9 Cara Menanam Pandan agar Subur dan Manfaatnya

Posted on

Cara Menanam Pandan – Tanaman daun pandan sangat mudah tumbuh, meskipun mereka juga membutuhkan ketelatenan sendiri untuk menanam. Diperlukan perawatan serius pada awal pemeliharaan sehingga bibit pandan dapat beradaptasi. Tanaman pandan adalah tanaman yang menyukai air.

Jadi Anda harus menanam pandan di tempat dengan kelembaban dan melakukan penyiraman yang banyak secara teratur. Pandan tidak hanya tanaman hias, tetapi juga dikenal sebagai tanaman rempah-rempah.

Daun pandan memiliki aroma yang kuat dan khas yang banyak digunakan masyarakat sebagai rasa makanan alami. Pandan dapat digunakan untuk minuman dan makanan baik dingin maupun panas.

Cara Menanam Pandan yang baik dan Benar

Cara-Menanam-Pandan
Cara Menanam Pandan

Menyiapkan Bibit Pandan

Bibit tanaman tanaman pandan dapat diperoleh dari tunas pandan individu lain yang berakar menggantung. Jika tidak berakar, Pandan tidak bisa tumbuh dengan baik.

Persiapan Media Tanam

Tahap pengolahan lahan tanam pandan sangat berbeda dengan tanaman lainnya. Langkah utama yang perlu diambil adalah menyiapkan media tanam. Berikut cara mengolahnya:

  1. Anda perlu mengolah lahan dengan mencangkul atau membajak dan memberikan campuran pupuk kandang dan pupuk kompos sehingga tanah menjadi gembur.
  2. Kemudian buatlah lubang tanam seperti dengan kedalaman 23-28 cm dan jarak antar tanaman sekitar 1 m di setiap lubang tanam.
  3. Kemudian berikan sekitar 2 kg pupuk kandang dilahan.
  4. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 minggu.
  5. Setelah itu lahan tanam sudah bisa ditanami

Penamanan Pandan

Setelah bibit dan lahan tanam selesai, segera lakukan penanaman. Bibit pandan harus ditanam dengan arah tegak. Kemudian tumpukan benih Pandan dengan tanah yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda juga perlu menimbun kembali dengan tanah agar tanaman tidak roboh setelah ditanam.

Pandan dapat ditanam kapan saja. Namun, hal utama adalah bahwa jangan sampai tanaman menjadi layu dan mengering selama fase pertumbuhannya. Untuk menanam pandan bali, Anda dapat dengan mudah membuat pembibitan. Anda hanya perlu menambah jumlah tunas yang muncul dengan pisau tajam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Tetapi dikala musim hujan penyiraman sebaiknya dikurangi. Meskipun pandan menyukai air tetapi terlalu banyak air dapat mengakibatkan daun pandan menjadi busuk.

Pemupukan Susulan

Untuk menambah nutrisi dalam tanah, sebaiknya berikan pupuk organik dan pupuk anorganik. pupuk organik dapat berupa pupuk kompos dan pupuk kandang. Sedangkan pupuk kimia dapat berupa pupuk Urea 50gr, ZA 50gr dan pupuk KCl 20gr.

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap tanaman gulma dan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan daun pandan. Karena gulma dan tanaman liar dapat merebut nutrisi yang ada didalam tanah.

Penanganan Hama dan Penyakit

Tanaman pandan mudah terserang hama dan penyakit dari penggerek daun. Gejala serangannya berupa lubang-lubang yang terdapat didaun pandan. Penangannya adalah dengan menyemrotkan insektisida yang sesuai dengan dosis dan cara pakai yang terdapat dalam kemasan.

Proses Panen

Panen daun pandan biasanya dilakukan ditahun ketiga setelah penanaman pertama. Lakukan pemanenan disore hari. Tanaman daun pandan dapat dipanen hingga 10 hingga 20 tahun. Setelah itu bisa dilakukan peremajaan tanaman untuk hasil yang maksimal.

Biasanya sambil menunggu panen daun pandan maka petani menanam tanaman lainnya sehingga tidak bosan dalam menunggu panen.

Manfaat Daun Pandan

Sebagai Bumbu

Daun pandan mempunyai rasa manis, aromanya tercipta manis saat dimasak. Rebus daun pandan dengan ikatan dan masukkan ke dalam masakan untuk dimasak atau diiris untuk minuman, makanan, puding.

Daun pandan juga sering dimanfaatkan bersama serai, santan, gula dan ketan. Sari daun pandan tersedia di toko-toko yang ada dipasar. Ekstrak daun pandan sering mengandung warna makanan hijau tambahan.

Pembungkus Makanan

Beberapa masakan diindonesia memanfaatkan daun pandan sebagai rasa dengan membungkus bagian dari makanan mereka. Di India, misalnya, masyarakat memaksukkan pandan ke sumur terbuka dengan tujuan air sumur menjadi harum.

Para koki di benua asia membungkus pandan dengan daging sapi, ikan, ayam dan nasi ketan untuk pewangi dan pelindung baunya saat mengukus makanan atau memanggang.

Pengusir Serangga

Pengemudi taksi di singapura dan malaysia menggantung tanaman pandan di mobil mereka guna mencegah hewan. Daun pandan juga mengandung beberapa bahan kimia pembasmi.

Alat Rumah Tangga

Ketika daun pandan telah kering, sangat sulit dan tidak fleksibel. Di masa lalu, rumah jemari menggunakan daun pandan kering untuk atap rumah mereka.

Daun pandan dapat diolah juga menjadi tikar, pakaian dan keranjang. Menurut beberapa sumber wanita yang ada di kepulauan pasifik menenun daun pandan untuk dijadikan rok.

Kosmetik dan Obat-obatan

Dalam daun pandan bersifat diuretik jika dimakan dalam jumlah banyak. Tanaman pandan juga dimanfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Para praktisi herbalist memakai akar daun pandan sebagai obat diabetes. Aromanya yang manis dan kuat membuatnya banyak dijadikan sebagai bahan kosmetik atau parfum pewangi lainnya.

Pengharum Ruangan

Daun pandan juga dapat digunakan sebagai penyegar udara? Caranya mengolahnya begitu mudah cukup mengirisnya kecil-kecil kemudian meletakkannya di kamar Anda.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam pandan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: