Cara Budidaya Terong Ungu Agar Hasil Panen Berlimpah

Posted on

Cara Budidaya Terong Ungu Secara Manual – Terong merupakan tanaman musiman, tanaman terong sebenarnya merupakan tanaman perdu atau semak, terong bisa tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi, agar terong dapat tumbuh dengan baik maka tanah yang digunakan adalah tanah yang subur, tidak tergenang air (karena dapat membuat akar dari terong membusuk), kandunga ph yang baik antara 5-7.

Terong pertama kali ditemukan di india dan srilangka, tanaman terong merupakan jenis sayuran, diindonesia sendiri permintaan terhadap sayuran ini cukup tinggi sehingga menjadi pilihan banyak petani yang mengelolanya secara komersil.

Terong-Ungu
Gambar Terong Ungu

Berikut Cara Budidaya Terong Ungu Secara Manual

1. Syarat Tumbuh

Menanam sayuran terong sebenarnya cukup mudah, tetapi jika anda menginginkan hasil maksimal harus memperhatikan hal hal berikut ini

  1. Dapat ditanam pada dataran rendah maupun tinggi
  2. Sebaiknya ditanam pada suhu minimal 22 – 30 derajat celcius
  3. Tanaman terong lebih menyukai tanah lempung berpasir dan subur
  4. Tempatkan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung
  5. Tanamlah pada awal musim kemarau

2. Penyemaian

Bibit terong bisa anda dapatkan pada biji terong yang sudah besar dan bagus tetapi jika anda tidak mau repot anda cukup membelinya di toko bibit tanaman. jika anda ingin menanam dengan bibit sendiri maka ambil lah beberapa bibit terong yaitu bijinya kemudian masukkan kedalam kain basah kemudian simpan selama 1 hari penuh, jika bibit terong baik maka bibit sudah berbentuk seperti kecambah. berikut hal hal dalam penyemaian

  1. Campurlah tanah dengan pupuk kandang dengan perbandinga 2:1
  2. Beri jarak antara bibit yang satu dengan yang lain agar akar bibit tidak saling berbelit
  3. Siramlah air pada pagi dan sore hari dengan secukup nya
  4. Bibit terong siap dipindahkan jika sudah berumur 1- 1 setengah bulan

3. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu siram tanah tempat calon bibit yang akan ditempatkan kemudian siapkan calon bibit yang akan ditanam dan terakhir tempatkan bibit pada lahan yang sudah disiapkan kemudian lubangi tanah sedalam 5 -10 cm. kemudian tutup rapat kembali tanah tersebut.Penanaman yang baik biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. berikut penjelasannya.

  • Ambil bibit yang baik yaitu sekitar 4 helai daun
  • Cabut bibit dengan hati-hati kemudian pindahkan pada media yang sudah disiapkan
  • Setelah bibit dimasukkan pada lubang lahan, padatkan kembali tanah sekitarnya

4. Perawatan

Agar tanaman terong ini dapat tumbuh secara maksimal maka lakukan langkah-langkah berikut ini

Penyiraman

Siramlah tanaman dengan rutin pada pagi dan sore hari. Penyiraman lebih intensif dilakukan ketika musim kemarau tetapi secukupnya saja dan tidak membuat lahan tanam menjadi tergenang.

Pemupukan

Dalam masa pertumbuhannya sebaiknya diberikan nutrisi tambahan berupa pupuk. Pemberian pupuk bisa menyuburkan tanaman dan sekaligus menyuplai unsur hara.

Penyiangan

Penyiangan adalah pembersihan tanaman dari gulma atau tanaman liar yang berada disekitar tanaman terong. Gulma yang tidak dibersihkan bisa menjadi pesaing untuk mendapatkan nutrisi didalam tanah.

Penyulaman

Penyulaman dilakukan pada tanaman baru berumur 2 minggu dengan mengganti tanaman yang layu atau mati dengan tanaman baru. Penyulaman bertujuan agar pertumbuhan tanaman merata.

Pemasangan Ajir

Karena terong ungu mempunyai batang yang tidak kokoh maka sanggalah pohon tersebut menggunakan ajir yang terbuat dari kayu atau pohon.

5. Panen

Tahap terakhir dan yang paling ditunggu adalah masa panen, pada masa ini adalah masa dimana terong siap dipetik dan di panen untuk dijual atau di konsumsi secara pribadi.

Terong biasanya yang siap dipanen adalah berumur sekitar 3 bulan, pilih lah terong yang normal artinya tidak muda dan tidak tua, kemudian petiklah sayuran terong beserta tangkainya, berikut penjelasannya.

  1. Terong yang siap dipanen biasanya berumur 3 sampai 4 bulan
  2. Pemanenan yang baik dilakukan pagi dan sore hari
  3. Pemitikan seharusnya bersama tangkai nya

Demikian lah penjelasan tentang Budidaya terong ungu manual, untuk anda yang ingin melakukan budidaya tanaman terong bisa mengikuti tahapan dan tatacara diatas agar terong dapat tumbuh secara maksimal, kritik dan saran kami harapkan untuk dapat membangun yang lebih baik.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Cara Menanam Terong Di Polybag