11 Cara Menanam Strawberry agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Sulit rasanya menolak buah strawberry yang lezat. Jika Anda menyukai buah ini, mengapa tidak mencari tahu cara menanam stroberi di rumah daripada terus membeli? Buah strawberi Tidak hanya tampilannya yang indah, rasanya juga segar.

Kandungan vitamin C dan E dalam buah strawberry juga sangat tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk belajar menanam stroberi di rumah. Apakah Anda ingin tahu betapa mudahnya menanam buah merah yang satu ini? Lihat di sini sehingga Anda dapat langsung menanam buah sehat ini di rumah.

Cara-Menanam-Strawberry
Cara Menanam Strawberry

Cara Menanam Strawberry

Syarat Tumbuh

  1. Buah Strawberry membutuhkan sekitar 10 jam sinar matahari dalam sehari.
  2. Curah hujan yang dibutuhkan adalah 600-800 mm / tahun.
  3. Suhu udara tidak lebih dari 20 derajat Celcius.
  4. Kelembaban yang dibutuhkan adalah 80% – 90%.
  5. Lokasi penanaman berada di ketinggian 900 – 2000 meter di atas permukaan laut.

Pemilihan Bibit

Ini adalah langkah pertama dan paling penting dari tahap selanjutnya. Bibit berkualitas tinggi sangat diperlukan untuk mendapatkan panen yang baik. Memilih bibit yang salah pada saat ini tentu akan mempengaruhi hasil stroberi Anda.

Bibit stroberi yang dibutuhkan bibit yang tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, bibit stroberi yang digunakan harus memiliki hasi panen secara melimpah dan menunjukkan pertumbuhan yang baik.

Cara terbaik untuk mendapatkan benih adalah dengan datang ke toko pertanian atau membelinya langsung dari petani stroberi untuk menghindari kesalahan saat memilih benih ini.

Pengolahan Lahan Tanam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai media tanam. Pada tahap ini Anda dapat menggunakan kebun Anda sebagai media untuk menanam stroberi. Yang paling penting adalah mempersiapkannya dengan baik.

Pengolahan Lahan pekarangan sebagai Lahan Tanam

Lahan di cangkul sedalam 30 cm dan diamkan selama 1 minggu agar racunnya hilang yanga ada di dalam tanah. Tambahkan pupuk untuk meningkatkan kesuburan dan unsur hara di tanah dan untuk melengkapi nutrisi tanaman stroberi

Buat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi kira-kira 30 cm. Untuk jarak antar bedengan diatur sekitar 50-60cm. Tutupi bedengan dengan plastik mulsa.

Waktu yang baik untuk pemasangan mulsa adalah siang hari untuk menutupi bedengan dengan baik. Buat lubang tanam dengan diameter 8-10 cm dan jarak antara lubang 30 cm.

Proses Penanaman

Waktu di mana stroberi ditanam dan dirawat memiliki dampak signifikan pada hasil karena memiliki dampak langsung pada kualitas pertumbuhan stroberi.

Waktu terbaik untuk menanam stroberi adalah di pagi hari agar bibit tidak terlalu banyak terkena sinar matahari saat tanam dan tanaman layu.

Pindahkan bibit dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan akar, dan kemudian letakkan di lubang tanam yang telah Anda siapkan di bedengan dan polybag.

Kemudian segera tutup dengan tanah lagi atau gosok dengan abu. siram bibit yang baru saja ditanam secukupnya sehingga bibit cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan Penyiraman stroberi secara rutin dengan cerek sejak awal penanaman hingga awal periode generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, buat jadwal jika perlu. Pastikan Anda menjaga kelembaban media tanam dan jangan biarkan tanah kering.

Penyulaman

Jika ada tanaman stroberi yang mengalami gangguan pertumbuhan, yang tidak tumbuh sempurna, rusak dan bahkan mati, lakukan langkah Penyulaman. Tanaman mati diganti dengan bibit baru dalam polybag yang sama. Penyulaman sangat penting agar kegagalan panen berikutnya tidak terjadi lagi.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Selain penyiraman, Anda juga perlu memperhatikan keberadaan hama. Jika Anda melihat hama pada tanaman, lakukan pembersihan segera. Atau Anda juga bisa menyemprotkan pestisida yang direkomendasikan untuk tanaman stroberi. Upaya mencegah merpati atau burung lain mengganggu stroberi.

Pemupukan

Tanaman stroberi yang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberi pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditentukan. Saat pemupukan, usahakan untuk pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun dan buah-buahan.

Perempalan

Perempalan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara untuk mendapatkan lebih banyak bagian vegetatif dari tanaman adalah dengan memotong 1-2 tunas di sebelah tanaman (yang umumnya merunduk) pada setiap pohon. Selain itu, pucuk ini dapat ditanam kembali sebagai benih vegetatif atau dibuang.

Proses Pemanenan

Tanaman stroberi dapat dipanen pada usia 2 hingga 4 bulan. Setelah panen pertama ini, Anda dapat melakukan panen berikutnya setiap 3 hari atau dua kali seminggu. Saat panen, Anda juga harus memperhatikan kondisi buahnya agar tidak panen terlalu dini atau terlalu tua.

Berhati-hatilah saat memanen stroberi. Jangan biarkan fisiknya selama panen. Panen yang benar terjadi dengan memotong tangkai dengan gunting dan kemudian mencuci buah stroberi segar ini untuk dikonsumsi segera.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam strawberry semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya