12 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nama buah blueberry sudah dikenal di telinga, kan? Blueberry yang masih keluarga dengan stroberi tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Ya, mengonsumsi blueberry secara teratur diyakini memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Jadi apa manfaat blueberry bagi tubuh?

Blueberry adalah buah yang masuk kedalam buah beri-berian. Selain blueberry ada jenis beri lainnya yaitu stroberi, cranberry dan raspberry. Seperti “saudara kandung”, blueberry dengan nama ilmiah Cyanococcus sering digunakan sebagai pelengkap untuk sejumlah hidangan seperti kue tar, sereal gandum, oatmeal atau yoghurt.

Manfaat-Buah-Blueberry
Manfaat Buah Blueberry

Di balik rasa manis yang rasanya menggugah selera ada banyak keuntungan yang disimpan dalam blueberry. Kelebihan blueberry adalah buah ini mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Buah Blueberry

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat blueberry yang paling terkenal adalah mereka bisa meningkatkan kesehatan otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf. Bahkan, blueberry juga dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Konsumsi blueberry secara teratur juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Parkinson yang merupakan kelainan pada sistem saraf akibat kematian sel di otak. Ini juga dapat mengurangi risiko kerusakan kognitif.

Mencegah Kanker

Seperti yang telah disebutkan, blueberry juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Kandungan nutrisi dalam blueberry terutama vitamin A dan vitamin C adalah antioksidan kuat. Zat ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Zat ini juga membantu memperlambat perkembangan berbagai jenis kanker misalnya kanker paru-paru, mulut, pankreas, faring, endometrium, kolon, prostat, esofageal, menghambat pertumbuhan tumor, Mereka juga menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dimungkinkan karena blueberry mengandung asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi untuk mencegah pembentukan senyawa homocysteine. Homocysteine ​​yang terakumulasi mempengaruhi kerusakan pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan jantung.

Selain itu kandungan anthocyanin sebagai salah satu zat yang ditemukan dalam blueberry dapat mengurangi risiko serangan jantung pada wanita hingga 32 persen jika dikonsumsi secara teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat blueberry selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Blueberry mengandung berbagai mineral penunjang kesehatan seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium dan zinc.

Karena itu, mengkonsumsi blueberry dapat membantu melindungi kesehatan tulang, sehingga risiko patah tulang sangat jauh. Tidak hanya itu, kadar vitamin K yang dikandungnya juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kesehatan lain dari blueberry adalah mereka bisa menurunkan berat badan. Kandungan serat dari buah ini efektif untuk mengontrol berat badan, mengurangi nafsu makan dan menjaga perut kenyang lebih lama yang mengoptimalkan penurunan berat badan.

Mengobati Diabetes

Kandungan serat dalam blueberry dapat menawarkan manfaat dalam pengobatan diabetes. Seseorang dengan diabetes tipe 1 yang makan makanan tinggi serat cenderung memiliki kadar glukosa rendah.

Blueberry memiliki kandungan gula minimal, tetapi kandungan seratnya tinggi. Karena itu blueberry sangat baik untuk Anda yang menderita diabetes tipe 1. Mengambil tiga porsi blueberry seminggu dalam kombinasi dengan buah-buahan lain dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi blueberry memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam blueberry. Mengambil vitamin ini memberi Anda sejumlah manfaat terutama sebagai benteng tubuh melawan pilek, infeksi saluran kemih dan bahkan kanker.

Memenuhi Asupan Vitamin C Harian

Faktanya, secangkir blueberry segar sudah cukup untuk memenuhi 24 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K dan vitamin B6. Manfaat lain adalah dukungan kesehatan gusi.

Menjadikan Kulit Lebih Halus dan Sehat

Manfaat blueberry bisa Anda dapatkan untuk kecantikan juga. Blueberry memiliki khasiat yang menyehatkan kulit karena kandungan vitamin C-nya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit lebih halus dan sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Buah ini masih dikaitkan dengan kandungan vitamin C blueberry dan memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan kolagen, yang membantu mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi.

Mencegah Obesitas

Blueberry rendah kalori sehingga Anda bisa makan buah ini tanpa takut menjadi gemuk. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk anda yang melakukan program diet. kandungan pada buah dalam keluarga beri ini seperti polifenol juga dapat mempercepat penurunan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Blueberry mengandung anthocyanin yang dapat membantu mengembang dan membuat pembuluh darah lebih elastis. Pembuluh darah yang melebar akan menurunkan tekanan darah, sehingga akan mengurangi stres pada jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah blueberry semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya