13 Manfaat Buah Parijoto untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Parijoto, pernahkah kamu mendengar atau melihat buah ini? Jika tidak, maka Anda harus tahu sesuatu tentang buah Parijoto. Alasannya adalah buah Parijoto memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti buah-buahan lainnya pada umumnya. Apa itu buah parijoto? Apa saja manfaat buah parijoto yang bisa kita dapatkan?

Parijoto adalah jenis buah yang berasal dari wilayah Kudus di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Gunung Muria. Parijoto memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa. Buah-buahan dengan tinggi rata-rata 45-60 cm memiliki bentuk yang menyerupai anggur dan warna merah muda saat mentah, kemudian berubah menjadi ungu kehitaman saat matang.

Manfaat-Buah-Parijoto
Manfaat Buah Parijoto

Buah Parijoto dikatakan sebagai warisan Sunan Muria (salah satu dari Wali Songo) dan telah menjadi bagian dari komunitas Kudus. Buah Parijoto tidak hanya dibudidayakan, mereka juga tumbuh liar di daerah yang tinggi (800 – 2.300 meter di atas permukaan laut) dan di daerah hutan hujan tropis seperti Gunung Muria. Populasi Parijoto dari kepulauan sekarang telah menyebar ke Filipina.

Manfaat Buah Parijoto

Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah Parijoto dianggap efektif dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menjaga kesehatan ibu hamil. Seperti halnya meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil karena, karena biasanya, kinerja ibu hamil menurun ketika mereka hamil. Makan buah parijoto, ibu hamil tidak akan mudah terkena penyakit.

Memberi Wanita Hamil Nutrisi yang Cukup

Seorang wanita yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuhnya dan janin dalam kandungan. Nutrisi dalam Buah Parijoto tidak membuat tubuh cepat lelah. Vitamin A, D, E dan K adalah nutrisi untuk wanita hamil.

Menambah Kesuburan

Banyak orang mengatakan bahwa manfaat buah Parijoto ini adalah untuk meningkatkan kesuburan sehingga cocok untuk pasangan tanpa anak untuk dikonsumsi. Jika Anda ingin cepat hamil, cobalah mengonsumsi buah Parijoto. karena kandungan tersebut dapat meningkatkan kesuburan pria atau wanita yang ingin segera hamil.

Sumber Antioksidan

Buah parijoto adalah jenis buah dengan kandungan antioksidan yang relatif tinggi yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mampu mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya yang tidak diinginkan.

Mampu Meningkatkan Kehamilan

Karena manfaat buah berwarna ungu ini dapat meningkatkan kesuburan, buah ini juga dapat mempercepat proses kehamilan wanita. Terutama bagi mereka yang telah menunggu lama untuk kehadiran bayi.

Baik untuk Penderita Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat membahayakan tubuh. Jika Anda memiliki kolesterol Anda harus mencoba mengkonsumsi buah parijoto ini. karena kandungan di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah Parijoto ini secara rutin dan teratur sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung yang sangat berbahaya bagi tubuh. karna buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung

Mengobati Diare

Diare atau susah buang air besar mempengaruhi aktivitas Anda secara signifikan. Dalam beberapa kasus diare mungkin juga ada kekurangan cairan dalam tubuh. Buah parijoto juga dipercaya mampu mengatasi diare karena kandungannya digunakan untuk mengurangi diare.

Mencegah Sariawan

Sariawan juga bisa menjadi gangguan yang membuat Anda merasa tidak sehat, misalnya saat makan atau minum. Buah Parijoto juga mengandung vitamin C sehingga bisa mencegah atau mengobati sariawan.

Mencegah Oksidasi Kolesterol Jahat

Diketahui pula bahwa manfaat buah parijoto dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat. Jadi jika Anda ingin menghilangkan kolesterol jahat dan menjaga kolesterol baik dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah unik ini.

Mencegah Kanker

Kanker muncul dari kerusakan sel-sel tubuh yang dipicu oleh radikal bebas. Karena manfaat buah Parijoto adalah untuk menangkal radikal bebas, buah ini secara tidak langsung berkontribusi pada efektivitas buah Parijoto untuk mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh.

Mencegah Tumor

Selain kanker, manfaat lain dari buah parijoto yang dibuat dari kandungan antioksidan alami adalah mereka mencegah dan menghambat perkembangan sel tumor ganas yang dapat mengancam jiwa.

Sumber Energi

Seorang wanita hamil membutuhkan lebih banyak energi sehingga dia dan bayinya selalu dalam kondisi prima. Dari banyak sumber energi alami yang tersedia bagi tubuh buah Parijoto adalah salah satu sumber energi terbaik yang dapat diperoleh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah parijoto semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya