10 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pir adalah buah pomaceous, sejenis buah yang masih merupakan keluarga buah pome misalnya Apel. Buah pir hijau memiliki rasa yang lezat dan manis dan daging mengandung banyak air. Pohon pir memiliki banyak spesies, tetapi tidak banyak pohon pir yang buahnya dapat dikonsumsi oleh manusia. Beberapa buah pir hanya digunakan sebagai pohon hias dan semak belukar.

Pir berasal dari Cina dan tumbuh di Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Ada bukti bahwa buah pir telah dikonsumsi sejak zaman prasejarah. Dalam literatur Celtic, sejarah Romawi dan pengetahuan Cina buah pir telah menjadi bagian dari banyak diet selama ribuan tahun. Pohon pir tumbuh dengan baik di daerah beriklim sedang dan sejuk.

Manfaat-Buah-Pir-Hijau
Manfaat Buah Pir Hijau

Manfaat Buah Pir Hijau

Asupan Kalori

Kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Mengkossumsi buah pir hijau dapat meningkatkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kekurangan kalori dapat membuat tubuh lemah dan mudah sakit.

Menyehatkan usus

Buah pir hijau dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus. Selain itu, buah pir hijau juga menyuburkan bakteri baik di usus, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain buah-buahan, kulit buah pir juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan.

Senyawa nabati

Senyawa nabati dalam buah pir hijau adalah senyawa antosianin. Senayawa ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga memperkuat pembuluh darah pada manusia.

Mencegah Obesitas

Menurut Medical Dialy, buah pir hijau dapat membantu mengurangi risiko seseorang menjadi kelebihan berat badan. Dalam jurnal yang diterbitkan di Nutrition and Food Science, konsumsi buah pir lebih ringan dan 35% lebih kecil kemungkinannya mengalami obesitas

Menurunkan Berat Badan

Majalah Annals of Internal Medicine menyatakan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi setidaknya 30 gram buah pir hijau sehari dapat menurutkan lima pounds (2,5 kg) berat badan pertahunnya, tanpa melakukan perubahan pola makan.

Mengenyangkan

Buah pir hijau tinggi serat, gula dan air. Jadi Anda bisa kenyang lebih lama dengan memakan buah pir hijau. Buah pir hijau juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga mengurangi risiko sakit perut.

Mencegah Peradangan

Manfaat buah pir hijau telah terbukti mencegah peradangan di tubuh. Peradangan ini tidak hanya peradangan pada tenggorokan, tetapi juga peradangan yang terjadi pada berbagai organ vital tubuh. Selain peradangan normal, manfaat buah pir hijau juga dapat mencegah peradangan kronis yang berbahaya bagi kesehatan.

Antikanker

Antioksidan dan asam sinamat yang terkandung dalam buah pir hijau dapat mencegah kanker dalam tubuh. kandungan flavonoid juga dapat mencegah kanker payudara dan kanker ovarium pada wanita. Ingat buah pir bukan obat anti kanker, tetapi mereka dapat mencegah kanker.

Menurunkan risiko diabetes

Manfaat buah pir hijau dengan varietas merah dapat mengurangi risiko diabetes. Menurut laporan dari Health Line lama, mengkonsumsi 5 pir atau lebih dalam beberapa minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 23%.

Melawan Penyakit alzheimer

Menurut sebuah penelitian, kulit dari buah pir hijau mengandung senyawa alami antioksidan yaitu quercetin yang dapat melawan penyakit alzheimer, untuk itu anda harus mengkonsumsi buah pir hijau bersama kulitnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pir hijau semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: