15 Manfaat Buah Melon untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat melon bagi kesehatan belum banyak diketahui. Kebanyakan orang hanya mengkonsumsi melon ini sebagai camilan sebelum atau sesudah makan. Ternyata melon tidak hanya menyegarkan ketika dimakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Karena buah melon ini mengandung banyak nutrisi. Salah satu kelebihan melon adalah melon dapat menyehatkan kulit dan rambut Anda.

Bukan hanya menawarkan rasa manis. Banyak manfaat melon lain yang bisa Anda rasakan jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Ada beberapa nutrisi dalam melon ini. Melon memiliki bagian air yang hampir 95 persen. Melon juga kaya akan vitamin. Beberapa vitamin dalam melon seperti vitamin A, C, E, K, asam folat dan niasin.

Manfaat-Buah-Melon
Manfaat Buah Melon

Melon juga merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Selain itu, melon juga sangat kaya akan mineral seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan dan zinc. Ternyata melon juga memiliki elektrolit seperti kalium.

Ada begitu banyak nutrisi sehingga tidak ada keraguan tentang manfaat melon ini. Agar tidak digunakan sebagai makanan ringan hanya sesaat, Anda sekarang dapat mengonsumsi melon yang cukup untuk kesehatan Anda. Untuk mengkonsumsi melon secara teratur, Anda harus terlebih dahulu mengetahui manfaat kesehatan melon.

Manfaat Buah Melon

Menurunkan Berat Badan

Melon adalah buah yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis membuat orang yang memakan buah ini akan merasakan kenyang. Jadi jangan heran jika manfaat melon ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Melon adalah buah yang kaya serat. Serat dalam melon itu sendiri dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat. Serat juga akan membuat perut merasa kenyang. Untuk ini, melon juga sangat disarankan untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Meredakan Nyeri Perut Saat PMS

Potasium yang terkandung dalam melon dapat mencegah kram, mual dan nyeri selama PMS. Selain itu, manfaat melon lainnya untuk melancarkan peredaran darah saat menstruasi.

Mencegah Kerontokan Rambut

Melon adalah sumber beta-karoten yang baik yang terkandung dalam vitamin A. Nah, vitamin ini menawarkan manfaat melon bagi kesehatan terutama untuk pertumbuhan rambut.

Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian mengatakan bahwa melon adalah buah yang kaya akan vitamin A. Karena vitamin A yang terkandung dalam melon para peneliti percaya bahwa manfaat melon mencegah katarak dan degenerasi makula melindungi mata dari radiasi dan menjaga kesehatan dari mata lainnya.

Mencegah Penuaan Kulit

Buah melon mengandung kolagen yang baik untuk struktur dan pemeliharaan kekencangan kulit. Kolagen ini dapat membantu menghaluskan dan melembabkan kulit.

Mencegah Kanker

Penelitian mengatakan manfaat melon mencakup berbagai nutrisi dan senyawa organik yang sangat baik untuk mencegah kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker mulut. Nutrisi dan senyawa dalam melon dikatakan mampu menangkal radikal bebas yang sangat baik dalam menghasilkan kanker.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Satu studi menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam melon sangat efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Nutrisi ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan risiko tekanan darah tinggi.

Mencegah Diabetes

Nutrisi dalam bentuk pektin dalam melon diyakini mengatur sekresi glukosa dalam aliran darah untuk menjaga tubuh bebas dari risiko diabetes. Selain pektin, nutrisi lain dalam melon juga dapat menetralkan kadar glukosa darah. Karena itu, manfaat melon ini dapat membantu penderita diabetes untuk mengkonsumsi melon.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar tubuh selalu bugar, sehat dan daya tahan tubuh lebih baik Anda sebaiknya mengkonsumsi melon. Sebuah penelitian mengatakan bahwa vitamin A dan C dan nutrisi dalam melon memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sangat baik. Vitamin A dan C juga antioksidan yang melindungi tubuh dari semua jenis penyakit dan infeksi.

Meredakan Panas Dalam

Kadar air dalam melon sangat tinggi. Air yang terkandung dalam melon adalah sekitar. 95% dan memiliki efek menenangkan. Kandungan yang tinggi ini berarti bahwa konsumsi melon secara teratur mengurangi rasa panas dalam perut. Jauh lebih baik mengonsumsi melon untuk meredakan panas dalam daripada mengonsumsi air putih atau obat pereda panas yang tersedia di pasaran.

Mengobati Hipertensi

Kalium tinggi dalam melon membuatnya ideal untuk dikonsumsi orang dengan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dapat membatasi peningkatan tekanan darah dan membantu tubuh mencapai keseimbangan.

Baik untuk Wanita Hamil

Jika keluarga Anda hamil, sebaiknya disarankan mengkonsumsi melon. Melon kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan yang memiliki dampak langsung pada sistem kekebalan tubuh ibu dan anak yang belum lahir. Kehadiran asam folat dalam buah meolon sangat bermanfaat karena membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Melon mengandung banyak kalsium, konsumsi melon dapat memperkuat gigi dan tulang. Dengan memasukkan melon ke dalam makanan harian Anda Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki tulang dan gigi yang lebih kuat.

Menghidrasi Dehidrasi

Sebagaimana diketahui melon memiliki banyak kandungan air. Terbuat dari 90% air, konsumsi buah dapat memasok tubuh Anda dengan mineral penting, seperti zat besi, zinc, magnesium, dan kalium.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah melon semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya