11 Manfaat Buah Takokak untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda mendengar tentang buah tekokak? Atau masih belum dikenal dengan nama buah ini? Bagi Anda yang suka menyantap lalapan segar, buah takokak sering dijadikan menu di beberapa daerah.

Buah tekokak yang memiliki nama latin Solanum torvum atau bisa juga disebut terong pipit atau rimbang masih masuk dalam suku terong-terongan. Di luar negeri, buah ini biasa disebut turkey berry atau mini-eggplant. Bentuk buah ini sangat kecil dan menyerupai leunca.

Manfaat-Buah-Takokak
Manfaat Buah Takokak

Mungkin masih ada sebagian yang belum mengetahui manfaat atau kelebihan dari buah hijau kecil ini. Meski kecil, ia memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah kaya akan vitamin A.

Manfaat Buah Takokak

Mengatasi Gejala Anemia

Inilah keuntungan utama dari buah takokak. Kandungan zat besi yang tinggi adalah kunci untuk mencegah anemia dengan merangsang produksi sel darah merah.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Buah takokak adalah tanaman dari suku terong-terongan (Solanaceae) yang buah dan bijinya yang digunakan sebagai sayuran atau herbal dan sebagai obat

Buah takokak juga baik untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan pada umumnya seperti diare dan sakit perut. Sayuran ini menetralkan asam lambung yang bertanggung jawab atas masalah pencernaan.

Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Buah takokak membantu mengobati diabetes yaitu kondisi permanen yang memiliki kadar gula darah tinggi. Diabetes juga dibagi menjadi dua kategori; Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Menyembuhkan pilek dan gejala flu

Pilek dan flu adalah salah satu penyakit paling umum. Berita baiknya adalah buah takokak dapat digunakan untuk memulihkan flu! Yang Anda butuhkan hanyalah membuat sup panas dari buah ini.

Memberi Perlindungan pada Paru-paru

Siapa yang menyangka apakah buah takokak akan menghentikan pertumbuhan sel kanker paru-paru karena ia menawarkan kombinasi terbaik sifat antibakteri dan antijamur yang tentu saja sangat penting untuk perlindungan terhadap kanker.

Mengencerkan lendir dan dahak

Lendir dan dahak dapat terjadi karena flu dan batuk. Cara mengobati nya adalah dengan mengeringkan buah ini dan menghancurkannya menjadi bubuk. Kemudian kita bisa mengkonsumsinya dengan minuman yang diseduh seperti teh.

Meminimalkan Risiko Gangguan Ginjal

Menurut penelitian, buah takokak membantu mencegah dan mengobati penyakit ginjal. Dan bahkan membalikkan nekrosis tubulus dan menghentikan obstruksi glomerulus.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Kandungan antioksidan dalam buah ini kuat dan lengkap. Mulai dari flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, torvosida dan lainnya. Kontribusi sebagai perlindungan utama terhadap penyakit kardiovaskular dan juga stroke.

Mengatur Menstruasi

Buah takokak mengatur menstruasi dengan menormalkan siklus menstruasi normal dan juga meminimalkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait menstruasi.

Menyembuhkan Asam Urat

Akhirnya ini adalah manfaat takokak yang paling dikenal yaitu untuk menyembuhkan asam urat dan gejala terkait seperti kemerahan dan rasa sakit dengan membantu menghilangkan asam urat dari tubuh.

Mencegah Keropos Tulang (osteoporosis)

Untuk memperkuat tulang, bahan tradisional dibuat dari bahan alami. Ambil hingga 100 gram buah takokak dan kedelai. Anda dapat menyiapkan kedua bahan sesuai dengan selera Anda misalnya dijadikan sup atau hidangan lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah takokak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya