karena zat ini dapat dengan cepat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru Anda dapat terus terlihat awet muda.

Merawat Kulit

Xanthones diketahui memiliki sifat anti-kanker pada tanaman manggis, termasuk kanker kulit. Manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur dan anti-alergi yang berguna untuk mengurangi risiko peradangan kulit, penuaan, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

Menurunkan Berat Badan

Manggis adalah buah yang baik jika Anda mengikuti program diet. Satu studi menunjukkan bahwa sekelompok orang yang minum jus manggis sebagai suplemen memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manggis mengandung 3,5 gram serat, yang merupakan 14% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kandungan serat manggis yang tinggi tidak diragukan lagi membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mendorong buang air besar yang reguler pada bumil (ibu hamil) atau pun orang dewasa.

Mencegah penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat kesehatan utama dari manggis adalah efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala seperti kebingungan dan kesulitan mengingat. Sebuah penelitian oleh Universitas Borodubur menemukan bahwa manggis mengandung xanthone yang tidak dimiliki buah lainnya.

Mengontrol diabetes

Donald O’Mathuna dari Ohio State University di Amerika Serikat telah menulis buku tentang pengobatan alternatif. Dalam bukunya, ia menulis tentang menggunakan manggis untuk menyembuhkan diabetes. Manggis secara efektif mampu mengatur dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah manggis semoga dapat bermanfat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya